8 Alternatif Makanan Praktis Untuk Dibawa Liburan

makanan praktis

Mempersiapkan liburan menjadi kegiatan yang penuh dengan semangat dan atmosfer yang menyenangkan. Termasuk merencanakan liburan pada masa sulit seperti saat ini. Tentu kamu akan setuju jika keinginan untuk liburan di luar negeri adalah hal yang paling ditunggu setelah masa sulit ini berakhir. Nah, salah satu tantangan liburan di luar negeri adalah kamu akan mencoba banyak kuliner khas negara tersebut. Sayangnya, ada juga orang-orang yang lidahnya tidak selalu cocok dengan mayoritas menu di negara tersebut. Atau alasan paling mudah, mungkin saja kamu rindu dengan menu Indonesia meskipun sedang berlibur ke luar negeri. Untuk itu, bentuk persiapan liburan yang perlu dilakukan adalah menyiapkan makanan praktis yang bisa dibawa saat liburan. Selain itu, makanan praktis ini juga akan membantu menunda lapar saat perjalanan.

Dalam memilih makanan praktis, pastikan masa simpan makanan tersebut lama. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan makanan tersebut boleh di bawa ke luar negeri, termasuk diperbolehkan masuk pesawat. Simak daftar alternatif makanan praktis yang bisa kamu bawa selama perjalanan dan liburan di luar negeri berikut ini.

1.   Sambal Kemasan Botol

Makanan praktis yang satu ini cocok sekali bagi kamu penggemar sambal level “tidak mantap jika tidak makan dengan sambal”. Benar sekali, sambal kaleng atau kemasan botol adalah makanan pendamping yang susah ditemukan di luar negeri. Apalagi jika sambal favorit kamu menggunakan bahan khas Indonesia, seperti terasi, lombok ijo, dan sebagainya. Dengan membawanya, kamu bisa memiliki “penyelamat” ketika menu di negara tersebut kurang cocok di lidah kamu.

2.   Rendang Kaleng

Siapa yang tidak tau tentang eksistensi rendang? Begitu nikmatnya, rendang menjadi salah satu makanan paling enak di dunia menurut banyak sumber. Makanan khas Indonesia ini pasti akan sulit kamu temukan di luar negeri. Namun, saat ini sudah banyak pengusaha rendang yang membuat kemasan kalengnya agar lebih mudah dibawa kemanapun. Makanan praktis ini akan lebih cocok lagi jika dibawa berkemah.

3.   Abon Daging

Hampir sama dengan rendang, abon daging juga bisa menjadi alternatif makanan praktis yang bisa kamu bawa saat berlibur ke luar negeri. Terlebih lagi sifatnya yang kering, kamu akan lebih mudah membawa dan menikmatinya. Makanan ini juga cocok diaplikasikan ke banyak makanan gurih di berbagai negara.

4.   Yoghurt

Makanan yang mudah dibawa liburan selanjutnya adalah yoghurt. Dengan membawa yoghurt, kamu bisa menahan lapar saat perjalanan panjang harus dilalui. Selain itu, yoghurt juga akan mencegah kamu mengalami sembelit karena sifatnya yang membantu mempertahankan kesehatan pencernaan. Jadi, kamu tidak perlu kuatir siklus buang air besar kamu terganggu. Apalagi jika perjalanan darat kamu cukup panjang.

makanan praktis yoghurt 700x467 - 8 Alternatif Makanan Praktis Untuk Dibawa Liburan

Sumber : freepik.com/nensuria

5.   Camilan

Tentu saja, liburan berarti kesempatan untuk menikmati camilan lebih banyak selama perjalanan. Camilan yang dipilih bergantung pada selera kamu dan rombongan berlibur, seperti coklat, jelly, permen, biskuit, sereal kering yang cocok dipadukan dengan yoghurt, beragam bentuk cemilan lainnya. Dengan membawa camilan, kamu akan terhindar dari kebosanan perjalanan darat yang panjang. Selain itu, kamu juga bisa menikmatinya sambil menikmati pemandangan yang indah di sana.

6.   Roti atau Sandwich

Liburan bukan alasan untuk melewatkan sarapan karena kamu pasti membutuhkan lebih banyak tenaga untuk menjelajahi destinasi wisata tertentu. Salah satu menu yang mudah dibuat dan dibawa ketika berlibur adalah roti dan/atau sandwich (roti isi). Selain menyingkat waktu sarapan, kamu juga bisa membawa makanan praktis ini ketika akan jalan-jalan ke wisata alam yang aksesnya sulit untuk dilewati, seperti gua yang terpencil, air terjun tersembunyi, dan sebagainya. Ide yang menarik, bukan?

7.   Buah-buahan

Selain yoghurt, buah-buahan juga akan sangat membantu kamu memiliki pencernaan yang sehat selama liburan. Apalagi tubuh kita membutuhkan banyak sekali serat, vitamin, dan mineral untuk sehari-hari. Tidak hanya itu, buah juga akan membantu kamu tetap terhidrasi disamping minum air yang cukup. Jika kamu pergi ke tempat berlibur saat musim panas, maka buah adalah makanan praktis yang tak boleh dilewatkan.

8.   Minuman Pencegah Kembung

Perjalanan panjang ke luar negeri melalui jalur apapun akan memungkinkan tubuh kurang enak badan. Gejala ringan yang sering timbul adalah perut kembung. Untuk mencegahnya, kamu bisa membawa minuman pencegah kembung. Beberapa contohnya adalah teh jahe, air kelapa muda, air lemon, yoghurt, dan sebagainya.

Itu tadi adalah beragam makanan praktis yang bisa kamu bawa saat liburan ke luar negeri. Beberapa dari makanan tersebut juga akan menambah keseruan kamu dalam menikmati berbagai destinasi wisata yang ada. Misalnya, kamu bisa menikmati kudapan sambil duduk di pinggir pantai di Malaysia menunggu matahari terbenam. Namun, ada 1 hal lagi yang juga tak boleh diabaikan saat liburan ke luar negeri, yaitu aplikasi transaksi. Qelola menjadi aplikasi yang akan membantu kamu membayar tagihan di Indonesia meskipun kamu sedang berlibur ke luar negeri, khususnya Malaysia. Dapatkan aplikasi Qelola dengan mengikuti tautan ini.

Tags: , , , ,