7 Cara Mudah Belajar Saham di Malaysia untuk Pemula

belajar saham

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang yang banyak, salah satunya dengan berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang cukup menjanjikan adalah investasi saham. Walaupun menjanjikan income yang besar, namun investasi saham juga memiliki risiko yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu tidak boleh tergesa-gesa saat baru mulai terjun di dunia saham. Tapi tidak perlu terlalu khawatir, kamu bisa belajar saham terlebih dulu agar tahu tips dan trik untuk mengelolanya dengan benar. Berikut adalah beberapa cara mudah belajar saham bagi pemula yang bisa dicoba.

  • Mencari Informasi Ilmu Saham Sebanyak Mungkin

Sebelum terjun ke dunia saham, kamu harus tahu dulu tentang ilmu-ilmu dasar investasi saham. Saham sendiri diartikan sebagai bukti penyertaan modal atau kepemilikan nilai pada sebuah perusahaan. Ada banyak istilah-istilah baru yang akan kamu temui saat mulai belajar saham. Oleh sebab itu kamu harus tahu betul arti dari berbagai istilah tersebut supaya tidak salah langkah. Beberapa istilah penting dalam dunia saham diantaranya adalah RUPS, emiten, dividen, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga harus tahu cara menganalisa saham. Hal ini karena nilai saham terus mengalami pergerakan bahkan dalam hitungan detik saja. Bagi pemain pemula, tentunya hal ini menjadi hal yang cukup sulit dimengerti. Namun jika kamu rajin memperdalam ilmu, lambat laun kemampuan analisa saham tersebut bisa dikuasai dengan mudah. Tentunya, pemahaman akan analisa saham ini memerlukan proses yang panjang bukan dari pengamatan instan semata.

  • Minta Bantuan Broker

Belajar saham bagi pemula bisa kamu awali dengan meminta bantuan broker yang sudah berpengalaman dalam dunia saham. Walaupun kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar jasa broker, namun hasil yang didapatkan akan sepadan dan minim risiko dibanding jika melakukannya secara mandiri. Dari situ, kamu juga bisa mendapatkan ilmu dan trik jitu untuk berinvestasi di bursa saham.

  • Memulai dari Investasi Kecil

businessman calculating money 700x467 - 7 Cara Mudah Belajar Saham di Malaysia untuk Pemula

Sumber: freepik

Tips bijak selanjutnya yang bisa kamu terapkan saat mulai bermain saham adalah mengawalinya dengan modal terkecil. Jangan tergiur dengan iming-iming timbal balik yang besar. Selain membutuhkan modal yang banyak, risiko yang mungkin terjadi juga semakin besar. Jika nekat, hal tersebut justru bisa jadi kesalahan besar dan membuatmu menyesal nantinya. Kamu bisa memulai dengan investasi modal sebesar 100 ribu hingga 1 juta untuk memulai investasi saham yang lebih aman.

  • Hindari Investasi dengan Berhutang

Memulai investasi saham dengan jalan hutang adalah keputusan yang tidak bijak. Perlu kamu pahami bahwa tujuan bermain saham adalah demi mendapatkan peningkatan income di masa depan. Jika kamu memilih jalur hutang untuk mengawali investasi saham, alih-alih mendapat keuntungan besar, kamu justru bisa terlilit hutang. Keuntungan-keuntungan yang kamu peroleh pada investasi selanjutnya bisa berakhir untuk menutupi hutang yang harus segera dilunasi. Jika hal ini terjadi, pada akhirnya kamu tidak akan mendapatkan apa-apa di dunia saham.

  • Membeli Saham saat Nilainya Turun

Agar kondisi finansial tetap stabil, kamu bisa membeli saham saat nilainya sedang turun. Cara ini tergolong aman untuk mengawali investasi sebagai pemula. Dengan begitu, kamu juga tidak akan merasa was-was dengan kondisi keuangan pribadi. Nilai saham yang turun tersebut bisa berpotensi naik di kemudian hari. Saat momen itu datang, kamu bisa menjualnya dan mendapatkan keuntungan sesuai harapan.

  • Pilih Saham yang Terbukti

Langkah tepat selanjutnya saat masih belajar saham adalah memilih saham yang sudah terbukti. Selain sudah jelas hasilnya, memilih saham yang sudah terbukti akan mendatangkan prospek yang lebih menjanjikan di masa depan. Hindari membeli saham di perusahaan dengan nilai kapitalisasi kecil atau yang menawarkan harga fluktuatif. Hal ini karena jenis saham tersebut biasanya sering dimanipulasi oleh investor yang memiliki modal besar.

Baca juga: Investasi Jangka Panjang Bikin Kaya, Kenali Jenisnya!

  • Kendalikan Emosi

gangguan mental - 7 Cara Mudah Belajar Saham di Malaysia untuk Pemula

Sumber: freepik

Banyak orang yang terjun ke investasi saham karena tergiur dengan keuntungan besar yang bisa didapat dalam waktu singkat. Namun, hal tersebut kadang malah jadi bumerang karena sikap tergesa-gesa untuk segera bisa menghasilkan nominal yang banyak. Padahal, saat masih belajar saham kamu harus pintar mengontrol emosi agar bisa berpikir jernih di saat untung atau rugi. Pikiran yang tenang akan membuatmu bisa berpikir secara rasional dan realistis dalam mengambil keputusan.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Terbaik Bagi Pekerja Gaji Minim

Demikian beberapa tips mudah tentang belajar saham bagi pemula. Pada intinya, investasi saham juga melibatkan kontrol emosi. Oleh sebab itu, kamu harus bersabar, mampu menganalisa serta membaca peluang agar bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Cara lain untuk memiliki finansial yang terkontrol adalah dengan melakukan pengelolaan keuangan secara bijak. Kamu bisa melakukannya dengan memakai aplikasi Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , ,