Menara Berkembar Petronas, Unik dan Bersejarah!

kuala lumpur g3bee3531b 1280 - Menara Berkembar Petronas, Unik dan Bersejarah!

Menara Berkembar Petronas menjadi ikon Malaysia yang berada di Kuala Lumpur. Bangunan ini cukup terkenal sebab menajadi gedung tertinggi di dunia sampai tahun 2004. Pembangunannya sendiri membutuhkan waktu sekitar 7 tahun lamanya. Meski kini telah ada bangunan lain yang lebih tinggi, Menara Berkembar Petronas masih menjadi gedung ikonik sehingga banyak orang di dunia ingin mengunjunginya.

Jika disamakan, Menara Berkembar Petronas di Malaysia sama ikoniknya dengan Menara Eiffel di Paris atau Patung Liberty di Amerika. Bangunan ini seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata oleh para turis. Banyak juga yang berfoto di depan Menara Berkembar Petronas terutama ketika malam hari sebab terlihat megah dengan gemerlap lampu yang menyala. Ada berbagai fakta yang menarik dari gedung ini, apa saja?

1. Bangunan Tertinggi di Dunia Sampai Tahun 2004

Menara Berkembar Petronas tercatat sebagai bangunan tertinggi di dunia hingga tahun 2004. Gedung Taipe 101 selesai dibangun dan tingginya mengalahkan Petronas pada 2004. Meski demikian, sampai sekarang pun gedung ini masih menjadi menara kembar tertinggi di dunia abad 20.

Setelahnya, Burj Kalifa di Dubai selesai dibangun pada 2010 dan menjadi bangunan tertinggi di dunia hingga saat ini. Menara Berkembar Petronas memiliki tinggi mencapai 452 meter hingga puncak antena. Sedangkan Gedung Taipe 101 yang mengunggulinya di tahun 2004 memiliki tinggi mencapai 508 meter hingga puncak antena.

2. Proses Pembangunan Memakan Waktu Sekitar 6 Tahun

crane ga965625fe 1280 700x466 - Menara Berkembar Petronas, Unik dan Bersejarah!

Sumber: pixabay.com

Proses pembangunan gedung ini memakan waktu selama kurang lebih 6 tahun lamanya. Dimulai tepat pada 1 Maret 1993, Menara Berkembar Petronas diresmikan pada 31 Agustus 1999. Fondasi bangunan mencapai 120 meter dalamnya menggunakan banyak beton membuat gedung ini cukup kuat dan stabil.

Sebagian besar struktur bangunan menggunakan beton bertulang, sedangkan eksteriornya banyak menggunakan beton dan kaca. Kedua gedung dibangun oleh kontraktor yang berbeda. Menara 1 dibangun oleh kontraktor dari Jepang, sedangkan menara 2 beserta jembatannya dibangun oleh kontraktor dari Korea Selatan.

3. Fungsi Gedung Bermacam-macam

Menara Berkembar Petronas bisa digunakan sebagai tempat wisata, namun hanya terbatas sampai di lantai 41 saja. Selebihnya, bangunan tersebut digunakan untuk area perkantoran dan tidak diperkenankan diakses publik tanpa izin khusus. Gedung di menara 1 ditempati oleh perusahaan Petronas serta berbagai perusahaan asosiasinya. Sedangkan menara 2 disewakan dan telah ditempati berbagai perusahaan besar dunia seperti Shell, Hess Company, Microsoft, Bloomberg, dan lain sebagainya. Menara Berkembar Petronas juga dilengkapi dengan galeri seni, restoran mewah, balai konser, dan mall besar di area lantai dasarnya.

4. Rekreasi di Jembatan Udara (Skybridge)

munich g6a35e208f 1280 700x466 - Menara Berkembar Petronas, Unik dan Bersejarah!

Sumber: pixabay.com

Wisatawan bisa berkunjung ke jembatan udara (skybridge) yang menjadi penghubung antara menara 1 di lantai 41 dan menara 2 di lantai 42. Hanya saja, kamu perlu membeli tiket jika ingin mengunjungi jembatan ini dalam rangka rekreasi. Tiket dijual dari pukul 9 pagi hingga 5 sore, sedangkan waktu kunjungan skybridge maksimal hingga pukul 7 malam.

Jembatan tersebut memiliki panjang 58,4 meter dan beratnya mencapai 750 ton. Selain dijadikan tempat rekreasi dan penghubung kedua menara, jembatan ini juga berfungsi sebagai alat keamanan. Asumsinya ketika jembatan ini dibuat yaitu jika terjadi keadaan gawat darurat seperti kebakaran di salah satu menara, maka pengunjung bisa mengevakuasi diri untuk berpindah ke menara satunya dengan melewati jembatan ini.

5. Sistem Lift dan Keamanan

Sistem lift dan keamanan dievaluasi kembali setelah adanya isu bom pada September 2001. Hal tersebut karena evakuasi serempak dilakukan dan gedung dikosongkan secara bersamaan sehingga jembatan tidak dapat berfungsi maksimal. Muatan tangga darurat tidak mencukupi untuk kejadian evakuasi bersama dan mendadak. Untuk itu, lift darurat dibangun sebagai sistem keamanan tambahan. Selain itu, ada sistem keamanan di Menara Berkembar Petronas sudah cukup canggih meliputi alarm keamanan, panel penyedot asap kebakaran, pendeteksi panas dan suhu, serta alat pemadam api.

6. Arsitektur Gedung Modern Sekaligus Llasik

Gedung petronas dirancang oleh arsitektur dari Argentina bernama Cesar Pelli. Rancangan gedung ini terinspirasi gaya islami dan dibuat berbentuk bintang segi 8. Bentuk tersebut melambangkan esensi ajaran agama islam yaitu stabilitas, rasionalitas, kesatuan, dan harmoni. Selain itu, banyaknya kaca yang dipasang juga terinspirasi dari motif kesenian islam.

7. Aksi Pemanjatan Gedung secara Ilegal 

petronas g98f02eecd 1280 700x464 - Menara Berkembar Petronas, Unik dan Bersejarah!

Sumber: pixabay.com

Pernah terjadi peristiwa unik di gedung ini yaitu berupa aksi pemanjatan ilegal tanpa alat bantuan. Bahkan, peristiwa tersebut terjadi selama 3 kali dan dilakukan oleh orang yang sama. Alain Robert merupakan seorang pemanjat yang cukup terkenal di dunia dan mendapat julukan sebagai ‘human spider’. Ia telah memanjat hampir semua gedung tinggi di dunia. Pada tahun 1997, untuk pertama kalinya Alain memancat Petronas tanpa alat bantu apapun. Ia hanya menggunakan sepatu memanjat dan membawa kantong tas kecil berisi kapur.

Aksinya tersebut hanya berhasil sampai di lantai 60 saja sampai polisi Malaysia tiba dan menangkapnya. Ia mengulang kembali hal yang sama 10 tahun kemudian dan sengaja berhenti di lantai 60 untuk kemudian menunggu polisi tiba untuk menangkapnya. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk mengenang aksinya pada 1997. Lantas di tahun 2009, tepat saat hari kemerdekaan Malaysia, Alain kembali memanjat Menara Berkembar Petronas hingga puncak.

 

Saat berlibur ke Malaysia, cobalah untuk mendatangi Menara Berkembar Petronas. Kamu pasti takjub dengan tingginya gedung tersebut. Bagi para TKI yang sedang bekerja di Malaysia sangat disayangkan jika tidak menyempatkan diri berkunjung ke Menara Petronas. Bahkan jika sempat ke skybridge sudah tentu menjadi pengalaman menarik untukmu, bukan?

Selama berada di Malaysia, kamu tetap bisa mengirimkan uang ke Indonesia dengan mudah. Gunakan aplikasi Qelola untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia tanpa tambahan biaya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa diandalkan untuk pembayaran tagihanmu seperti listrik, BPJS, PDAM, dan lain sebagainya. Yuk, unduh aplikasi Qelola di Google Play Store secara gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,