Sertifikat Vaksin Bagi Pekerja, Ini Fungsi dan Cara Ceknya!

bukti sertifikat vaksin

Kasus lonjakan penularan virus corona membuat banyak pihak berupaya melakukan percepatan vaksinasi. Hal ini sebagai solusi mengurangi tingkat kematian akibat tertular virus Covid-19. Semua negara sedang memprioritaskan warganya untuk segera melakukan vaksinasi karena terbukti bisa mengurangi risiko kematian. Vaksinasi menjadi penting dan sesegera mungkin untuk bisa dilakukan. Beberapa varian vaksin yang tersedia memiliki hasil yang baik untuk mencegah penularan virus corona. Oleh karena itu, penting untuk kamu bisa segera mendapatkan vaksinasi terutama jika kamu akan bekerja ke luar negeri. Vaksinasi terbagi menjadi 2 tahap sehingga membutuhkan waktu supaya kamu bisa mendapatkan sertifikatnya. Berikut ini beberapa fungsi sertifikat vaksin yang bisa kamu rasakan!

Fungsi Sertifikat Vaksin

perjalanan businessinsiderdotcomdotau 700x525 - Sertifikat Vaksin Bagi Pekerja, Ini Fungsi dan Cara Ceknya!

sumber : businessinsider.com.au

Jika kamu sudah menjalani vaksinasi, maka kamu berhak mendapat bukti berupa sertifikat vaksin. Tentu saja, untuk mendapatkan sertifikat, kamu harus sudah menempuh 2 kali vaksinasi. Jika sudah melakukan vaksinasi tahap 2, maka kamu akan mendapat sertifikat online sebagi bukti dan berguna sebagai tanda dan syarat aktivitas. Berikut ini fungsi sertifikat vaksin yang bisa kamu rasakan, apa saja?

Perjalanan

Sertifikat vaksin berguna sebagai syarat untuk melakukan perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Pemerintahan Malaysia dan Singapura memberlakukan penunjukkan sertifikat vaksin untuk masuk dan melakukan perjalanan antar kedua negara. Jika kamu telah memilikinya, maka kamu tergolong aman untuk bisa beraktivitas dalam 2 negara ini. Tapi ingat, tetap lakukan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko tertular.

Syarat Masuk Mall

Sudah lama sejak pandemi, beberapa pusat perbelanjaan tutup karena adanya pembatasan aktivitas. Beberapa waktu ini, sudah ada perubahan aturan, sehingga kamu bisa kembali mengunjungi pusat perbelanjaan atau mall. Syarat untuk masuk ke dalam mall adalah bisa menunjukkan sertifikat vaksin yang kamu miliki. Hal ini untuk mengurangi risiko kluster baru kasus penularan Covid-19 pada pusat perbelanjaan. Beberapa mall sudah bisa kamu kunjungi dan memiliki sistematisasi ketika akan memasuki bangunan. Jika sudah vaksin 2 kali dan kamu bisa menunjukkan, maka kamu aman dan boleh masuk.

Menghadiri Acara

Kapan terakhir kali kamu menghadiri acara tertentu seperti pernikahan? Selama kondisi pandemi, mungkin kamu melewatkan banyak acara penting karena takut tertular tamu undangan yang lain. Namun sekarang, dengan sertifikat vaksin, kamu bisa memiliki bukti bahwa kamu sudah tervaksin 2 kali dan bisa mengikuti acara sesuai protokol kesehatan.

Makan di Resto

Pembatasan aktivitas sosial pada masyarakat memiliki dampak pada hampir semua sektor ekonomi. Termasuk pada para pelaku usaha makanan atau resto. Selama pandemi kamu memiliki batasan waktu makan atau waktu berada di sebuah kedai makan karena bahaya yang masih mengancam. Namun, dengan sertifikat vaksin, kamu bisa membuktikan bahwa kamu dalam keadaan sehat dan sudah tervaksinasi penuh.

Mengunjungi Salon

Pergi ke salon untuk menata rambut atau melakukan perawatan tubuh tentu menyita waktu. Belum lagi ketika harus antri karena salon penuh. Sertifikat vaksin harus selalu kamu bawa agar kamu bisa menunjukkan bila diperlukan. Tak terkecuali salon, jika kamu menggunakan salon yang berada di mall, tentu kamu juga membutuhkan sertifikat vaksin untuk memasuki mall.

Masuk Pasar

Mengunjungi pusat perbelanjaan atu pasar juga memiliki risiko tersendiri pada penularan Covid-19. Sertifikat vaksin yang kamu miliki bisa menjadi bukti jika sewaktu-waktu ada sidak dari instansi berwenang atau pengelola pasar. Hal ini penting agar kamu terbebas dari risiko terkena denda karena belum tervaksinasi namun sudah mengunjungi tempat umum.

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin

cara gizmologidotid 700x462 - Sertifikat Vaksin Bagi Pekerja, Ini Fungsi dan Cara Ceknya!

sumber: gizmologi.id

Jika kamu akan pergi ke luar negeri, maka segala persyaratan untuk bisa lancar berangkat salah satunya adalah adanya sertifikat vaksin. Kamu bisa mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 dengan beberapa tahap berikut:

  • Mengunduh Aplikasi PeduliLindungi melalui Playstore dan iOs.

  • Buat akun baru jika kamu belum pernah mengakses aplikasi ini dan isi Nama Lengkap serta Nomor Handphone

  • Tunggu proses verikasi ke nomor handphone yang sudah kamu tulis. Kemudian masukkan kode OTP yang terkirim via SMS sesuai kolom yang ada dalam aplikasi verifikasi PeduliLindungi.

  • Kamu bisa melakukan pengecekan sertifikat vaksinasi, dengan klik Menu ‘Profil’ di sebelah kanan kolom.

  • Lalu klik menu “Cari zonasi” sesuai dengan alamatmu. Pada menu profil, terlihat Menu “Sertifikat vaksin” dan klik menu tersebut.

  • Kemudian pilih Menu “Periksa”, sesuai dengan perintah yang ada di dalam aplikasi, dengan mengisi NIK dan nomor handphone yang kamu daftarkan untuk vaksinasi tadi. Aplikasi secara otomatis akan menampilkan sertifikat untuk penyuntikan dosis pertama dan kedua.

  • Kamu bisa menyimpan sertifikat dengan melakukan persetujuan untuk menyimpan gambar, dengan klik ‘Ya’. File digital sertifikat vaksinasi akan otomatis terunduh dan tersimpan dalam smartphonemu.

Kamu ujga bisa melakukan kroscek melalui laman website resmi pedulilindungi.id guna cek sertifikat digital yang kamu miliki, dengan cara berikut:

  • Buka website https://pedulilindungi.id/

  • Pencet pada “Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi”

  • Masuk atau login dengan nomor handphone yang telah kamu daftarkan.

  • Tunggu pengiriman kode OTP dari website via SMS. Kode yang terkirim padamu bisa kamu masukkan ke website.

  • Klik pada menu “Sertifikat Vaksin”.

Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi tanpa tipu-tipu untuk kebutuhanmu belajar terkait dunia kerja, TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk transaksi keuangan Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,