7 Tempat Menarik di Perak untuk Wisatawan

Tempat Menarik di Perak

Tempat-tempat menarik di Perak, Malaysia, tersebar di berbagai penjuru. Memiliki nama resmi Perak Darul Ridzuan, daerah ini merupakan negara bagian resmi Malaysia yang terletak di Semenanjung Malaya. Ipoh merupakan ibukota dari Perak. Di Ipoh sendiri memiliki historitas berupa kegiatan pertambangan timah yang sangat masif hingga menyebabkan harga logam turun.

Di Perak sendiri dihuni oleh beragam etnis sehingga ada berbagai akulturasi budaya yang menarik. Jika kamu sedang berlibur ke Malaysia atau bekerja sebagai TKI Malaysia, tentu perlu menyempatkan berwisaata ke tempat menarik di Perak. Beragam pilihan tempat wisata yang disajikan sangat banyak pilihannya dari wisata alam, wisata sejarah, hingga taman bermain.

1. Galeri Sultan Azlan Shah

galeri - 7 Tempat Menarik di Perak untuk Wisatawan

Sumber: galeri-sultan-azlan-shah.business.site

Tempat menarik di Perak pertama yang perlu kamu kunjungi yaitu Galeri Sultan Azlan Shah. Dulunya galeri ini bernama Istana Ulu. Pada pemerintahan ahun 1887-1916 , tempat ini merupakan kediaman Sultan Perak ke-28 yang bernama Sultan Idris Mursyidul ‘Adam Syah. Hingga akhirnya, galeri dibangun kembali dan berfungsi sebagai semacam museum. Galeri Sultan Azlan Shah menampilkan perjalanan hidup Sultan Azlan Shah. Ada pula berbagai barang peninggalan kerajaan Perak yang berharga dipamerkan di galeri ini. Untuk kamu yang menyukai wisata sejarah, tentu tidak boleh melewatkan kunjungan ke galeri satu ini.

2. Menara Condong

Menara Condong (Menara Jam Miring) juga termasuk tempat menarik di Perak yang disarankan untuk kamu datangi. Tempat ini sangat ikonik bagi daerah Teluk Intan. Menara ini berusia cukup tua sebab pembangunannya dimulai tahun 1885 oleh tentara Inggris. Tujuan pembuatan menara ini awalnya yaitu sebagai tangki air. Seiring berjalannya waktu, Menara Condong beralih fungsi.

Kini menara tersebut dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Perak. Bentuk bangunan yang mirip dengan menara miring Pisa di Italia menjadi daya tarik tersendiri. Meski usianya lebih dari 100 tahun, Menara Condong masih termasuk kuat dan kokoh. Ada 110 anak tangga yang perlu kamu daki untuk bisa mencapai puncak Menara Condong.

3. Air Terjun Lata Kijang

Bosan dengan hiruk pikuk kota? Cobalah berlibur ke Air Terjun Lata Kijang di Perak. Wisata alam terbaik di Perak ini merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Tinggi air terjun mencapai 850 meter. Saking tingginya, air terjun ini bisa dilihat dari jalan raya Utara-Selatan distrik Chenderiang. Beragam flora dan fauna di sekitar Air Terjun Lata Kijang bisa dinikmati keindahannya.

4. Gua Tempurung

perak 2 - 7 Tempat Menarik di Perak untuk Wisatawan

Sumber: viator.com

5. Sungai Klah Hotspring

Bagi para TKI, rasa penat akibat pekerjaan tentu bisa menjadi beban tersendiri. Cobalah untuk beristirahat sejenak dengan mengambil cuti agar tubuh dan pikiran kembali segar. Kamu bisa menggunakan waktu cuti dengan menyewa villa di Sungai Klah Hotspring, Perak. Tempat menarik di Perak ini sangat cocok untuk bersantai sambil melepas penat.

Letak Sungai Klah Hotspring tak jauh dari Kota Sungkai. Di sana, ada beberapa sumber mata air panas alami. Selain itu, disediakan pula aneka pilihan kafe untuk melengkapi liburan santaimu. Disarankan untuk datang di hari biasa, sebab pada waktu akhir pekan atau hari libur nasional biasanya Sungai Klah Hotspring ramai pengunjung.

6. Lost World of Tambun

Taman hiburan juga ada, lho, di Perak. Nama taman hiburan tersebut yaitu Lost World of Tambun. Lokasi ini sangat cocok terutama jika dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Berabagai wahana atraksi ditawarkan seperti Amusement Park, Adventure Park, Water Park, Lost World Petting, Tiger Valley, dan Tin Valley. Taman hiburan ini bisa pula dikunjungi pada malam hari. Kamu dapat mencoba mandi air hangat setelah seharian lelah menjelajah wahana taman bermain.

7. Pulau Pangkor

pulau pangkor - 7 Tempat Menarik di Perak untuk Wisatawan

Sumber: tripadvisor.com

Perak juga menawarkan tempat snorkeling yang bisa dikunjungi yaitu Pulau Pangkor. Terletak di sebelah barat Semenanjung Malaysia, Pulau Pangkor bisa dijadikan tujuan wisata alam. Ada banyak resort serta penginapan indah yang bisa dipilih. Selain itu, berbagai aktivitas menarik bisa dicoba seperti memancing, olahraga air, atau bahkan sekadar bersantai di pinggir pantai. Ada pula sisa bangunan benteng Belanda di Teluk Gadung yang bisa dikunjungi sebagai wisata sejarah Pulau Pangkor.

 

Itu dia 7 tempat menarik di Perak yang wajib kamu kunjungi terutama bagi para TKI. Tentu sangat disayangkan jika selama tinggal di Malaysia belum pernah berwisata ke Perak. Tempat mana yang ingin kamu kunjungi pertama? Selama masa pandemi COVID-19, pastikan kunjunganmu tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan demi terhindar penularan virus.

Selama di Malaysia, kamu tetap bisa kirim uang ke Indonesia dengan lancar menggunakan aplikasi Qelola. Dijamin tidak ada tambahan biaya, lho! Selain itu, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk keperluan pembayaran lainnya. Kamu bisa melakukan pembayaran BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Unduh Aplikasi Qelola di Google Play Store sekarang juga. Gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,