Pulau Mantanani : Tempat Beragam Aktivitas Seru Saat Liburan

Pulau Mantanani

Pulau Mantanani, salah satu destinasi wisata di Sabah, Malaysia yang tak boleh dilewatkan ketika melakukan liburan. Pemandangan pantai dan pulau yang sedikit terpencil akan memberikan kamu pengalaman yang tak terlupakan. Bahkah tidak berhenti pada pemandangan saja, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru. Keseruan ini juga tidak hanya kamu rasakan sendiri, namun bisa dinikmati bersama keluarga dan rombongan liburan kamu. Mulai dari menjelajahi pantai dan permukaannya hingga penjelajahan bawah laut. Simak daftar rekomendasi aktivitas menarik di Pulau Mantanani berikut ini.

1.   Scuba Diving

Daya tarik utama dari Pulau Mantanani adalah pemandangan bawah lautnya. Jadi, kegiatan pertama yang direkomendasikan tentu saja adalah scuba diving. Begitu turun ke kedalaman tertentu, kamu akan disambut ikan dengan berbagai ukuran dan warna yang menakjubkan. Beberapa diantaranya memiliki ukuran yang besar seperti ikan pari berbintik biru, ikan pari macan, dan sebagainya. Sedangkan untuk ikan ukuran kecil, kamu bisa melihat udang imperial, jaw fish, belut pita, kuda laut, hingga sotong cincin biru, dan sebagainya. Benar-benar pemandangan yang indah.

2.   Snorkeling

Hampir sama dengan scuba diving, snorkeling juga masuk dalam rangkaian kegiatan yang seru dan tak boleh dilewatkan. Terutama jika kunjungan kamu ke Pulau Mantanani memiliki banyak waktu. Manfaat yang diberikan jika kamu snorkeling di pulau ini adalah kamu bisa belajar menyelam dari awal. Sedangkan untuk kamu yang sudah ahli, kamu bisa mengikuti Kursus Penyelam Lanjutan yang diadakan oleh Pusat Menyelam Mari Mari atau PADI.

3.   Memancing

Memancing menjadi kegiatan seru berikutnya untuk menghabiskan waktu berlibur di Pulau Mantanani. Apabila kamu sudah terbiasa memancing, kamu akan tertantang untuk mendapatkan ikan dengan ukuran yang besar. Benar-benar pengalaman yang tak terlupakan. Kamu juga bisa didampingi oleh nelayan penduduk asli Pulau Mantanani pada sore hari.

4.   Matahari Tenggelam

sabah sunset mantanani island - Pulau Mantanani : Tempat Beragam Aktivitas Seru Saat Liburan

Bicara soal sore hari di pantai milik Pulau Mantanani, tentu saja menyaksikan pemandangan matahari terbenam menjadi topik menarik. Bagi kamu penikmat senja, kamu bisa bersantai di bibir pantai sejak sore hari sambil menunggu langit yang berubah warna. Cuaca yang cerah akan memberikan pengalaman yang lebih memuaskan pandangan.

5.   Berkemah

Hal menarik setelah matahari terbenam berlanjut jika kamu memutuskan untuk berkemah di Pulau Mantanani. Pengelola wisata menawarkan tanah lapang yang cukup luas dan dekat sekali dengan pantai. Jadi, kamu bisa membayangkan bukan? Tidur dan bangun dengan lulabi dan alarm dari suara ombak akan memberikan pengalaman yang berharga. Tenang saja, kamu juga dapat mengakses fasilitas toilet dan air bersih di sini.

6.   Pantai Malam Hari

Dengan berkemah, kamu akan menikmati pemandangan dan suasana pantai di malam hari yang jauh berbeda dengan siang hari. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama menawarkan suasana yang anti mainstream. Kamu bisa mendengar burung hantu Scop Scop, salah satu spesies yang hanya ditemukan di pulau ini. Serta pemandangan kawanan kunang-kunang yang berkeliaran di sekitar pantai.

7.   Plankton Biru

Masih berkaitan dengan pemandangan malam hari, kamu juga bisa ikut menyaksikan fenomena alam yang langka. Fenomena yang dimaksud adalah bibir pantai yang menyala dengan warna biru. Nama ilmiah dari hal ini adalah bioluminescence atau Plankton Biru. Untuk mendapatkan momen ini, kamu bisa mengunjungi Pulau Mantanani antara bulan Maret dan Juli.

8.   Voli Pantai

Kegiatan pagi atau sore hari di pantai yang melibatkan banyak orang akan menambah keseruan kamu dan teman-teman atau keluarga saat liburan. Salah satunya adalah bermain voli pantai. Kamu bisa mengajak rombongan kamu melawan rombongan wisatawan lain atau bisa juga melawan penduduk sekitar yang mungkin berkunjung. Pengalaman unik yang akan menambah keseruan liburan kamu.

9.   Kayak

14 - Pulau Mantanani : Tempat Beragam Aktivitas Seru Saat Liburan

Sumber : mylittleadventure.pt

Selain voli pantai, kamu dan pasangan juga bisa menikmati olahraga air yang menantang seperti bermain kayak. Dengan menaiki kayak, kamu bisa menikmati lautan lebih dekat. Beningnya air laut juga akan membuat kamu seperti berlayar di atas kaca. Tentu saja pemandangan bawah laut akan menjadi bonus kegiatan ini.

10.   Hutan

Pulau Mantanani juga memiliki hutan yang tidak terlalu besar namun kelebatannya cukup menantang untuk dijelajahi. Agar tidak tersesat, kamu bisa mengajak penduduk asli Pulau Mantanani sebagai petunjuk arah. Dengan begitu, kamu tidak hanya mengenali alam pulau ini, tapi juga sedikit banyak akan mengenal budaya penduduk asli melalui interaksi yang terjalin.

Dengan mengetahui banyaknya hal menarik di Pulau Mantanani di atas, kamu tentu akan lebih semangat merencanakan liburan ke Malaysia. Meskipun situasi sedang kurang mendukung, membuat itinerary liburan dari sekarang akan sangat bermanfaat. Persiapan lain sebelum liburan adalah memiliki alat transaksi yang mudah antara Malaysia dan Indonesia. Qelola hadir untuk memberikan pelayanan tersebut sekaligus membayar banyak tagihan di Indonesia meskipun kamu sedang ada di Malaysia. Dapatkan Qelola saat ini juga dengan mengikuti link ini.

Tags: , , , ,