Tempat Menarik di Kuala Selangor yang Kental dengan Sejarahnya

tempat wisata di kuala selangor

Selangor adalah salah satu negara bagian di Malaysia yang terkenal dengan keanekaragaman sejarahnya. Sebagian besar tempat menarik di Kuala Selangor memiliki cerita tersendiri. Seperti Batu Hampar dan Tangga Seratus yang menjadi fokus utama wisatawan. Ada banyak tempat menarik di Kuala Selangor yang wajib dikunjungi selama kamu singgah di Malaysia. Kota bersejarah di Malaysia ini adalah permata tersembunyi yang bisa kamu nikmati. Sebagai referensi, inilah daftar tempat wisata utama di Kuala Selangor. Yuk, simak!

1. Bukit Belanda

qelola 12 1 - Tempat Menarik di Kuala Selangor yang Kental dengan Sejarahnya

Sumber: selangor.travel

Salah atu tempat menarik di Kuala Selangor adalah Bukit Belanda. Disebut Bukit Belanda karena pada suatu ketika, pemerintah Belanda yang dipimpin oleh Van Brac pernah menjadikan bukit ini sebagai benteng pertahanan dalam upaya mengalahkan Raja Hadi di Teluk Ketapang. Pada ketinggian 420 meter, bukit ini merupakan lokasi pengintaian yang strategis untuk mengamati pergerakan musuh dan dapat mendiskusikan strategi pertahanan yang relevan berdasarkan informasi pengintaian. Awalnya, bukit ini bernama Utrecht yang serasi dengan nama bahtera yang dipiloti oleh Van Brac. Namun kemudian diubah menjadi nama Bukit Belanda karena desain kotanya oleh Sultan Ibrahim yang menerapkan unsur barat (Belanda). Bukit Belanda ini terletak di dekat sungai, yang pada suatu waktu merupakan jalur utama yang dapat dipantau untuk mencegah serangan musuh.

2. Batu Hampar

Batu Hampar merupakan salah satu tempat bersejarah di Kuala Selangor yang sering menjadi fokus pengunjung. Terutama para pengantin baru, karena biasanya tempat ini digunakan untuk keperluan foto prewedding. Meskipun kenyataannya hanya berupa batu yang terletak di ruang depan Kota Melawati, namun Batu Hampar ini terlihat unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Di balik bongkahan batu yang terletak di depan pintu masuk kota tersebut, terdapat berbagai spekulasi mengenai apa fungsinya. Sebagian besar penduduk setempat percaya, bahwa itu adalah tempat di mana pelanggar dipenggal pada suatu waktu. Tetapi beberapa dari mereka menyangkal hal itu.

Melihat struktur batu yang terlihat sebagai tempat strategis bagi pelanggar untuk ditempatkan sebelum dipenggal, tidak heran jika spekulasi itu benar adanya. Meskipun ada berbagai cerita mengerikan tentang batu itu, namun batu itu tetap memiliki daya tarik tersendiri. Jika kamu mengunjungi Kota Melawati, maka pastikan untuk mengunjungi pintu masuk kota untuk melihat bebatuan yang terhampar di depannya.

3. Meriam Penggawa di Bukit Selangor

Meriam di Bukit Penggawa merupakan sebuah senjata yang terbuat dari besi kuning (logam yang terbuat dari campuran 7 jenis logam) dan berukuran sekitar 5 kaki. Kalau kamu mengunjungi Bukit Selangor, maka kamu akan menemukan meriam ini masih dalam kondisi baik dibandingkan dengan 18 meriam lainnya. Meriam Penggawa ini terletak di mimbar khusus dan dibungkus dengan kain kuning, yang diberi nama Meriam Petoi Boga yang artinya putri putih. Awalnya bernama Meriam Sultan Ibrahim, namun karena beberapa tragedi yang terjadi dalam upaya memindahkannya ke Klang tapi gagal, namanya kemudian diubah menjadi Meriam Pengawa. Dan sekarang, terletak di perbukitan Selangor yang merupakan tempat pemakaman 3 sultan Selangor.

4. Muzium Kuala Selangor

 

qelola 13 1 - Tempat Menarik di Kuala Selangor yang Kental dengan Sejarahnya

Sumber: www.enjindot.com

Terdapat banyak informasi menarik terkait kronologis sejarah di Kuala Selangor yang bisa di uraikan dari sumber-sumber yang ada di museum ini. Museum ini pada awalnya merupakan kediaman dinas pejabat daerah Kuala Selangor, dan terbagi menjadi 7 bagian yang memaparkan informasi terkait hal-hal khusus. Seperti perkembangan negara bagian Selangor, asal usul negara bagian Selangor, dan informasi terkait peninggalan sejarah di Bukit Melawati. Ruang pameran di museum ini menggunakan teknik interaktif. Tujuannya adalah untuk membuat sejarah Selangor lebih menyenangkan untuk dipelajari dalam teknik audio visual dan kios informasi. Jika berkesempatan ke Kuala Selangor, jangan lupa untuk mampir ke tempat menarik di Kuala Selangor yang satu ini, ya!

5. Bukit Melawati

Bukit Melawati merupakan salah satu tempat bersejarah di Selangor yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pemandangan saat matahari terbenam sangat mengasyikkan dan kamu dapat melihat hampir seluruh Kuala Selangor dari sudut ini. Posisi bukit ini sangat strategis, karena berada di muara sungai Selangor. Pada akhir abad ke-18 dan abad ke-19, bukit ini dijadikan sebagai pangkalan utama dalam upaya memerangi kemajuan Belanda. 

6. Perigi Beracun

Bukit Melawati telah dinyatakan sebagai situs bersejarah di Selangor untuk pemerintahan awal Selangor oleh mendiang Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Alhaj. Tidak heran jika banyak peninggalan sejarah yang ada di satu lokasi. Salah satunya adalah Perigi Beracun yang merupakan tempat hukuman bagi siapa saja yang telah melakukan pelanggaran berat di masa lalu. Air sumur tersebut dikatakan telah tercemar dan dapat menyebabkan gatal-gatal jika terkena kulit. Mereka yang bersalah akan basah kuyup setinggi leher dan mereka akan merasa sangat gatal. Sumur tersebut telah terkubur pada tahun 1977 silam. Kemudian dikembalikan ke tampilan aslinya untuk melestarikan jejak peninggalan sejarah setelah dinyatakan sebagai situs bersejarah.

Baca juga: Ini 8 Rekomendasi Tempat Wisata Alam yang Seru di Bukit Fraser

Demikian sedikit ulasan tentang tempat menarik di Kuala Selangor yang masih sangat kental dengan sejarahnya. Beberapa rekomendasi tempat menarik di Kuala Selangor yang telah disebutkan di atas diharapkan dapat memberikan ide untuk berlibur dan rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Tapi jangan lupa, supaya liburanmu di Kuala Selangor berjalan lancar, selesaikan dulu urusan bayar tagihan dan kirim uang pakai aplikasi Qelola. Prosesnya mudah, cepat, dan yang pasti aman. Kalau urusan bayar ini-itu sudah beres, dijamin liburanmu akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Tags: , , , ,