Cara Hilangkan Migrain Tanpa Obat? Bisa, Begini Triknya!

cara hilangkan migrain

Obat memang merupakan salah satu cara hilangkan migrain atau sakit kepala sebelah yang cukup ampuh. Tetapi sebenarnya kita bisa mengatasi migrain tanpa mengonsumsi obat-obatan. Saat mulai terserang migrain, cobalah untuk menciptakan suasana atau lingkungan yang tenang. Misalnya dengan mematikan lampu. Pasalnya, migrain sering meningkatkan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Oleh karena itu, bersantailah di kamar yang gelap dan tenang serta tidurlah jika memang bisa. Kemudian, cobalah untuk mengompres bagian kepala atau leher dengan kompres panas ataupun dingin. Kompres ini merupakan salah satu cara hilangkan migrain yang jitu karena dapat melemaskan otot.

Cara Hilangkan Migrain

qelola 16 - Cara Hilangkan Migrain Tanpa Obat? Bisa, Begini Triknya!

sumber: freepik

Berikut ini beberapa cara efektif untuk hilangkan migrain tanpa obat yang bisa kamu coba.

1. Ubahlah Pola Makan

Kebiasaan makan dapat mempengaruhi kamu terkena migrain atau tidak. Oleh karena itu, cobalah untuk konsisten dengan pola makan sehat dan teratur di waktu yang sama setiap harinya. Penurunan kadar gula darah juga dapat memicu migrain karena mengarah pada glukosa yang dilepaskan ke dalam aliran darah. Sehingga akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Untuk itu, cobalah makan teratur setiap 4 jam dan jangan lebih dari 12 jam semalam tanpa makanan. Pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah seperti buah-buahan dan sayuran, yogurt dan keju rendah lemak. Hindari makanan dengan GI tinggi seperti roti putih, kue kering, minuman manis, dan juga permen.

Sebagian orang juga mendapati bahwa beberapa makanan dapat memicu migrain. Contohnya seperti alkohol, kafein, coklat, makanan kaleng, daging yang sudah diproses, keju, hingga aspartam. Untuk tahu apakah ada makanan yang mungkin memicu migrain kamu juga, maka tuliskan apa saja yang dimakan hari itu, dan amati apakah makanan ini atau itu yang mungkin menyebabkannya. Selanjutnya, cobalah tidak konsumsi makanan tersebut untuk mengecek apakah migrain benar jadi berkurang setelahnya.

2. Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin, khususnya jenis kardio, bisa memompa jantung. Sebuah studi dari Swedia membandingkan khasiat olahraga dengan relaksasi dan obat-obatan untuk mencegah migrain, dan hasilnya, rutin melakukan latihan kardio selama 40 menit 3 kali seminggu ternyata sama ampuhnya dalam mengatasi migrain seperti relaksasi atau obat-obatan. Selama melakukan aktivitas fisik, tubuh akan melepaskan bahan kimia tertentu yang menutup rasa sakit ke otak. Bahan kimia ini juga akan membantu mengurangi kecemasan dan depresi, yang dapat membuat migrain lebih buruk. Jadi, cara untuk mengatasi migrain tanpa obat lainnya adalah dengan beraktivitas fisik.

3. Tidur yang cukup

Berbagai studi mendapati bahwa kurang tidur dan migrain merupakan dua hal yang berhubungan erat. Jadi, cobalah amati bagaimana kualitas tidurmu selama ini. Kalau mengalami insomnia, maka ada baiknya kamu tidak membaca, nonton TV, atau mendengarkan musik di atas tempat tidur. Cobalah tidur siang, supaya malam harinya bisa lebih mudah terlelap. Selain itu, mengonsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur, menggunakan ponsel, laptop, atau gadget lainnya mendekati jam tidur juga perlu dihindari.

4. Pertahankan gaya hidup sehat

Gaya hidup memang memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan. Kalau ingin mengobati migrain tanpa obat-obatan, maka pertahankan gaya hidup sehat dengan cara makan teratur, banyak minum air mineral, olahraga teratur, dan menjaga berat badan tetap ideal.

5. Pijat dan relaksasi

Meskipun belum dipelajari terlalu dalam, namun pijatan dapat mengurangi sakit kepala pada beberapa orang. Akan tetapi, metode ini biasanya tidak banyak membantu ketika migrain mulai menyerang. Namun kamu tetap bisa mencobanya untuk mengurangi risiko migrain, karena pijatan juga bisa meredakan stres, yang merupakan salah satu penyebab sakit kepala.

Karena migrain seringkali dipicu oleh stres, maka latihan relaksasi secara rutin mungkin juga perlu dilakukan. Contohnya seperti menarik nafas dalam dan relaksasi otot, terutama di bagian di mana kamu sering merasa tegang. Lakukan secara rutin agar kamu jauh dari stres dan risiko sakit kepala.

Hindari Faktor Pemicu Migrain

qelola 15 - Cara Hilangkan Migrain Tanpa Obat? Bisa, Begini Triknya!

sumber: freepik

Pemicu migrain antara lain adalah rokok (nikotin dapat mempersempit pembuluh darah di otak), terlalu banyak berolahraga berat, stres, perubahan pola tidur, sakit kepala dan leher, masalah gigi, makanan tertentu, bau-bauan yang menyengat, cahaya, dan menstruasi. 

Selain itu, terlalu banyak kafein akan menyebabkan pembuluh darah di sekitar otak menjadi terlalu terbatas, yang dapat memicu migrain. Perlu diketahui, bahwa lebih dari 300 mg kafein sehari (3 cangkir kopi bubuk atau 5 cangkir instan) dapat menimbulkan masalah. Maka, cobalah untuk mengurangi atau beralih ke minuman tanpa kafein. 

Baca juga: Kenali 5 Jenis Sakit Mata yang Mengganggu dan Harus Diwaspadai

Ketika migrain menyerang, kamu bisa melakukan beberapa cara hilangkan migrain tanpa obat yang telah disebutkan di atas. Pasalnya, di saat kamu sulit mengakses obat atau takut akan efek samping yang ditimbulkannya, maka cara mengobati migrain tanpa obat ini tentu dapat diandalkan. Satu hal terpenting yang perlu diketahui bahwa sakit kepala sebelah alias migrain ini jelas memiliki pencetus. Dengan menghindari faktor pencetusnya (penyebab migrain), maka satu langkah dalam meringankan gejalanya sudah bisa diraih dan hal ini akan mencegah serangan migrain selanjutnya.

Biasanya, urusan bayar tagihan juga bikin kepala jadi pusing. Tapi tenang, ada solusinya! Pakai saja aplikasi Qelola yang menyediakan fitur komplit. Mulai dari bayar tagihan PDAM, listrik PLN, beli token listrik, pulsa, dan lain sebagainya. Dengan Qelola, dijamin kamu akan merasa lebih aman dan nyaman karena dapat membayar setiap tagihan yang kamu butuhkan melalui ponsel dari Malaysia. Jadi, tunggu apa lagi? Nikmati segala kemudahannya dengan cara unduh aplikasi Qelola di Google Play Store.

Tags: , , ,