8 Tempat Menarik di Kuching Malaysia, Dari Alam Hingga Wahana Bermain

tempat menarik di Kuching

Jika kamu sedang mencari destinasi wisata dengan banyak tempat wisata yang ditawarkan, maka daerah Kuching, Sarawak, Malaysia adalah tujuan yang harus dipertimbangkan. Wilayah Kuching menawarkan berbagai macam objek wisata yang akan mengakomodasi hampir semua kalangan usia dari rombongan liburan kamu. Mulai dari wisata alam untuk anak muda dan dewasa, wahana bermain untuk anak-anak, hingga tempat bersejarah untuk semua usia. Begitu banyaknya tempat wisata yang ada, kami telah memilihkan beberapa rekomendasi tempat wisata yang menarik di Kuching untuk kamu. Simak daftarnya berikut ini.

1.   Borneo Samariang Water Park

Tempat wisata menarik pertama yang dimiliki Kuching adalah Borneo Samariang Water Park. Taman bermain air ini memiliki banyak sekali pilihan wahana yang seru untuk dinikmati bersama keluarga. Beberapa wahana tersebut adalah Family Raft Ride, Crystal Slide, Sky Drop Ride, Canopy Slide, 6 Lanes Racer, hingga Kids Slides & Pool untuk anak-anak. Cukup dengan membayar rata-rata RM25, kamu bisa menikmati wahana di sini sepuasnya sampai jam 18.00.

2.   Museum Sarawak

Rekomendasi selanjutnya adalah museum tertua yang ada di Kuching, Museum Sarawak. Tempat yang memiliki banyak koleksi bersejarah ini dibangun pada tahun 1891 dengan bantuan arsitek asal Perancis, Charles Brooke. Sehingga dari kejauhan, cantiknya bangunan ini akan menarik pandangan. Ditambah dengan taman berbunga di depannya yang membuat bangunan ini seperti istana. Koleksi yang dipamerkan adalah senjata peninggalan penduduk Sarawak serta berbagai kepingan keramik hasil perdagangan abad 11 – 13 Masehi.

3.   Permata Pugu Camping Site

Tempat berikutnya cocok sekali untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan dekat dengan alam, yaitu Permata Tugu Camping Site (gambar pertama). Kamu bahkan tidak perlu membawa tenda sendiri karena pengelola tempat wisata ini menyewakan tenda siap pakai. Mulai dari kapasitas 4 orang hingga paling banyak untuk 10 orang. Karena lengkapnya fasilitas yang diberikan, seperti AC, tempat berkemah ini juga disebut sebagai tempat glamping (glamour camping) yang tepat. Keren, bukan?

4.   Taman Negara Bako

taman nasional bako sarawak - 8 Tempat Menarik di Kuching Malaysia, Dari Alam Hingga Wahana Bermain

Sumber : sitimustiani.com

Wisata alam berikutnya adalah Taman Negara Bako, taman nasional terkecil yang ada di Asia Tenggara. Meskipun begitu, banyak sekali spesies tumbuhan yang ada di sini. Tidak berhenti sampai disitu, Taman Negara Bako juga menjadi tempat hidup bagi lebih dari 150 spesies burung. Dalam 1 tempat ini, kamu bisa mengunjungi air terjun, danau, hingga pantai yang memikat. Untuk menjelajah taman nasional, terdapat 16 jalur yang memiliki tantangannya sendiri. Cocok sekali untuk kamu penikmat tantangan alam yang seru.

5.   Gua Pari Pari

Masih dengan tema wisata alam, Kuching juga memiliki gua bernama Gua Pari-Pari yang aksesnya dekat dengan pusat kota Kuching. Gua Pari-Pari adalah gua batu kapur yang usianya diperkirakan 100.000 tahun. Tak perlu kuatir, seluruh akses untuk menikmati gua ini hanya perlu dilakukan dengan menuruni anak tangga. Bahkan sampai ke dalam sudut gua yang tidak banyak diketahui.

6.   Rumah Panjang Annah Rais Bidayuh

Tempat menarik di Kuching untuk kamu penikmat wisata sosial dan budaya harus merapat ke sini, yaitu Rumah Panjang Annah Rais Bidayuh. Rumah adat ini adalah bangunan tempat tinggal khas suku Bidayuh dan dikenal dengan rumah panjang. Bahkan ketika kamu berkunjung, tarian selamat datang khas suku Bidayuh akan menyambutnya. Selain berinteraksi dengan warganya, kamu juga dapat melihat bagaimana kehidupan mereka sehari-hari, seperti menganyam, memasak, membuat obat herbal, dan sebagainya.

7.   Sarawak River Cruise

Ingin menikmati pemandangan matahari terbenam yang unik? Maka kamu harus mencoba menggunakan wahana Sarawak River Cruise. Dengan transportasi mengasyikkan ini kamu akan menikmati pemandangan matahari terbenam di Sungai Sarawak. Rasakan ketenangan air sungai dan pemandangan senja yang indah. Karena kapal ini akan berlayar pada pukul 15.00, maka sebaiknya kamu sudah siap di tempat pemberangkatan kapal.

8.   Bukit Gondol Kampung Pugu

Tempat menarik berikutnya tidak jauh dari wisata alam namun tidak akan membuat kamu menjelajah terlalu lama. Tempat tersebut adalah Bukit Gondol Kampung Pugu, titik pada ketinggian tertentu yang memungkinkan kamu menikmati pemandangan Kuching dan sekitarnya dengan puas. Selain aksesnya yang mudah dilalui kendaraan dan hanya perlu 5 menit pendakian ringan, Bukit Gondol juga memiliki pantai yang tak kalah indah. Datanglah pada pagi atau sore hari untuk merasakan keindahannya lebih menyeluruh.

Wow! Banyak tempat menarik di Kuching, bukan? Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Kuching yang sayang sekali untuk dilewatkan. Untuk itu, pilih lokasi yang benar-benar ingin kamu kunjungi bersama keluarga dan teman sepermainan. Jika perlu, buatlah itinerary mulai dari sekarang untuk mendukung perjalanan kamu ke Malaysia nantinya. Memiliki fungsi sama, yaitu mendukung kelancaran liburan, aplikasi Qelola hadir untuk urusan keuangan kamu. Dengan Qelola, kamu tidak hanya dimudahkan melakukan transaksi antara Malaysia dan Indonesia saja. Kamu juga bisa membayar tagihan meskipun sedang ada di negara tetangga. Unduh dan install aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , , ,