Faedah Menabung untuk TKI Ternyata Banyak. Apa Saja?

Faedah Menabung

Faedah menabung akan dirasakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Semakin rutin kamu menabung, maka manfaatnya akan semakin terasa. Meski begitu, menabung sering dianggap sesuatu yang sulit dilakukan. Banyak orang merasa tidak bisa menabung dengan berbagai macam alasan, padahal akar masalahnya adalah pengelolaan keuangan yang buruk.

Kamu tidak perlu menabung dalam jumlah besar sekaligus. Lakukan sedikit demi sedikit secara bertahap. Asalkan konsisten dilakukan, maka hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Menabung juga penting untuk dilakukan para TKI yang sedang bekerja di luar negeri. Biasanya TKI tidak terlalu serius dalam menabung sebab merasa pendapatannya sudah cukup banyak. Padahal faedah menabung bagi TKI sangatlah banyak, lho!

1. Memiliki Uang untuk Kebutuhan Mendadak 

jason leung N2JUQtT5i40 unsplash 700x467 - Faedah Menabung untuk TKI Ternyata Banyak. Apa Saja?

Sumber: unsplash.com

Terkadang ada kejadian tidak terduga yang darurat dalam hidup membutuhkan biaya cepat. Meski sudah berusaha dihindari, nasib sial seringkali muncul tiba-tiba. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu perlu memikirkan dari segi perhitungan finansial. Jangan sampai hal darurat membuat finansialmu berantakan karena terpaksa utang.

Memiliki tabungan bisa menyelamatkanmu. Misalnya, tiba-tiba kamu terlambat ke bandara dan ketinggalan pesawat. Padahal kamu perlu terbang ke Indonesia pada hari itu juga. Kondisi tersebut termasuk dalam keadaan darurat. Dengan adanya tabungan, kamu mampu membeli tiket pesawat lagi tanpa perlu meminjam uang pada orang lain.

2. Ada Rasa Tenang dan Aman secara Psikologis

Faedah menabung juga bisa dirasakan dari segi psikologis. Seseorang yang memiliki tabungan akan merasa lebih tenang dan aman. Jika sewaktu-waktu kamu terpaksa dirumahkan dari pekerjaan, maka kamu tidak akan merasa terlalu khawatir dan terburu-buru mencari pekerjaan baru karena masih memiliki uang tabungan. Kamu pun bisa bertahan hidup dan lebih fokus mencari pekerjaan karena tidak cemas untuk membayar berbagai kebutuhan saat menganggur.

3. Mencapai Tujuan Keuangan 

katt yukawa K0E6E0a0R3A unsplash 700x467 - Faedah Menabung untuk TKI Ternyata Banyak. Apa Saja?

Sumber: unsplash.com

Tujuan akhir keuangan semua orang yaitu bisa bebas secara finansial (financial freedom). Seseorang yang sudah mencapai tujuan tersebut tidak akan lagi terbebani dengan target finansial sebab sudah memiliki cukup dana hingga pensiun. Beberapa orang juga menginginkan untuk pensiun dini. Waktu yang ada pun bisa digunakan untuk melakukan hobi dan kesenangan saja tetapi tidak khawatir kekurangan uang. Menabung menjadi salah satu upaya untuk menggapai tujuan finansial tersebut.

4. Menjadi Modal Usaha Saat Sudah Kembali ke Indonesia

Faedah menabung selanjutnya yaitu para TKI bisa memiliki modal usaha yang cukup ketika kembali ke Indonesia. Jika memiliki uang tabungan yang cukup, kamu bisa membuka usaha dengan lebih tenang. Apabila merasa tidak pandai dalam bisnis, kamu juga bisa menggunakan uang tabungan tersebut untuk berinvestasi. Jenis-jenis investasi yang bisa dipilih yaitu emas, reksadana, properti, saham, dan lain sebagainya. Namun, pastikan kamu sudah paham tentang risiko berbagai investasi tersebut sebelum memulainya, ya.

5. Untuk Persiapan Biaya Kebutuhan Khusus

sandy millar G Aj03ckq0w unsplash 700x467 - Faedah Menabung untuk TKI Ternyata Banyak. Apa Saja?

Sumber: unsplash.com

Impian masing-masing orang tentu berbeda. Untuk mewujudkannya, tak jarang membutuhkan biaya yang besar. Menghasilkan dana dalam jumlah besar dalam satu waktu bisa jadi terasa sangat berat. Kamu bisa menabung perlahan agar biaya yang ditargetkan tercapai. Beberapa jenis dana tabungan biasanya dipersiapkan untuk kebutuhan khusus seperti menikah, pendidikan anak, membeli hunian atau kendaraan, liburan, dan lain sebagainya.

6. Sebagai Dana Pensiun Saat Sudah Tidak Bekerja

Memiliki dana pensiun juga menjadi salah satu faedah dari menabung terutama untuk pekerja lepas seperti TKI. Jaminan hidup di masa tua sangatlah penting sehingga perlu dipersiapkan sedini mungkin. Kamu bisa menyimpan sedikit demi sedikit gaji bulanan yang didapatkan selama bekerja sebagai TKI. Sebaiknya, kamu melakukan kalkulasi jumlah dana pensiun yang diperlukan sehingga bisa dijadikan target menabung.

7. Belajar Mengelola Keuangan dengan Lebih Baik

Faedah menabung bukan hanya dari sisi uang yang terkumpul saja. Kamu telah melakukan hal rutin secara disiplin, artinya menabung membantumu mampu mengelola keuangan dengan lebih baik. Jika sudah bisa menyisihkan sebagian dari pendapatan berarti kamu telah berhasil membuat kalkulasi finansial yang sesuai. Selain itu, menabung juga membuatmu belajar bersabar dalam menerima hasil atas usaha yang dilakukan.

 

Itulah berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan dari menabung. Agar lebih aman, kamu juga bisa menabung di bank. Lakukan riset sederhana agar bisa memilih bank yang paling aman dan menguntungkan. Gunakan sistem tabungan berjangka jika dirasa kesulitan menabung jangka panjang. Kamu juga bisa mulai belajar investasi sederhana sambil menabung agar keuntungan meningkat. Misalnya, investasi deposito yang tidak terlalu berisiko.

Selama bekerja menjadi TKI di Malaysia, kamu bisa tetap mengirimkan uang ke Indonesia dengan mudah menggunakan aplikasi Qelola. Tidak ada tambahan biaya sehingga lebih menguntungkan. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur lain seperti pembayaran BPJS, pembelian pulsa, dan lain sebagainya. Unduh aplikasi Qelola di Google Play Store secara gratis dan nikmati berbagai manfaatnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,