Hal-hal Menarik Ini Bisa Dilakukan di Ipoh Perak Malaysia

ipoh perak

Ipoh Perak yang merupakan sebuah kota yang memiliki banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Ipoh Perak cukup terkenal di Malaysia karena kota tuanya di mana kamu bisa menemukan kekayaan sejarah yang menarik, hingga mural jalanan dan museumnya yang indah. Namun, yang menarik di Ipoh adalah selain menikmati kota, kamu juga bisa masuk ke pedesaan, dan menikmati berbagai tempat menarik seperti Kuil Gua dan Tebing Kapur yang menjulang tinggi.

Yuk, jelajahi hal-hal terbaik dan menarik yang dapat dilakukan di Ipoh Perak!

1. Berkunjung ke Kuil Gua Kok Lok Tong

Kuil Gua Kek Lok Tong merupakan salah satu permata di kota Ipoh dan terbentang di kompleks besar yang mencakup 12 hektar tanah. Kuil ini hanya ada di situ selama sekitar 100 tahun dan digunakan sebagai tempat ibadah penting di Ipoh. Di dalam gua, kamu akan menemukan altar menakjubkan yang dikelilingi oleh dewa Buddha dan Cina. Selain itu, kamu juga akan menemukan beberapa jalan setapak cantik yang akan membawamu melewati dua danau kaca. Ada juga Taman Zen, di mana kamu dapat beristirahat dan bersantai, serta berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak yang diklaim sebagai yang terpanjang di sana.

2. Jalan-jalan ke Lembah Teh Gaharu

Lembah Teh Gaharu terletak di Gopeng di luar Ipoh, dan telah beroperasi selama sekitar 20 tahun. Lembah ini membentang seluas 300 hektar dan mencakup sekitar 200.000 pohon Gaharu. Di Lembah Teh Gaharu, kamu dapat mengunjungi perkebunan dan menikmati pemandangan yang terdiri dari berhektar-hektar pohon Gaharu. Pastikan untuk tidak melewatkan pohon paling terkenal di lembah yang berusia 20 tahun, ya! Legenda mengatakan bahwa jika kamu memeluk pohon itu, maka kamu akan diberkati dengan keberuntungan.

3. Menjelajah di Dunia Tambun yang Hilang

qelola 21 - Hal-hal Menarik Ini Bisa Dilakukan di Ipoh Perak Malaysia

Sumber: shutterstock/Faiz Zaki

Jika kamu bepergian dengan keluarga, maka Lost World of Tambun merupakan pilihan yang tepat untuk mengunjungi Ipoh Perak. Taman hiburan yang satu ini dikenal sebagai salah satu atraksi terbesar dan terbaik di Ipoh. Di sana kamu juga akan menemukan kompleks yang luas yang memiliki berbagai bagian yang menarik. Beberapa di antaranya adalah Lembah Harimau, Taman Air, dan jika kamu menyukai binatang, kamu pun juga dapat mengunjungi Kebun Binatang Lost World atau Mata Air Panas Dunia yang Hilang. Selain semua atraksi ini, kamu juga akan menemukan taman hiburan utama yang memiliki berbagai wahana untuk semua kelompok umur yang berbeda.

4. Menjelajahi Kuil Ling Sen Tong

Jika kamu menyukai arsitektur religius, maka pastikan untuk tidak melewatkan perjalanan ke Kuil Long Sen Tong yang merupakan kuil Tao yang terletak di dalam gua. Di sini kamu akan menemukan sejumlah dewa Cina, termasuk hewan dan tokoh-tokoh yang termasuk dalam legenda Cina dan kamu juga dapat menikmati stalagmit dan stalaktit menakjubkan yang menghiasi sisa kuil. Saat kamu berjalan di sekitar gua, maka kamu akan menemukan berbagai altar yang tersebar. Jangan lupa untuk melihat patung empat raja surgawi yang duduk di atap bangunan. Luangkan juga waktu untuk melihat sisa kompleks candi karena kamu akan menemukan taman yang terawat di sini, serta kolam yang menyenangkan dan menenangkan.

5. Mampir ke Menara Jam Peringatan Birch

qelola 22 - Hal-hal Menarik Ini Bisa Dilakukan di Ipoh Perak Malaysia

Sumber: shutterstock/HitManSnr

Birch Memorial Clock Tower merupakan sebuah bangunan hitam putih terkenal di Ipoh yang berdiri sejak tahun 1909 silam. Bangunan ini dibangun sebagai penghormatan kepada JWW Birch yang merupakan salah satu penghuni pertama kota yang dibunuh pada tahun 1875. Menara ini adalah penghormatan kepada Inggris simbolisme dan di bagian atas kamu akan menemukan empat tokoh yang dimaksudkan untuk menggambarkan empat kebajikan pemerintah Inggris.

6. Berbelanja di Memory Lane

Memory Lane adalah nama pasar loak yang terkenal di Ipoh, terletak di Jalan Lim Bo Seng. Pasar ini akan digelar setiap hari Minggu dan dimulai di pagi hari. Kamu akan menemukan berbagai macam barang di sini , termasuk barang antik lokal serta souvenir dan hadiah. Ingat, kamu perlu melakukan tawar-menawar di pasar ini.

7. Singgah ke Kuil Gua Sam Poh Tong

Kuil Gua Sam Poh Tong merupakan kuil yang paling terkenal baik di Ipoh maupun di Malaysia. Alasannya adalah karena kuil yang satu ini dianggap yang terbesar di Malaysia. kamu akan menemukan berbagai patung Buddha di sini, serta dewa terkenal lainnya yang berhubungan dengan cerita rakyat Tiongkok. Kuil ini diapit oleh taman yang indah, ditambah dengan kolam dan pagoda menawan yang dihiasi dengan lentera batu kuno. Pastikan untuk tidak melewatkan kolam penyu, karena penduduk setempat percaya bahwa jika mereka melepaskan penyu ke perairan di sini, maka hal itu akan menetralisir karma mereka.

Baca juga: Top Rekomendasi 7 Tempat Menarik di Kundasang

Sebenarnya masih ada banyak sekali tempat wisata di Ipoh Malaysia yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau sahabat. Tapi, ketujuh tempat wisata yang telah disebutkan di atas bisa kamu coba kunjungi lebih dulu. Supaya kamu bisa eksplor Malaysia secara maksimal, ada baiknya kamu menyiapkan itinerary liburan secara detail. Termasuk destinasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi, serta budget yang dibutuhkan. Tanpa rencana yang matang, bisa-bisa budget liburanmu akan membengkak. Untuk menghindari pengeluaran yang sebenarnya bukan merupakan kebutuhan, kamu bisa membawa uang tunai secukupnya. Selebihnya, kamu bisa simpan pada e-wallet Qelola. Cari tahu seputar aplikasi Qelola secara lebih lengkap, klik di sini!

Tags: , , , , ,