Yuk Terapkan Tips Belajar Membaca Tahap Awal Untuk Anak

belajar membaca

Pendidikan pertama bagi anak-anak adalah orang tua karena semua hal bermula dari rumah. Banyak hal yang perlu dilakukan orang tua dalam memberikan bekal hidup kepada anaknya sejak dini. Salah satu bekal hidup yang paling penting adalah membaca. Berawal dari bisa membaca, anak-anak akan mampu belajar lebih banyak hal di dunia ini. Sayangnya, masih ada orang tua yang merasa kesulitan untuk mengajarkan cara membaca kepada anak. Kesulitan biasanya datang dari kebingungan menggunakan teknik belajar membaca seperti apa, hal apa yang perlu diberikan pada tahap awal, apakah suatu teknik membuat anak menjadi tertekan, dan sebagainya. Untuk membantu kamu mengajari anak-anak membaca, simak tipsnya pada tahap awal dan bertahap berikut ini.

1.  Mengenalkan huruf besar dan kecil

Tahap awal belajar membaca tentu saja adalah mengenal huruf. Termasuk mengenalkan bentuk huruf kecil dan huruf besar dan cara membacanya. Kamu dapat mengenalkan huruf kepada anak melalui lagu atau video interaktif agar anak mulai menghafalkan huruf dengan cara yang mengasyikkan. Kemudian setelah beberapa waktu, kamu bisa memberikan tebak-tebakan atau pertanyaan mudah untuk menguji ingatan mereka.

2.  Mengajarkan cara membaca suku kata paling mudah

Setelah tahap mengenal huruf, langkah berikutnya adalah mengajarkan mereka cara membaca 1 suku kata dengan huruf vokal yang diulang-ulang. Kemudian kamu dapat menambahkan suku kata dengan pengulangan huruf vokal. Semakin cepat anak-anak paham cara membaca suku kata, semakin banyak suku kata dan kombinasi huruf vokal dan konsonan yang dapat digunakan. Termasuk mengajarkan mereka cara membaca ‘ng’, ‘ny’, dan sebagainya. Sebagai contoh, kamu bisa membuat susunan kata seperti di bawah ini.

  • Ba – Ca – Da – Fa, Bi – Ci – Di – Fi, dan seterusnya.
  • ga – ja – ka – ma, gi – ji – ki – mi, dan seterusnya.
  • A – ba, I – bi, Li – li, Le – le, Ca – ca, Ku – pu, dan seterusnya.
  • Ma – mi, da – du, la – lu, A – yah, pa – ku, dan seterusnya.
  • Bin – tang, bu – nga, nya – nyi, ma – kan, dan seterusnya.

3.  Mengenalkan dan membacakan buku cerita yang menarik

Untuk menumbuhkan semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi, kamu harus membiasakan untuk membacakan buku cerita sederhana kepada mereka. Membacakan buku juga menjadi salah satu tahap awal anak-anak untuk mengenal kata sekaligus ekspresi dari kata-kata tersebut. Pastikan untuk membacanya dengan suara dan gerakan bibir yang jelas. Dengan begitu, anak-anak akan secara tidak langsung belajar membaca.  Selain itu, membacakan buku dan memiliki beberapa koleksi buku bacaan juga akan meningkatkan minat baca anak-anak.

rajin belajar 2 700x467 - Yuk Terapkan Tips Belajar Membaca Tahap Awal Untuk Anak

4.  Menyediakan alternatif alat peraga untuk belajar

Ketika anak-anak bosan belajar membaca dengan metode yang sama, kamu bisa menggunakan berbagai macam metode. Beberapa di antaranya adalah permainan kartu huruf, kartu kata beserta gambarnya, dan sebagainya. Kamu juga dapat mengombinasikannya dengan belajar menulis. Baik di kertas maupun pada papan tulis. Bahkan kamu juga bisa sekaligus mengajak anak bergerak dengan permainan sederhana menggunakan berbagai kata jika anak mulai bisa membaca kata dan kalimat sederhana.

5.  Mendukung anak bercerita mengenai apa saja

Kemampuan membaca juga akan sangat didukung dengan cara seseorang mengucapkan kata-kata. Terlebih lagi jika mereka sudah mulai mengenal banyak kata dan artinya. Jadi, sebisa mungkin untuk selalu mendukung anak-anak untuk bercerita mengenai apa saja atau bertanya mengenai apapun yang mereka ingin ketahui. Meskipun mereka kadang sulit menemukan kata yang dimaksud, kamu bisa mengajarkan perlahan-lahan mengenai maksud kata tersebut. Termasuk mengajarkan mereka beberapa ungkapan dasar, seperti terimakasih, minta maaf, tolong, dan sebagainya.

6.  Memberikan hadiah kecil ketika menyelesaikan bacaan atau hafal beberapa huruf

Cara lain untuk meningkatkan motivasi belajar membaca pada anak adalah memberikan hadiah kecil setiap mereka bisa menghafalkan huruf. Meskipun baru 5 huruf, baru 1 suku kata, dan sebagainya. Hadiah tidak perlu terlihat oleh mereka namun bermakna, seperti ciuman, memuji di depan keluarga, memasak menu makan malam favorit, dan sebagainya.

Sebagai tambahan, kamu bisa mencoba tips praktik belajar membaca yang begitu besar manfaatnya. Termasuk meningkatkan kedekatan antara kamu dan anak-anak. Beberapa diantaranya adalah memangku anak dan meletakkan jari di bawah kata yang kamu tunjuk, memberikan suara yang berbeda saat membacakan cerita, membandingkan peristiwa dalam buku cerita dengan kehidupan sehari-hari di rumah, dan sebagainya.

Mendampingi anak-anak belajar membaca bisa jadi merupakan ujian pertama kamu sebagai “guru sekolah” di rumah. Meskipun banyak tantangan yang kamu hadapi, pastikan untuk melakukannya secara perlahan. Mencoba untuk memahami anak yang tantrum, misalnya, juga akan menjadi bagian dari proses belajar membaca bagi mereka. Untuk mendukung lebih banyak waktu yang bisa kamu habiskan bersama anak-anak, milikilah aplikasi keuangan yang bisa digunakan melalui smartphone. Qelola hadir sebagai aplikasi transaksi antar negara yang wajib dimiliki. Jadi, kamu tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk mengirim uang atau membayar tagihan. Miliki aplikasi Qelola dengan mengikuti link ini.

Tags: , , , ,