Awas! Resiko Kanker Melanoma Sering Mengincar Kita

kanker melanoma - Awas! Resiko Kanker Melanoma Sering Mengincar Kita

Kanker melanoma adalah kanker kulit yang berkembang dari melanosit. Selain di kulit, melanoma juga dapat muncul di mata. Bahkan, pada kasus yang jarang terjadi, melanoma bisa tumbuh di dalam hidung atau tenggorokan.

Melanosit adalah sel pigmen kulit yang berfungsi menghasilkan melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan warna kulit manusia. Melanin inilah yang bekerja menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan.

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang terjadi, tetapi sangat berbahaya. Kanker ini dimulai dari kulit manusia dan dapat menyebar ke organ lain di dalam tubuh jika terlambat ditangani.

Risiko melanoma tampaknya meningkat pada orang dengan usia di bawah 40 tahun, terutama wanita. Mengetahui tanda-tanda peringatan kanker kulit dapat membantu memastikan bahwa perubahan kanker terdeteksi dan diobati sebelum kanker menyebar. Melanoma dapat diobati dengan sukses jika terdeteksi sejak dini.

Jenis Kanker Kulit Melanoma

melanoma 700x467 - Awas! Resiko Kanker Melanoma Sering Mengincar Kita

sumber : pexels

Kanker kulit melanoma dibagi ke dalam empat jenis, yaitu:

  1. Superficial spreading melanoma

Superficial spreading melanoma umumnya tumbuh dengan melebar di permukaan kulit, tetapi lama-kelamaan bisa berkembang ke bagian dalam kulit. Melanoma ini lebih sering muncul di punggung bagian atas dan kaki.

  1. Lentigo maligna melanoma

Lentigo maligna melanoma biasanya muncul di bagian yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah dan tangan, dengan pola pertumbuhan seperti superficial spreading melanoma. Melanoma jenis ini sering menyerang orang lanjut usia.

  1. Nodular melanoma

Nodular melanoma merupakan jenis melanoma yang paling agresif dan bisa tumbuh dengan cepat ke bawah kulit jika tidak segera diangkat. Melanoma jenis ini biasanya berupa benjolan berwarna biru-hitam atau kemerahan yang tumbuh di badan, tungkai, atau kulit kepala.

  1. Acral lentiginous melanoma

Acral lentiginous melanoma adalah jenis melanoma yang jarang terjadi dan biasanya tumbuh di telapak tangan, telapak kaki, atau di sekitar kuku. Melanoma ini sering kali muncul pada orang berkulit gelap.

Gejala Kanker Kulit Melanoma

Melanoma ditandai dengan kemunculan tahi lalat baru atau adanya perubahan pada tahi lalat lama. Perubahan ini bisa mencakup bentuk dan warna tahi lalat. Selain itu, tahi lalat yang terserang melanoma bisa terasa gatal dan mengalami perdarahan.

Melanoma yang muncul di lokasi yang tidak biasa, seperti mata atau kuku, dapat memunculkan keluhan lain, berupa:

  • Penglihatan kabur, floaters, atau titik hitam di bagian putih mata
  • Bagian bawah kuku menghitam tanpa sebab

Hati-Hati Dengan Melanoma Tersembunyi

Melanoma juga dapat berkembang di area tubuh Anda yang memiliki sedikit atau tanpa paparan sinar matahari, seperti ruang di antara jari-jari kaki dan di telapak tangan, telapak kaki, kulit kepala, atau alat kelamin. Ini kadang-kadang disebut sebagai melanoma tersembunyi karena terjadi di tempat-tempat yang kebanyakan orang tidak akan berpikir untuk memeriksanya. Ketika melanoma terjadi pada orang dengan kulit lebih gelap, kemungkinan besar terjadi di area tersembunyi.

Melanoma tersembunyi meliputi:

 Di bawah kuku

Melanoma akral-lentiginosa adalah bentuk melanoma langka yang dapat terjadi di bawah kuku tangan atau kuku kaki. Itu juga dapat ditemukan di telapak tangan atau telapak kaki. Ini lebih sering terjadi pada orang keturunan Asia, orang kulit hitam dan orang lain dengan pigmen kulit gelap.

Di mulut, saluran pencernaan, saluran kemih atau vagina

Penyakit melanoma mukosa berkembang di selaput lendir yang melapisi hidung, mulut, kerongkongan, anus, saluran kemih dan vagina. Melanoma mukosa sangat sulit dideteksi karena dapat dengan mudah disalahartikan sebagai kondisi lain yang jauh lebih umum.

Pada mata

Melanoma mata, juga disebut melanoma okular, paling sering terjadi di uvea — lapisan di bawah putih mata (sklera). Melanoma mata dapat menyebabkan perubahan penglihatan dan dapat didiagnosis selama pemeriksaan mata.

Pengobatan dan Pencegahan Kanker Kulit Melanoma

sunscreen 700x467 - Awas! Resiko Kanker Melanoma Sering Mengincar Kita

sumber : pexels

Metode utama untuk mengatasi kanker kulit melanoma adalah operasi. Namun, jika diperlukan, dokter bisa melakukan tindakan lain, seperti kemoterapi atau radioterapi.

Risiko terkena melanoma bisa diturunkan dengan menghindari paparan sinar UV secara langsung, baik yang alami maupun buatan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tabir surya dan mengenakan pakaian lengkap yang dapat melindungi seluruh tubuh saat beraktivitas di luar rumah.

Pengobatan di Malaysia

Saat ini bagi Anda yang telah tinggal di Malaysia, atau kebetulan ingin berobat kanker di Malaysia tidak perlu khawatir lagi. Sudah banyak rumah sakit bagus yang bisa menangani tumor atau kanker di sana. Anda hanya perlu memikirkan masalah keuangan dan bagaimana cara menggunakannya dengan mudah agar tidak mengganggu pengobatan Anda.

Baca Juga : 5 Rumah Sakit Terbaik di Malaysia Untuk Pasien Kanker

Beruntungnya saat ini sudah ada aplikasi keuangan Qelola yang bisa menangani masalah keuangan Anda dari Indonesia ke Malaysia. Dengan Menggunakan Qelola, Anda sudah tidak perlu lagi bersusah susah untuk membayar semua keperluan tagihan di Indonesia. Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga. Semoga artikel tentang perbedaan kanker dan tumor di atas bermanfaat

 

Tags: , , , , , , ,