Ini 6 Hal Menarik dari Taman Rekreasi Gunung Lang

gunung lang - Ini 6 Hal Menarik dari Taman Rekreasi Gunung Lang

Sudah pernahkah Anda pergi ke taman rekreasi Gunung Lang? Bagi Anda yang gemar berekreasi kami sarankan untuk memasukkan Gunung Lang ke dalam daftar destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Gunung Lang merupakan taman rekreasi yang sangat digemari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Ipoh Malaysia yang telah resmi dijadikan sebagai taman rekreasi untuk warga masyarakat umum pada tahun 1999 oleh pihak Majlis Bandaraya Ipoh (MBI). Destinasi wisata ini terletak sekitar 5 km dari Bandar Ipoh, ibukota negara bagian Perak.

Taman rekreasi Gunung Lang sangat cocok untuk tempat wisata keluarga. Selain pemandangan alamnya yang indah, taman rekreasi ini juga dapat dijadikan tempat bermain untuk anak-anak. Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan hutan lindung yang sangat tertata rapi, rumah-rumah adat khas melayu, berbagai jenis tanaman tua, bunga-bunga, termasuk binatang, seperti rusa, buaya, ular dan lain-lain yang dipelihara dan dilindungi. Anda juga dapat menikmati 3 danau buatan bekas lumbung biji timah yang dihiasi berbagai ikan air tawar. Taman rekreasi Gunung Lang ini paling ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu. Biasanya semakin sore, wisatawan yang datang pun akan semakin ramai. Sedangkan pada siang hari tampat rekreasi ini akan sepi karena udara di sana sangat panas.

Apa Saja yang Ada di Taman Rekreasi Gunung Lang?

Di taman rekreasi Gunung Lang terdapat beberapa obyek wisata yang menarik wisatawan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Danau

danau 700x467 - Ini 6 Hal Menarik dari Taman Rekreasi Gunung Lang

sumber : pexels/ Quang Nguyen

Setibanya di taman rekreasi Gunung Lang, wisatawan akan dapat melihat air terjun buatan yang turun dari atas bukit kapur. Di sini juga terbentang danau yang dikelilingi hutan dan perbukitan. Danau yang luas ini sebenarnya dulunya adalah bekas tambang. Karena lokasi dan suasana alam yang menarik tempat ini telah dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di Ipoh. Air danaunya pun tampak hijau dan juga terdapat beberapa jenis ikan. Para wisatawan memiliki kesempatan untuk memberi makan ikan di sini. Daya tarik dari tempat ini tidak hanya sejauh ini. Para wisatawan harus pergi ke tempat tujuan wisata yang sebenarnya yaitu taman rekreasi Gunung Lang yang terletak di seberang danau. Untuk sampai ke sana, wisatawan harus naik perahu kurang dari 5 menit untuk mencapai lokasi.

  1. Naik perahu

berperahu 700x525 - Ini 6 Hal Menarik dari Taman Rekreasi Gunung Lang

sumber : pexels/ Guduru Ajay

Para wisatawan dapat membeli tiket kapal di loket tiket pembangunan dermaga. Harga tiketnya sebesar RM3 untuk dewasa dan RM1,50 untuk anak-anak. Saat liburan sekolah atau libur nasional, Anda mungkin harus mengantri panjang karena banyak wisatawan yang membawa keluarga ke sini. Dua perahu berfungsi untuk mengangkut penumpang bolak-balik. Perahu dilengkapi dengan jaket keselamatan yang ditempatkan di kursi penumpang. Meski perjalanannya hanya beberapa menit, Anda disarankan untuk mengenakan jaket keselamatan ini.

  1. Kebun Binatang Mini

mini zoo 700x467 - Ini 6 Hal Menarik dari Taman Rekreasi Gunung Lang

sumber : pexels/Mikhail Nilov

Ketika tiba di dermaga taman rekreasi Gunung Lang, para wisatawan diharuskan berfoto terlebih dahulu. Ini adalah bagian dari kebijakan keamanan. Setelah itu, para wisatawan bisa berjalan-jalan di sini. Yang paling menarik setelah meninggalkan dermaga adalah kebun binatang mini di sekitar kawasan ini. Ada beberapa jenis satwa di kebun binatang mini ini. Ada burung merak, bebek, sapi, rusa, burung unta, kuda poni dan masih banyak lagi. Para wisatawan hanya perlu berjalan di sepanjang rute yang disediakan untuk melihat semua satwa yang ada. Meski jenis hewannya tidak banyak namun cukup menyenangkan para orang tua yang membawa anaknya kesini.

Baca Juga : Intip Destinasi Wisata di Malaysia Bagi Penyayang Binatang

  1. Menara Pengintai

Di taman rekreasi Gunung Lang terdapat dua menara observasi. Satu menara terletak di dekat bukit kapur dan yang lainnya terletak di tepi danau. Kedua menara ini menawarkan pemandangan yang menarik, hanya sedikit energi yang dibutuhkan untuk mendaki ke puncak. Mungkin hanya perlu beberapa saat sebelum Anda dapat sepenuhnya menikmati pemandangan dari atas menara. Jangan lupa juga untuk mengabadikan foto-foto menarik sebanyak-banyaknya untuk dijadikan kenangan sebagai bukti kalau sudah pernah ke sana.

  1. Rumah Perak

Para wisatawan pasti akan melihat rumah kayu cantik yang terletak di tengah taman rekreasi, Rumah Perak namanya. Rumah Perak merupakan rumah adat di negara bagian. Para wisatawan dapat memasuki Rumah Perak ini untuk melihat lebih dekat keindahan arsitektur dan desain tradisionalnya. Namun agak mengecewakan karena tidak ada apa-apa di dalam rumah, hanya terdapat kipas angin dan lampu yang disediakan agar para wisatawan tidak kepanasan atau berada dalam kegelapan ketika berada di dalam.

  1. Memberi Makan Ikan

feeding fish 700x467 - Ini 6 Hal Menarik dari Taman Rekreasi Gunung Lang

sumber : pexels/Samuel Jeronimo

Ketika berkunjung ke taman rekreasi Gunung Lang, Anda juga bisa memberi makan ikan di sana. Di loket tiket kapal ada penjualan makanan ikan dan roti. Para wisatawan dapat memberi makan ikan dari tempat yang terletak di tepi danau. Di tempat ini Anda bisa melihat sekelompok ikan lele yang berukuran besar sambil melempar roti di sini.

Bagaimana? Sudah tahu akan melakukan aktivitas apa saja selama mengunjungi Taman Wisata Gunung Lang? Agar liburan kamu tetap menyenangkan dan tidak ribet mengelola keuangan, kamu bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Dengan berbagai fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta multi-billing payment, pengelolaan keuanganmu khususnya dalam pengiriman uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia akan semakin mudah. Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengisian saldo untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya

 

Tags: , , , , , , , , , ,