Keunikan Stadium Bukit Jalil Malaysia dan Objek Wisata di Sekitarnya

stadium bukit jalil

Stadion merupakan sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menangani acara olahraga seperti sepak bola, acara atletik, dan lain sebagainya. Di dalamnya terdapat lapangan atau panggung yang dikelilingi oleh tempat berdiri atau tempat duduk penonton. Sebagian besar stadion modern memiliki atap di atas kursi penonton, namun ada juga stadion yang tidak memiliki atap sama sekali. Ada juga stadion yang dibangun sesuai dengan ciri khas suatu negara yang unik untuk mewakili budaya suatu negara tersebut, seperti Stadium Bukit Jalil Malaysia.

Stadium Bukit Jalil yang terletak di Bukit Jalil, Kuala Lumpur adalah stadion terbesar di Malaysia yang mampu menampung hingga 100 ribu penonton sekaligus. Stadion ini dibangun dengan fitur khusus yang mencerminkan keunikan Malaysia. Bahkan menariknya lagi, stadion ini telah ditingkatkan menjadi Kuala Lumpur Sports City dan pusat olahraga terintegrasi yang mencakup infrastruktur kelas dunia termasuk fasilitas pelatihan berkinerja tinggi, pusat rehabilitasi ilmu olahraga, taman remaja, fasilitas umum, pusat konvensi, hingga pusat perbelanjaan. Jika diperhatikan, desain baru Stadium Bukit Jalil terlihat seperti Allianz Arena di Munich, Jerman.

Meraih Penghargaan Terbaik di Dunia

qelola 1 3 - Keunikan Stadium Bukit Jalil Malaysia dan Objek Wisata di Sekitarnya

sumber: unsplash

Stadium Bukit Jalil berhasil menyisihkan reputasi Stade de France untuk meraih penghargaan stadion terbaik tahunan dalam Kongres Penghargaan Stadion Dunia 2018 di Amsterdam, Belanda. Stadium Bukit Jalil dinobatkan sebagai stadion tahunan terbaik untuk kategori stadion yang ada. Salah satu tempat ikonik di Malaysia ini telah menjalani proses peningkatan yang menelan biaya total RM1,6 miliar, termasuk pengembangan Kuala Lumpur Sports City. Ini merupakan kali pertama Stadium Bukit Jalil meraih penghargaan setelah menjalani proses upgrading di bawah pengawasan Stadium Malaysia Corporation (PSM). Berdasarkan catatan, Stadium Bukit Jalil pernah masuk dalam nominasi World Architecture Award tapi gagal mendapatkan penghargaan tersebut.

8 Destinasi Sekitar Stadium Bukit Jalil

qelola 2 3 - Keunikan Stadium Bukit Jalil Malaysia dan Objek Wisata di Sekitarnya

sumber: unsplash

Bicara soal Malaysia, tentunya tak lepas dari lokasi wisata atau tempat berbelanja yang bisa dijelajahi. Nah, berikut ini ada beberapa tempat di sekitar Stadium Bukit Jalil yang mungkin baru sebagian orang mengetahuinya. Apakah kamu termasuk salah satunya?

1. Parliament House

Terletak hanya 0,5 km dari Bukit Jalil dan dekat Monumen Kuala Lumpur, Parliament House dibangun pada tahun 1959 silam. Gedung berwarna putih ini merupakan satu-satunya bangunan di kawasan ini yang dikelilingi oleh pemandangan yang indah, berseberangan dengan taman Danau dan Monumen Nasional. Namun sayangnya tidak sembarang orang bisa masuk dengan mudah. Untuk mendapatkan ijin masuk, kamu perlu mendaftar secara online terlebih dahulu. Setelah mendapatkan undangan resmi via email, barulah kamu diperbolehkan masuk dengan pengawalan tentunya.

2. Wisata Kuliner

Rasanya hampir semua orang doyan makan, apalagi di tempat yang baru dikunjungi yang pastinya punya citarasa tersendiri. Di Malaysia, kamu bisa menuju jalan Kuala Lumpur 47400, 8,1 km dari Bukit Jalil, Malaysia, di mana aneka makanan dan jananan dibuka mulai 09:00 – 20:00 waktu Malaysia. Sedangkan untuk keceriaan dan menambah pengetahuan, silakan berkunjung ke 10-1-1 Queens Avenue Jalan Bayam, Cheras, Kuala Lumpur 55100 Malaysia yang berjarak 6,9 km dari Bukit Jalil.

3. Roller Sports World

Bagi kamu yang suka sedikit tantangan, kamu bisa mencoba olahraga skating terbesar di Malaysia. Lokasi ini buka Senin sampai dengan Minggu dari pukul 10.00 sampai 10.00 malam. Di sana tersedia fasilitas Locked, area Cafe & Juice Bar. Alamat lengkapnya adalah di No. 1 Jalan 1 / 149e | R-001, Lantai 7 Endah Parade, Taman Sri Endah , Kuala Lumpur 57000, Malaysia.

4. Islamic Arts Museum Malaysia

Berada di Jalan Lembah, Kuala Lumpur 50480 Malaysia 9,3 km dari Bukit Jalil, Islamic Arts Museum Malaysia adalah museum cantik, nyaman dan sejuk, penuh dengan informasi tentang seni dan sejarah Islam khususnya sejarah Islam di Malaysia.

5. Escape Room

Berlokasi di Berjaya Times Square Hotel & Convention Centre No. 1 Jalan Imbi 07-96, 7th Floor, Entertainment Podium, Kuala Lumpur 55100 Malaysia, Escape Room sangat cocok bagi kamu yang suka tantangan. Escape Room merupakan game escape Real-Life PERTAMA GOLDEN TRIANGLE Kuala Lumpur (Berjaya Times Square). Escape Room akan memberikan pengalaman bermain interaktif di mana pemain secara fisik akan berada di dalam dunia misterius yang penuh dengan teka-teki dan kode yang menarik. Tantangannya adalah kamu  harus melalui lorong yang penuh dengan berbagai tantangan dan harus selesai dalam 45 menit!

6. Thean Hou Temple

Berlokasi di 65 Persiaran Endah Off Jalan Syed Putra, Kuala Lumpur 50460 Malaysia, Kuil Candi Cina berukir indah ini didedikasikan untuk Ratu Surga, Thean Hou. Candi ini meminjam dari tradisi Budha, Tao, dan juga Konghucu.

7. Kuala Lumpur Bird Park

Seperti namanya, Kuala Lumpur Bird Park menyediakan berbagai jenis burung yang sangat apik berada di taman ekowisata. Jumlah burung yang ada di sana adalah sekitar 3.000 ekor burung. Lokasinya ada di 920 Jalan Cenderawasih, Taman Tasik Perdana , Kuala Lumpur 50480, Malaysia.

8. Sri Maha Mariamman Temple

Berlokasi di 163 Jalan Tun HS Lee, Kuala Lumpur Malaysia, Sri Maha Mariamman Temple berjarak sekitar 9,5 km dari Bukit Jalil. Sri Maha Mariamman Temple ini merupakan Candi India Selatan yang termasuk candi Hindu tertua yang berada di Malaysia. Usia candi ini adalah sekitar 1873 tahun. Kalau kamu ingin memasuki candi, maka diwajibkan untuk melepas alas kaki. Selama berada di dalam candi, kamu bisa menikmati berbagai lukisan dan patung-patung yang indah. Sri Maha Mariamman Temple menjadi salah satu lokasi wisata yang tenang dan sejuk di tengah-tengah hingar-bingarnya kota Malaysia.

Baca juga: Ternyata Hal Menarik Ini yang Bikin Pulau Manukan Jadi Favorit

Sekarang, kamu sudah tahu kan tentang sejarah dan keunikan Stadium Bukit Jalil yang jadi kebanggaan Malaysia? Juga ada daftar tempat wisata di sekitar Stadium Bukit Jalil yang bisa sekalian kamu kunjungi. Berwisata di Malaysia tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Kamu bisa memanfaatkan dompet digital Qelola untuk menyimpan sebagian uangmu agar lebih aman. Dengan Qelola, kamu juga bisa melakukan berbagai macam transaksi pembayaran secara online dengan mudah dan cepat. Cek fitur-fitur yang ditawarkan Qelola, dengan download aplikasinya terlebih dulu.

Tags: , , ,