6 Spot Wisata Menarik di Putrajaya

Putrajaya

Putrajaya menjadi jejak ambisi pemerintahan Mahathir Mohamad selaku Perdana Menteri Malaysia yang menjabat selama 24 tahun. Kepemimpinan Mahathir berakhir pada 2020 silam. Ia meninggalkan banyak bekas kesuksesan dałam memimpin, salah satunya dengan hadirnya Putrajaya. Kota ini difungsikan sebagai ibu kota administratif. Letaknya pun tidak jauh dari Kuala Lumpur (ibu kota utama Malaysia), yaitu sekitar 25 km di selatannya.

Putrajaya sendiri disebut-sebut sebagai kota terbersih dan terhijau di Asia. Pemerintah Malaysia juga berusaha mengurangi kepadatan penduduk di Kuala Lumpur dengan menggiring masyarakatnya bermigrasi ke Putrajaya. Kota ini sangat layak huni bahkan memiliki tata ruang yang sangat baik. Terdapat beragam spot wisata menarik di Putrajaya yang sebaiknya Anda kunjungi. Berikut ini 6 rekomendasi spot wisata tersebut.

1. Taman Botanical

bortani putra 700x459 - 6 Spot Wisata Menarik di Putrajaya

Sumber: kualalumpur.ws

Rekomendasi spot wisata pertama yaitu Taman Botanical Putrajaya. Taman botanical berukuran 92 hektar tersebut menjadi yang terbesar di Malaysia. Di dalamnya terdiri lebih dari 7000 spesies tanaman berasal dari Asia Pasifik dan Afrika. Berlokasi di Persiaran Sultan Sallahudin Abdul Aziz Shah, membuat akses berkunjung wisatawan menjadi mudah.

Taman Botanical buka setiap hari kecuali hari Senin. Taman ini terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu tanaman bunga, tanaman hias, serta bagian perawatan dan penelitian. Ada objek yang cukup populer untuk dicoba bernama explorer’s tail jika sedang berkunjung ke sini. Objek tersebut berupa jembatan kanopi antarpohon. Wah, menarik sekali, ya!

2. Danau Putrajaya

Danau Putrajaya terletak di tengah pusat kota. Luasnya sekitar 650 hektar membuat danau buatan ini semakin terasa gagah. Danau ini dibuat dengan fungsi sebagai pendingin kota yang alami. Selain itu, kehadiran danau dapat juga dijadikan berbagai fungsi lain seperti taman rekreasi, olahraga air, tempat memancing, dan lain sebagainya. Danau ini juga seringkali dijadikan untuk tempat berbagai acara kejuaraan dunia.

3. Dataran Putrajaya

Dataran Putrajaya terletak di antara kompleks Palace of Justice, Masjid Besi, dan Perbadanan Putrajaya. Dataran ini menjadi spot wisata yang instagramable dan cukup banyak digemari para pemburu konten. Spot yang sering dijadikan foto para wisatawan yaitu pintu gerbang depan Perbandanan, Palace of Justice dengan arsitektur mirip Taj Mahal, serta Masjid Besi. Terinspirasi dari Champs Elysees di Paris yang seringkali disebut sebagai jalanan paling indah di dunia, lanskap dataran ini pun bisa disebut berhasil.

4. Jembatan Putrajaya

jembatan 1 - 6 Spot Wisata Menarik di Putrajaya

Sumber: liawisata.com

Jembatan Putrajaya langsung terlihat menonjol dan menarik dari segi arsitekturnya. Arsitekturnya mirip dengan Jembatan Khaju di Iran. Jembatan ini menjadi jembatan utama di Putrajaya. Selain disediakan untuk dilewati kendaraan bermotor, jembatan tingkat ini juga didesain untuk pejalan kaki. Saat malam hari, kamu bisa berjalan santai di jembatan sambil memandangi lampu kota yang gemerlap. Spot jembatan ini tentu cukup instagramable sebab seringkali dikunjungi wisatawan untuk sekadar berfoto di sana.

5. Taman Alam Rimba

Rekomendasi spot wisata selanjutnya yaitu Taman Alam Rimba. Taman ini merupakan tempat yang menampung berbagai spesies tumbuhan hutan hujan tropis. Terbagi menjadi beberapa jenis hutan, kamu bisa melihat-lihat dengan lebih nyaman. Berbagai jenis hutan di taman alam rimba tersebut yaitu hutan buah asli lokal, hutan Cengal-Kempas, hutan Meranti Merah-Keruing, International Tropical Arboretum, Roadside Forest Trees, dan hutan Permatang. Tempat ini menjadi spot wisata alam yang sejuk dan wajib kamu kunjungi ketika berada di Putrajaya. Tentu akan sangat disayangkan jika melewatkan kesempatan melihat anekah hutan hujan tropis dalam sekali waktu, bukan?

6. Masjid Putra

putrajaya 569809 1280 700x466 - 6 Spot Wisata Menarik di Putrajaya

Sumber: pixabay.com

Masjid Putra mungkin nampak seperti tempat ibadah biasa. Namun, bangunan masjid ini cukup ikonik untuk kamu kunjungi. Diklaim sebagai satu-satunya masjid merah muda di dunia, bangunannya mampu menampung hingga 15ribu orang. Hampir seluruh kubah dan bangunan masjid ini tersusun dari batu granit berwarna rose.

Pembangunannya dilangsungkan secara bersamaan dengan kantor perdana menteri yang tak jauh dari situ. Untuk bisa berkunjung ke kawasan masjid, kamu perlu memakai pakaian tertutup dan sopan. Jika tidak, kamu bisa menyewa jubah berwarna merah maroon yang disediakan di samping gerbang utama masjid.

 

Itu dia 6 tempat menarik di Putrajaya yang wajib kamu kunjungi terutama bagi para TKI. Tentu sangat disayangkan jika selama tinggal di Malaysia belum pernah berwisata ke Putrajaya. Tempat mana yang ingin kamu kunjungi pertama? Selama masa pandemi COVID-19, pastikan kunjunganmu tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan demi terhindar penularan virus.

Selama di Malaysia, kamu tetap bisa kirim uang ke Indonesia dengan lancar menggunakan aplikasi Qelola. Dijamin tidak ada tambahan biaya, lho! Selain itu, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk keperluan pembayaran lainnya. Kamu bisa melakukan pembayaran BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Unduh Aplikasi Qelola di Google Play Store sekarang juga. Gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , ,