Siapkan Budget! Inilah Perkiraan Biaya Makan di Malaysia

biaya makan di malaysia

Siapa yang setuju, bahwa makan dan minum adalah dua hal yang paling diperhatikan saat berkunjung ke suatu negara, termasuk Malaysia. Meskipun masih satu rumpun dengan Indonesia, namun ternyata ada beberapa perbedaan kuliner Malaysia dengan Indonesia. Lantas, bagaimana dengan biaya makan di Malaysia? Tenang, artikel ini akan membagikan informasi seputar kuliner Malaysia beserta perkiraan biaya makan di sana. Jadi, baca artikel ini sampai habis ya! Khususnya bagi kalian sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau yang sedang berkunjung ke Malaysia. 

Makanan Khas Malaysia

qelola 23 - Siapkan Budget! Inilah Perkiraan Biaya Makan di Malaysia

sumber: freepik

1. Palak Peneer: RM20

Palak Paneer adalah makanan dengan cita rasa khas India yang mengandung kuah kari berbahan dasar daun bayam. Lalu, ada campuran keju dan susu kambing, yang membuat makanan ini sangat mengenyangkan. Palak Paneer ada di Malaysia, mengingat banyaknya penduduk Negeri Jiran ini yang masih keturunan India. Biaya makan di Malaysia yang harus dibayarkan untuk satu porsi Palak Paneer berkisar RM20. 

2. Nasi Lemak: Mulai dari RM5

Kalau makanan yang satu ini, pasti sudah sering didengar. Nasi Lemak memang lazim ditemui di Malaysia, Brunei, Singapura, dan bahkan Sumatera. Tetapi, Nasi Lemak ini lebih dekat dengan Malaysia. Umumnya, Nasi Lemak terasa gurih karena dimasak memakai santan kelapa. Agar lebih nikmat, Nasi Lemak bisa ditambahkan dengan topping, seperti telur, daging ayam, dan sayuran. Biaya makan di Malaysia untuk sepiring Nasi Lemak berkisar antara RM5 dan RM20 saja. Cukup murah, bukan?

Namun perlu diingat, bahwa setiap warung Nasi Lemak tentu punya harga yang berbeda-beda. Dan di luar daerah Kuala Lumpur, kemungkinan kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

3. Ayam Percik: Mulai dari RM5

Pastinya, makanan berbahan dasar ayam menjadi favorit kebanyakan orang Indonesia. Jika sedang di Malaysia, cobalah menu makanan Ayam Percik. Kuliner ini dimasak dengan cara dipanggang, lalu ditambah dengan saus pedas hingga meresap sampai ke sisi dalam daging ayam tersebut. Ayam percik sangat kental dengan bumbu rempah dan juga santan. Kuliner Malaysia yang satu ini paling sering ditawarkan saat sore hari untuk menghangatkan tubuh, dan mengembalikan energi setelah lelah bekerja atau belajar seharian. Untuk harga, sepotong Ayam Percik dapat dinikmati (sebagai lauk atau sebagai cemilan) dengan harga antara RM5 hingga RM10 saja. Harga itu dapat lebih murah atau lebih mahal tergantung di tempat makan mana kamu membelinya. 

4. Ayam Laksa Penang: RM5

Ayam Laksa Penang adalah makanan berbahan dasar mie atau bihun dengan kuah kental pedas. Untuk topping, bebas dipilih sesuai selera. Mulai dari ikan, sayuran, hingga daging. Biaya makan di Malaysia untuk semangkuk Ayam Laksa Penang adalah RM5. Harga yang sangat terjangkau untuk kelezatan hakiki. Tapi ada catatan tersendiri jika ingin menyantap Ayam Laksa Penang. Jika kamu adalah muslim, sebaiknya tanyakan dulu kehalalan bahan yang dipakai. Sebab, makanan ini merupakan perpaduan Tiongkok dan Melayu. 

5. Ayam Pongteh: RM20

Biaya makan di Malaysia yang terakhir adalah jika kamu ingin menyantap Ayam Pongteh. Makanan yang satu ini sepintas mirip dengan semur ayam, yang biasa dijumpai di Indonesia. Perbedaannya adalah Ayam Pongteh mempunyai tambahan berupa potongan kentang serta jamur. Bumbu tauco juga menjadi bumbu utama, sehingga menghasilkan aroma yang sedap. Harga seporsi Ayam Pongteh sekitar RM20 untuk resto kelas menengah. Jangan cemas karena harga yang relatif mahal, karena harga akan sepadan dengan rasanya yang pasti gurih dan membuat lidah bergoyang saking lezatnya.

Menyantap Makanan Cepat Saji: RM14

qelola 2 5 - Siapkan Budget! Inilah Perkiraan Biaya Makan di Malaysia

sumber: freepik

Selain makanan tradisional dan khas Malaysia seperti yang telah disebutkan di atas, terkadang saat perut sudah sangat lapar pasti kamu ingin cari makanan yang cepat dan mudah didapat bukan? Tidak usah khawatir. Di Malaysia, terdapat banyak sekali kedai atau resto makanan cepat saji atau fast food. Apalagi jika kamu tinggal di kota besar di Malaysia seperti Kuala Lumpur, maka kamu akan familiar dengan restoran cepat saji di beberapa sudut-sudut kota KL. Dengan mengeluarkan sekitar RM14, kamu sudah bisa mendapatkan paket Big Mac dari resto McDonalds. Harga segitu mirip dengan harga yang harus dikeluarkan jika hendak makan di resto yang sama di Indonesia. 

Coba Makanan di Resto Budget: Mulai RM8

Jika mengeluarkan RM14 dirasa mahal, maka kamu dapat mencicipi makan di restoran budget (kedai makan murah) di Malaysia. Dengan merogoh kocek RM8 hingga RM10 saja, kamu sudah bisa makan kenyang dengan menu yang lezat di tempat makan tersebut.

Baca juga: 6 Spot Kuliner yang Sajikan Makanan Sedap di Port Dickson Malaysia

Saat makan di Malaysia, tentu kamu perlu memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk makan. Pasalnya, beda menu makanan, tentu juga akan berbeda harganya. Maka dari itu, dengan melihat perkiraan biaya makan di Malaysia seperti yang telah disebutkan di atas, tentu akan jadi panduanmu. 

Tinggal di Malaysia, tak lengkap rasanya jika kamu belum pakai aplikasi Qelola untuk keperluan transfer uang antar negara. Biaya yang murah, proses yang mudah dan aman, membuat kebanyakan orang Indonesia yang ada di Malaysia mengandalkan aplikasi ini. Sekarang giliranmu unduh Qelola di Play Store dan lakukan registrasi. 

Tags: , , ,