Tips Bagi Mahasiswa Baru Dalam Memulai Perkuliahan

mahasiswa baru

Apakah kamu termasuk mahasiswa baru yang akan memulai pendidikan tahun ini? Jika iya, pertama, kami mengucapkan selamat. Kedua, kami bantu kamu untuk memulai perkuliahan dengan cara yang mengasyikkan. Memulai hal baru memang bukan hal yang penuh dengan hal menyenangkan. Ada rasa gelisah, takut, dan rasa ingin mengetahui lebih banyak hal dan lingkungan baru. Meskipun begitu, kamu tidak perlu menghindari ketakutan tersebut. Salah satu caranya adalah menerapkan tips dan trik memulai hidup sebagai mahasiswa baru. Simak penjelasannya berikut ini.

A.      Kehidupan Awal Kuliah Secara Garis Besar

Tahun pertama perkuliahan mungkin akan menjadi tahun yang berat. Kamu akan merasakan pola atau skema pendidikan yang jauh berbeda dengan saat sekolah menengah. Pertama, materi perkuliahan tidak sepenuhnya didapatkan dari dosen di dalam kelas. Jadi, inisiatif mencari materi tambahan di luar kelas akan sangat dibutuhkan. Mulai dari memperbanyak membaca buku dan penelitian-penelitian terdahulu hingga berdiskusi dengan teman akan membantu kamu mengumpulkan lebih banyak ilmu.

Kedua, tugas-tugas yang diberikan dalam perkuliahan mungkin akan terasa lebih berat karena membutuhkan dasar argumen yang lebih detail dan mendalam. Selain itu, banyak aturan penulisan ilmiah yang harus kamu perhatikan. Namun hal ini tidak akan menjadi masalah berarti jika kamu sudah terbiasa menggunakannya saat sekolah menengah.

Ketiga, tentu saja tantangan terbesar dalam memulai dunia pendidikan tinggi adalah beradaptasi dengan lingkungan pergaulan. Memiliki teman di berbagai kegiatan kampus akan sangat membantu kamu menghadapi suasana dan atmosfer yang benar-benar baru. Terutama bagi kamu yang akan menjalani kuliah di luar negeri, teman menjadi hal yang penting. Selain membantu melewati masa perkuliahan, teman juga secara tidak langsung akan membantu kamu menemukan jati diri dan mengembangkan pribadi kamu. Jadi, memilih teman akan menjadi skill yang sangat diperlukan.

B.      Menyiasati Kesulitan Satu Per Satu

mahasiswa baru 2 700x467 - Tips Bagi Mahasiswa Baru Dalam Memulai Perkuliahan

Sumber : freepik.com/drobotdean

Dalam menghadapi tantangan dan kesulitan yang ada, kami akan memberikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan saat memulai perkuliahan.

1.  Materi Perkuliahan

Dalam mengumpulkan lebih banyak materi perkuliahan, kamu bisa menggunakan waktu senggang diantara jam kuliah atau saat jadwal kuliah selesai. Beberapa kampus tidak menerapkan jam belajar yang terlalu lama sehingga kamu bisa menggunakan sisanya untuk pergi ke perpustakaan atau menemukan lebih banyak materi online. Jika kamu terlalu mengantuk untuk membaca, kamu bisa melakukan diskusi dengan teman kelas.

2.  Tugas Kuliah

Tugas kuliah sering diberikan segera setelah jam kuliah berakhir, kamu juga harus segera mengerjakannya meskipun batas waktu pengumpulan masih beberapa hari. Dengan membiasakan mengerjakan tugas sesegera mungkin, kamu akan terhindar dari penumpukan tugas pada waktu tertentu. Karena perlu kamu ketahui juga bahwa sudah menjadi hal biasa untuk memiliki 5 atau lebih tugas dalam 1 minggu. Apalagi saat masa-masa ujian semakin dekat. Jadi, lebih baik menyelesaikannya lebih awal, bukan?

3.  Mencari Teman

Mencari teman mungkin menjadi hal yang mudah bagi sebagian mahasiswa baru. Namun tidak sedikit pula yang merasa bingung atau canggung untuk memulai interaksi. Berikut ini adalah beberapa tips mendapatkan teman kuliah yang mudah:

  • Bergabung Dengan Banyak Klub Universitas

Klub universitas memiliki peran yang hampir sama dengan kegiatan ekstrakurikuler di SMA. Namun klub ini lebih beragam jenisnya, mulai dari kegiatan olahraga hingga penelitian. Coba ikuti salah satu atau beberapa klub yang kamu minati lalu carilah teman dari klub tersebut. Pertemanan akan dengan mudah terjalin jika kalian memiliki hobi dan minat yang sama. Obrolan menjadi lebih nyaman dan mengalir.

Selain itu, dengan mengikuti klub kamu akan lebih banyak mendapat tawaran mengikuti berbagai kegiatan universitas. Karena beberapa acara universitas kadang lebih cepat diberitakan dari klub-klub yang berkaitan. Dari berbagai acara itulah kamu bisa mencari teman dengan karakter yang lebih beragam.

  • Jangan Ragu Mengajak Makan Bersama

Makan bersama adalah salah satu cara membuka diri dengan orang lain. Kamu dapat mengajak makan bersama beberapa teman di tempat makan sekitar kampus yang terkenal enak. Bisa juga dengan mengajak mereka makan bersama di tempat tinggal kamu. Biasanya obrolan menjadi lebih fleksibel, termasuk yang berkaitan dengan materi perkuliahan.

  • Gunakan Media Sosial Untuk Memperbarui Berita Seputar Perkuliahan

Ketika kamu sudah memiliki beberapa teman, temukan mereka juga di media sosial. Sosial media akan membantu kamu untuk terus memperbarui informasi terkait lingkungan perkuliahan. Bisa jadi beberapa kegiatan terbaru mereka mengizinkan kamu untuk bergabung. Sehingga nantinya kamu bisa menambah lebih banyak teman. Selain itu, sosial media juga akan membantu kamu menemukan acara atau kegiatan universitas yang mengasyikkan sekaligus bermanfaat untuk dihadiri.

C.      Catatan Bagi Kamu Mahasiswa Baru yang Kuliah di Luar Negeri

Banyak yang bilang bahwa kuliah di luar negeri membutuhkan banyak keahlian khusus, terutama dalam bidang bahasa. Jika kamu kuliah di negara yang basis komunikasinya menggunakan bahasa Inggris mungkin akan lebih mudah. Namun kamu tidak perlu kuatir juga jika negara tujuan kuliah kamu memiliki bahasa lokal yang masih banyak digunakan.

Syarat untuk kuliah di luar negeri biasanya hanya membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Bahasa lokal bukanlah sebuah kewajiban. Meskipun memang akan menjadi nilai plus bagi kamu selama hidup di sana. Kebanyakan universitas juga memiliki pengantar kuliah dengan bahasa Inggris sehingga kamu tak perlu khawatir. Cukup dengan mempelajari bahasa lokal yang sederhana dan sering digunakan akan membantu kamu beradaptasi. Nantinya kamu akan memiliki kemampuan menggunakan bahasa lokal seiring berjalannya waktu berinteraksi dengan warga lokal selama belajar di negara tersebut.

Kehidupan kampus memang tidak selalu mengasyikkan, namun juga tidak selalu buruk. Banyak hal menarik dan menantang yang harus kamu jelajahi. Karena masa-masa awal perkuliahan adalah waktu yang tepat untuk menemukan apa yang kamu sukai dan mampu untuk melakukannya. Tidak sedikit mahasiswa baru yang menemukan jati diri dari proses menjelajah banyak hal pada awal perkuliahan. Untuk mendukung semua kegiatan perkuliahan kamu di luar negeri, gunakan aplikasi Qelola. Selain mempermudah dalam transaksi, Qelola juga membantu kamu memenuhi kebutuhan pulsa dan jaringan internet dalam satu genggaman. Download Qelola dengan mengikuti link berikut ini.

Tags: , , , ,