Mengenal Kanker Darah dan Pengobatannya di Malaysia

kanker - Mengenal Kanker Darah dan Pengobatannya di Malaysia

Kanker darah adalah salah satu jenis kanker yang dapat dialami oleh pasien pada usia berapa pun. Bahkan, leukemia merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak-anak.

Berdasarkan data Globocan 2018, jenis limfoma non-Hodgkin merupakan kasus kanker darah yang paling sering terjadi di Indonesia, di antara jenis kanker darah lainnya. Adapun, di antara seluruh jenis penyakit kanker, limfoma non-Hodgkin menempati urutan ketujuh dalam jumlah kasus kanker terbanyak di Indonesia, yang mencapai 14.164 kasus.

Kemudian, disusul oleh leukemia di urutan kesembilan, multiple myeloma di urutan ke-20, serta limfoma Hodgkin di urutan ke-29. Adapun tingkat kematiannya paling tinggi ditempati oleh leukemia di antara jenis kanker hematologi lainnya, dengan jumlah kasus mencapai 11.134 kasus. Tingkat kematian leukemia ini menempati urutan kelima di antara seluruh jenis kanker lainnya.

Apa itu Kanker Darah?

kanker 2 700x467 - Mengenal Kanker Darah dan Pengobatannya di Malaysia

sumber : pexels oleh Anna Tarazevich

Kanker darah, atau bisa juga disebut dengan kanker hematologi, adalah kanker yang memengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan sel darah yang abnormal dan tidak terkontrol atau disebut sel kanker.

Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang di mana darah diproduksi. Di sumsum tulang, darah terbentuk ke dalam empat komponen, yaitu plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit, yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Ketika sel-sel abnormal atau sel kanker terbentuk, fungsi darah tersebut menjadi terhalang, sehingga menimbulkan gejala yang dapat mengganggu atau bahkan hingga kematian.

Ada tiga jenis kanker darah yang paling umum, yaitu:

  1. Leukemia

Leukemia atau kanker sel darah putih adalah sel kanker yang ditemukan di dalam darah dan sumsum tulang. Kondisi ini disebabkan oleh produksi sel darah putih abnormal yang terlalu banyak. Sel abnormal ini mencegah sel darah putih dalam melawan infeksi serta merusak kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel darah merah dan trombosit yang dibutuhkan tubuh.

  1. Limfoma

Limfoma berkembang pada limfosit, yaitu tipe sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi. Kanker jenis ini juga memengaruhi kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian lain dari tubuh.

Limfosit yang tidak normal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan mengurangi daya tahan tubuh penderitanya terhadap faktor berbahaya dari luar.

Limfoma terdiri dari berbagai jenis, yang dikelompokkan ke dalam dua kategori utama, yaitu limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin.

  1. Multiple myeloma

Multiple myeloma adalah jenis kanker yang bermula di sel plasma darah. Sel plasma merupakan sejenis sel darah putih yang dibuat di sumsum tulang dan berfungsi menghasilkan antibodi (atau immunoglobulin), yang membantu tubuh menangkal penyakit dan infeksi dalam tubuh Anda.

Bila sel kanker myeloma terbentuk, sistem kekebalan tubuh bisa melemah dan rentan terhadap infeksi.

Selain tiga jenis kanker di atas, terdapat berbagai jenis kanker darah lainnya yang jarang terjadi, seperti myelofibrosis, polycythaemia vera (PV), atau myelodysplastic syndromes (MDS).

Apa Saja Gejala Kanker Darah?

demam 700x467 - Mengenal Kanker Darah dan Pengobatannya di Malaysia

sumber : pexels

Gejala kanker darah pada orang dewasa atau tanda kanker darah pada anak, kemungkinan berbeda-beda tergantung jenis kanker yang dialami. Namun, beberapa gejala kanker darah yang paling umum pada dewasa dan anak, antara lain:

  • Menggigil
  • Demam
  • Kelelahan secara terus menerus atau terasa lemah.
  • Nyeri tulang dan sendi.
  • Kehilangan nafsu makan atau mual.
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  • Sakit kepala.
  • Sesak napas.
  • Sering atau mudah terjadi infeksi.
  • Mudah memar dan perdarahan
  • Kulit gatal atau ruam di kulit.
  • Berkeringat pada malam hari.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan.
  • Gejala anemia.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala lain yang tidak disebutkan di atas. Bila kamu memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Apa Penyebab Kanker Darah?

Kanker darah disebabkan oleh pertumbuhan sel darah yang abnormal dan tidak terkendali. Normalnya, sel-sel darah di dalam tubuh mengikuti jalur pertumbuhan teratur, pembelahan, dan kematian. Namun, sel-sel penyebab kanker darah tidak mati secara otomatis. Sel-sel kanker ini dapat menyebar ke area lain, menekan sel darah normal dan menghambat fungsinya.

Para ilmuan masih belum mengetahui secara pasti apa penyebab kanker darah. Namun, para ahli menduga bahwa perubahan atau mutasi DNA bisa membuat sel-sel yang sehat menjadi kanker.

Mutasi DNA ini bisa diturunkan secara genetik atau terjadi selama masa hidup seseorang. Selain itu, beberapa faktor lainnya juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini.

Rekomendasi Rumah Sakit Kanker di Malaysia

cancer 700x467 - Mengenal Kanker Darah dan Pengobatannya di Malaysia

sumber : pexels oleh Tara Winstead

Malaysia memiliki beberapa rekomendasi rumah sakit bagus untuk pelayanan kanker. Jika kebetulan kamu sedang merencanakan berobat kesana, rumah sakit di bawah ini bisa jadi rujukan.

  1.       Rumah Sakit Gleneagles, Penang

Rumah Sakit Gleneagles telah beroperasi lebih dari 40 tahun dalam melayani pasien-pasiennya. Tempat rumah sakit ini merupakan salah satu yang terbaik di Penang dan telah memiliki sertifikat Joint Commision International dari Amerika Serikat. Sertifikasi ini merupakan wujud dari pengakuan dunia medis internasional atas kualitas dan pelayanan dari sebuah instansi kesehatan. Dengan lebih dari 70 dokter spesialis berpengalaman yang mengampu di Rumah Sakit Gleneagles, pelayanan yang diberikan tentu telah terjamin dengan baik. Rumah Sakit Gleneagles memiliki dua dokter spesialis dalam penanganan kanker, salah satunya adalah dr. Adel Zataar yang merupakan dokter spesialis onkologi senior di Negeri Jiran. Dokter yang telah memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang Onkologi, pengelolaan tumor payudara, paru- paru, saluran pencernaan, saluran kandung kemih, nasofaring, kepala, dan leher.

  1.       Pantai Hospital Ayer Keroh, Malaka

Telah berdiri semenjak tahun 1986, Pantai Hospital Ayer Keroh diampu oleh 80 dokter profesional. Salah satu spesialisasi dari rumah sakit yang terletak di kota Malaka ini adalah Onkologi yang dikelola oleh tenaga medis profesional dan terlatih dalam menangani kondisi onkologi seperti kanker paru-paru, kanker kepala dan leher, kanker prostat, kanker payudara, kanker tiroid, dan lain-lain. Adapun Pantai Hospital Ayer Keroh telah mendapatkan akreditasi Malaysian Society for Quality in Health dalam hal kualitas layanan. Tentu saja dengan akreditasi ini mengukuhkan gelar Pantai Hospital Ayer Keroh sebagai salah satu layanan kesehatan terbaik untuk perawatan kanker di Negeri jiran.

  1.       Sunway Medical Centre Malaysia, Selangor

Sebagai salah satu rumah sakit kanker terbaik di Negeri Jiran, Sunway Medical Centre Malaysia menggunakan peralatan medis canggih sehingga hasil diagnosa penyakit dapat diketahui secara cepat dan tepat. Salah satu alat penunjang yang dimiliki adalah Truebeam STx yang dapat mengatasi jenis-jenis tumor dengan akurat. Selain itu, alat penunjang lainnya adalah robot bedah yang memiliki tingkat akurasi sangat baik sehingga dapat mempercepat waktu pemulihan pasien.

Jika kamu telah tinggal di Malaysia untuk melakukan pengobatan selama beberapa waktu, ada baiknya kamu mulai menggunakan aplikasi keuangan yang memudahkan untuk transfer antar negara. Kamu bisa mencoba aplikasi Qelola. Dengan aplikasi Qelola, kamu tetap bisa membayar semua tagihan dengan mudah tanpa harus dikenai biaya yang mahal. Kamu juga bisa melakukan transfer antar negara dengan aman dan nyaman. Segera download aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati berbagai fasilitasnya.

Tags: , , , , , , , , , , ,