Begini Cara Membuat CV Menarik untuk Lulusan SMK

Contoh CV Lulusan SMK

Curriculum Vitae atau CV menjadi salah satu syarat penting saat mendaftar kerja. Apapun tingkat pendidikannya, perlu belajar membuat CV yang benar sekaligus menarik. Untuk para lulusan SMK, tidak perlu minder dalam bersaing di dunia kerja. Asal CV yang dibuat menarik tentu akan dipertimbangkan HRD. Pastikan kamu mempelajari contoh CV lulusan SMK yang menarik sebelum membuatnya.

Jika dulu CV dibuat berlembar-lembar dan dikirim dengan amplop, kini bentuk CV lebih ringkas dan bisa dalam bentuk digital. Pendaftaran kerja sudah sering meminta berkas lamaran dikirim lewat e-mail sehingga kamu tidak lagi perlu mengirimkan bentuk fisiknya. Berikut ini merupakan beberapa hal terkait pembuatan CV lulusan SMK yang menarik untuk lamaran kerja.

1. Desain CV perlu disesuaikan dengan pekerjaan yang akan dilamar

resume g2506fdb6f 1280 700x440 - Begini Cara Membuat CV Menarik untuk Lulusan SMK

Sumber: pixabay.com

Contoh CV lulusan SMK yang baik bukan hanya dilihat dari isinya saja. Kamu perlu memperhatikan desainnya juga. Jika dulu CV hanya diketik pada lembar kertas putih kosong dengan tinta hitam, kini telah hadir inovasinya. HRD seringkali memperhatikan desain dari CV itu sendiri. Kamu bisa membuat desain CV secara online dan mudah dengan bantuan beberapa situs di internet yang khusus menyediakan pembuatan desain CV.

2. Cantumkan keahlian secara spesifik dan detail

Sekolah kejuruan berbeda dengan SMA biasa. Sebagai lulusan SMK, kamu telah mempelajari hal yang spesifik secara detail. Misalnya jurusan otomotif atau tata boga. Sayangnya, ketika melamar pekerjaan jurusan di bangku sekolah tersebut masih terasa sangat umum.

Kamu perlu mencantumkan keahlian yang berhubungan dengan jurusanmu tersebut secara lebih mendetail. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan keahlian tambahan lain yang sekiranya berguna dalam pekerjaan yang kamu lamar. Dengan pemetaan keahlian secara detail, HRD akan lebih mudah dalam menilaimu.

3. Tambahkan pengalaman yang relevan 

marten bjork 6dW3xyQvcYE unsplash 700x467 - Begini Cara Membuat CV Menarik untuk Lulusan SMK

Sumber: unsplash.com

Para lulusan SMK yang akan bekerja umumnya belum memiliki pengalaman kerja. Meski begitu, kurikulum sekolah kejuruan secara umum mengharuskan siswanya untuk melakukan magang. Pengalaman tersebut bisa kamu tambahkan ke dalam CV. Selain itu, ada juga contoh CV lulusan SMK yang mencantumkan berbagai pengalaman lain seperti seminar atau pelatihan khusus yang menambah skill. Nilai jual CV akan meningkat dengan adanya berbagai pengalaman tersebut.

4. Tuliskan kontak referensi yang meyakinkan

Selain menuliskan tentang diri sendiri secara subjektif, kamu perlu memberi informasi secara objektif. Maksudnya yaitu konfirmasi dari orang lain tentang apa yang kamu tulis dan cantumkan di CV. HRD bisa mendapatkan konfirmasi tersebut dari orang lain yang terpercaya misalnya kepala sekolahmu atau mentormu ketika magang.

Kamu perlu mencantumkan kontak mereka sebagai referensi yang dapat dihubungi oleh HRD. Pastikan kamu meminta izin mereka terlebih dulu sebelum menjadikan kontak referensi di CV, ya. Nantinya, mereka akan berperan untuk meyakinkan pencari kerja bahwa kamu memang berkualitas dan skillfull.

5. Gunakan bahasa yang baik dan benar

paul hanaoka OTqCo3fdWyw unsplash 700x467 - Begini Cara Membuat CV Menarik untuk Lulusan SMK

Sumber: unsplash.com

Meski kamu mendaftar di industri kreatif, jangan sampai memilih kata-kata gaul dalam CV. Jangan kira hal tersebut keren dan membuat CV yang diajukan mudah lolos. Seringkali yang terjadi malah kebalikannya. Kamu akan dianggap kurang sopan dengan menggunakan kata-kata yang tidak sesuai kaidah bahasa yang baik dan benar.

Penulisan CV perlu diperhatikan dari segi bahasanya. Pelajari cara menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar sebelum membuat CV. Jika pekerjaan yang akan dilamar meminta CV berbahasa inggris, kamu juga perlu mempelajarinya terlebih dulu sehingga bahasa yang digunakan bisa pas dan sesuai.

6. Contoh CV lulusan SMK yang baik dan menarik

Gunakan waktu yang cukup saat membuat CV. Hindari membuatnya secara mendadak dan terburu-buru agar sempat melakukan pengecekan ulang atau sekadar minta pendapat dari orang lain. Berbagai poin penting harus dimasukkan ke dalam CV dan tidak boleh dilewatkan. Contoh CV lulusan SMK yang baik dan menarik terdiri dari:

  • Nama lengkap dan nama panggilan.
  • Biodata singkat.
  • Posisi yang akan dilamar.
  • Data diri seperti tanggal lahir, jenis kelamin, dan lain sebagainya.
  • Pengalaman magang atau pengalaman lain yang menunjang.
  • Prestasi yang pernah diraih.
  • Kemampuan terkait pekerjaan secara spesifik dan detail.
  • Kemampuan berbahasa.
  • Kemampuan penggunaan teknologi.

 

Setelah melihat contoh CV lulusan SMK, tentunya kamu bisa lebih percaya diri ketika membuatnya. Pastikan berbagai hal yang disebutkan di atas kamu perhatikan dengan teliti. Semakin baik dan menarik CV yang kamu kirimkan, maka HRD akan lebih yakin untuk memanggilmu sebagai kandidat karyawan mereka.

Saat mengirimkan CV melalui e-mail, jaringan internet yang digunakan harus stabil. Jangan sampai CV sudah oke tapi ternyata tidak terkirim hanya karena tidak punya kuota. Isi kuota internet sekarang bisa lebih mudah dengan lewat aplikasi Qelola. Ada pula manfaat lain dari aplikasi ini seperti pembayaran BPJS, pembelian pulsa, serta pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia tanpa tambahan biaya. Unduh aplikasi Qelola di Google App Store sekarang juga secara gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,