Dampak Stres pada Kesehatan yang Tak Boleh Disepelekan

dampak stres pada kesehatan

Bagaimana dampak stres pada kesehatan tubuh? Pasalnya, kerap kali kita mengeluhkan stres entah karena pekerjaan, hubungan dengan orang, kelelahan dan lainnya. Tekanan hidup memang kerap menghampiri orang-orang terlebih karena ada banyak hal yang dikerjakan. Bagi sebagian orang kondisi stres ini kerap disepelekan dan dianggap biasa saja. Nantinya dipikir akan hilang dengan sendirinya. Padahal stres kerap muncul, datang dan pergi.

Nyatanya kondisi ini bisa membahayakan bagi kesehatannya. Ada beberapa dampak stres terhadap kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Apalagi ketika stres berkepanjang menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan. Tekanan darah dapat meningkat sedangkan kortisol menaikkan gula darah, denyut jantung meningkat, otot menegangkan, pernapasan juga lebih cepat. Stres dapat terjadi perubahan lingkungan di sekitar kita. Tubuh akan bereaksi dan merespon sebagai upaya perlindungan diri. Tubuh akan bereaksi terhadap stres itu dengan memberi respon emosional, mental, dan fisik.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kondisi stres setiap orang berbeda-beda. Tingkatan stres juga beragam karena penyebabnya juga banyak. Hal ini tergantung dari bagaimana setiap orang melihat sesuatu yang menyebabkan stres dan cara menangani stres. Apabila stres berat atau kronis terjadi berkepanjangan lama kelamaan akan merugikanmu. Meskipun stres hanya karena hal-hal kecil tetapi juga harus diatasi.

Bagaimana Dampak Stres pada Kesehatanmu?

  • Sistem imun

Ketika stres datang tubuh merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bekerja. Padahal, kekebalan tubuh berguna untuk mencegah infeksi dan penyembuhan luka. Namun, jika stres terjadi berkepanjangan dapat menurunkan sistem imun tubuh. Itulah kenapa seseorang yang sedang mengalami stres mudah sakit entah flu, mudah kelelahan, demam, dan lainnya. Stres yang berlangsung lama dapat merangsang tubuh untuk melepaskan kortisol (hormon stres) yang bisa menghambat pelepasan histamin dan respons peradangan untuk melawan zat asing. Stres kronis juga membuat kamu lebih lama untuk sembuh dari sakit atau cedera.

kecemasan 700x466 - Dampak Stres pada Kesehatan yang Tak Boleh Disepelekan

Sumber: Pixabay/Engin Akyurt

  • Sistem pernapasan

Dampak stres berikutnya pada pernapasan. Napas menjadi lebih cepat karena harus mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Bagi orang-orang yang memiliki masalah pada pernapasan seperti asma dan emfisema. Jika stres berkepanjangan muncul dapat menyebabkan kekambuhan. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas.

  • Pencernaan

Selain meningkatkan detak jantung dan pernapasan, stres juga bisa mengganggu sistem pencernaanmu. Masalah yang kerap muncul dan jarang disadari adalah mual, meningkatkan asam lambung, sakit perut, heartburn. Dampak lainnya dapat memengaruhi pergerakan makanan dalam usus sehingga memicu sembelit hingga diare.

  • Kardiovaskular

Ketika stres membuat detak jantung akan meningkat, serta pembuluh darah yang menuju ke otot besar dan jantung akan melebar. Hal ini mempengaruhi peningkatan volume darah yang dipompa ke seluruh tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Ketika tekanan darah terus meningkat dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung, hipertensi, hingga stroke.

  • Berat badan

Waspadalah, seseorang yang sedang stres kadang kala melampiaskan emosinya dengan makan berlebihan. Jika tidak terkontrol dapat memicu meningkatnya berat badan. Dengan begitu juga bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan lainnya. Makan tidak dilarang namun usahakan mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tidak makan juga malah akan membuat tubuh jadi lemas, kekurangan gizi, sistem imun tubuh melemah serta mudah sakit.

Cara Mengatasi Stres

Kesehatan mental dan kesehatan fisik adalah hal yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan. Fisik yang sehat juga dipengaruhi oleh mental yang sehat pula. Beban pikiran dapat memengaruhi kesehatan fisik menjadi rentan terkena penyakit. Kerap kali orang yang mengalami depresi juga diasosiasikan memiliki risiko tinggi terkena gangguan jantung koroner. Apalagi ketika seseorang tidak siap menghadapi sesuatu yang tak disukainya maka bisa jadi tambah beban pikiran dan menambah stres.

mengatasi stres 700x466 - Dampak Stres pada Kesehatan yang Tak Boleh Disepelekan

Sumber: Pixabay/ Bhikku Amitha

Gangguan kesehatan mental dapat memperparah kondisi sehingga menghambat pemulihan kesehatan penyakit kritis. Tidak semua orang mampu mengendalikan situasi stres. Berikut beberapa cara untuk mengatasi stres:

  • Berpikir positif

Setiap orang perlu merawat kesehatan mental dengan cara membangun pikiran positif dalam diri. Berpikiran positif penting dibangun dalam situasi apapun. Penting selalu bersyukur dan berterima kasih atas setiap proses yang dilewati baik pengalaman suka maupun duka. Meskipun sedang berada di situasi terpuruk dan banyak masalah, ambilah sisi positifnya dan selalu bersyukur. Sedih itu boleh saja terjadi tetapi yang terpenting adalah bangkit dan harus menyelesaikan masalah itu. Kamu bisa memilih kata-kata positif dan menjadi penyemangat hidupmu.

  • Makanan bergizi

Saat dilanda cemas biasanya akan lebih suka menyantap makanan yang sedang disukai tapi juga malas makan. Namun, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi yang terdiri dari karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, protein. Kesehatan fisik akan jadi lebih baik saat kamu mengonsumsi makanan yang tepat sehingga dapat menjaga sistem imun tubuh.

  • Me time dan hobi

Penting sekali membuat jadwal untuk memanjakan diri sendiri atau me time. Kamu perlu menyempatkan diri untuk memberikan waktu khusus melakukan hobi, sekadar rebahan, mendengarkan lagu, nonton film, olahraga melakukan perawatan tubuh. Penting untuk menghargai diri sendiri dan merawat diri dengan melakukan kegiatan menyenangkan.

Jika sedang banyak pekerjaan yang harus dilakukan atau memang perlu istirahat, kamu dapat melakukan aneka pembayaran secara online. Kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk membayar BPJS Kesehatan, listrik, air, hingga transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah dan murah. Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan nikmati berbagai kemudahan transaksi langsung dari hanpdhone.

Tags: , , , , ,