Penyakit Ginjal dan Rekomendasi Rumah Sakit Ginjal di Malaysia

dokter operasi - Penyakit Ginjal dan Rekomendasi Rumah Sakit Ginjal di Malaysia

Ginjal memiliki fungsi menyaring darah lalu menghasilkan urine setiap hari.  Selain menyaring darah, ginjal juga menghasilkan enzim renin yang berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh agar tetap normal. Masih banyak lagi fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh. Itulah kenapa kesehatan organ ini juga harus diperhatikan dari sekarang agar terhindar dari penyakit ginjal. Ketika ginjal mengalami gangguan, beberapa fungsinya akan berkurang dan mungkin berhenti. Gangguan ini akan mengganggu fungsi dan kinerja ginjal dalam menyaring racun yang ada di dalam tubuh. Berikut ini adalah gejala penyakit ginjal dan cara mengobatinya. Termasuk rekomendasi rumah sakit di Malaysia untuk pengobatannya.

Gejala Penyakit Ginjal 

Dengan mengetahui gejala yang ada, kamu dapat segera melakukan tindakan tepat guna mengantisipasi akibat yang berkelanjutan. Berikut adalah beberapa gejala dari penyakit ginjal.

Lelah Berkepanjangan dan Sesak Napas

Kelelahan yang berlarut-larut bisa menjadi salah satu dari gejala penyakit ginjal. Menurut penelitian, kelelahan yang berkepanjangan disebabkan oleh ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal tersebut terjadi karena salah satu fungsi ginjal adalah membantu peredaran oksigen dalam tubuh. Apabila produksi tersebut terganggu maka distribusi oksigen juga akan kurang lancar. Hal ini mengakibatkan kondisi tubuh yang lelah secara berkepanjangan dan bahkan sesak napas. 

Bengkak pada Tangan dan Kulit

Adanya gangguan pada ginjal mengakibatkan organ ini tidak dapat menyaring cairan yang ada dalam tubuh dengan maksimal. Karena hal tersebut, terjadilah penumpukan cairan dalam tubuh. Penumpukan cairan ini berdampak pada pembengkakan anggota tubuh seperti pada tangan dan kaki.

Kulit Gatal-Gatal

Seperti yang sempat dituliskan di atas bahwa ginjal berfungsi untuk menyaring racun dalam darah. Apabila ginjal mengalami gangguan yang mengakibatkan fungsi penyaring racun tidak berjalan maksimal, maka hal ini membuat risiko penumpukan racun dalam tubuh meningkat. Salah satu tandanya adalah timbul gatal-gatal pada kulit. Meskipun gatal ini menjadi gejala yang sangat umum bagi penyakit lain, namun perlu juga diwaspadai sebagai gejala penyakit ginjal. Terlebih lagi jika mengalami lanjutan seperti poin setelah ini.

Gangguan Pencernaan

Seperti yang telah disampaikan di poin sebelumnya mengenai penumpukan racun, hal tersebut juga akan mengakibatkan sakit perut, mual, dan muntah. Dengan kondisi pencernaan yang demikian, maka nafsu makan pun juga akan terganggu. Gejala lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah frekuensi buang air kecil yang lebih banyak daripada biasanya. Selain itu, ginjal juga berperan besar dalam sistem pencernaan. Sehingga ketika ada masalah pada ginjal, sistem pencernaan akan menunjukkan respon gejala.

Pengobatan Penyakit Ginjal 

Pengobatan penyakit ginjal sangat bergantung pada tingkat keparahannya. Pada kebanyakan kasus, gangguan dengan gejala ringan akan dianjurkan untuk menjalani terapi sederhana atau mengonsumsi obat darah tinggi karena tekanan darah yang tinggi akan mengganggu fungsi ginjal. Sedangkan untuk penyakit dengan gejala yang berat akan dianjurkan menjalani penanganan lanjutan. Hal ini bergantung pada hasil diagnosis sebelumnya. Terdapat 2 kategori besar dalam mengobati penyakit ginjal. Pada umumnya terdapat 2 spesialis untuk menangani penyakit ginjal.

1.      Spesialis Urologi

Spesialis urologi akan menangani gangguan ginjal struktural dan anatomi ginjal serta kandung kemih. Baik itu melalui operasi maupun pengobatan yang intensif. Beberapa penyakit yang masuk kategori ini adalah batu ginjal, penyumbatan ginjal, kanker ginjal, dan lain-lain.

2.      Spesialis Nefrologi

Sedangkan untuk spesialis nefrologi akan menangani gangguan fungsi ginjal. Biasanya pengobatan untuk penyakit ini memerlukan terapi sederhana. Mulai dari memperbanyak minum air putih, menjalani diet sehat, dan sebagainya. Contoh gangguan fungsi ginjal adalah diabetes, gagal ginjal kronis, dan sebagainya. 

sunway medical centre 700x464 - Penyakit Ginjal dan Rekomendasi Rumah Sakit Ginjal di Malaysia

Sumber: smarthelath.id

Rekomendasi Rumah Sakit Penyakit Ginjal di Malaysia 

Malaysia menjadi salah satu negara favorit untuk mendapatkan layanan kesehatan. Termasuk untuk menjalani pengobatan penyakit organ dalam. Selain alat kesehatan yang canggih, pelayanan yang diberikan juga memuaskan. Berikut ini adalah rekomendasi rumah sakit penyakit ginjal di Malaysia. 

1.      Sunway Medical Center, Selangor

Sunway Medical Center Malaysia memiliki 180 klinik dokter spesialis, termasuk spesialis penanganan penyakit ginjal. Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah adanya 12 kamar operasi sehingga penanganan pasien akan lebih cepat. Selain itu, alat penunjang lainnya adalah robot bedah yang memiliki tingkat akurasi sangat baik sehingga dapat mempercepat waktu pemulihan pasien. Untuk rekomendasi dokter spesialis urologi, kamu bisa bertemu dengan Dr. Badrulhisham Bahadzor. Sedangkan spesialis nefrologi kepada Dr. Thiruventhiran Thilaganathan.

2.      Island Hospital, Penang

Island Hospital di Penang juga memiliki dokter spesialis penyakit ginjal yang tak kalah berkualitas. Selain itu, dokter di rumah sakit ini juga mampu melayani kamu dengan bahasa Indonesia. Jadi, tidak perlu khawatir kamu akan sulit berkomunikasi. Dengan 300 kamar pasien, kamu akan mendapatkan pengobatan penyakit ginjal dengan cepat. Kamu dapat bertemu dengan Dr. Goh Huck Keen atau Dr. Michelle Kao Pei Ching.

Untuk mempermudah transaksi keuangan selama pengobatan penyakit ginjal di Malaysia, kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola dan segala fitur di dalamnya. Bahkan tidak hanya melakukan pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia, Qelola juga mampu membantu kamu membayar tagihan di Indonesia meskipun sedang ada di Malaysia. Dapatkan aplikasi Qelola melalui tautan berikut ini.

Tags: , , , ,