Hal-hal Menarik yang Bisa Dilakukan Selama Penang Heritage Day

penang heritage day

George Town Heritage Day atau yang juga biasa disebut Penang Heritage Day merupakan hari libur umum regional di Negara Bagian Penang, Malaysia. Penang Heritage Day diperingati pada tanggal 7 Juli setiap tahunnya. Hari libur ini adalah untuk memperingati ulang tahun pengakuan George Town sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tanggal 7 Juli 2008. Inti dari perayaan Penang Heritage Day adalah festival jalanan dengan lebih dari 20 komunitas lokal yang berkumpul untuk berbagi budaya dan tradisi dengan para pengunjung. Lantas, hal menarik apa saja yang dapat dilakukan selama memperingati hari libur tersebut? 

Mengenal Sejarah Penang Heritage Day

qelola 10 2 - Hal-hal Menarik yang Bisa Dilakukan Selama Penang Heritage Day

sumber: pixabay

Didirikan oleh Francis Light dari British East India Company pada tahun 1786 silam. George Town merupakan pemukiman Inggris pertama di Asia Tenggara. Kota ini dinamai oleh Raja Inggris, George III. Pada tanggal 7 Juli 2008, UNESCO memasukkan Melaka dan George Town sebagai situs budaya dalam daftar Warisan Dunia, dengan penjelasan sebagai berikut:

“Melaka dan George Town merupakan kota bersejarah di Selat Malaka yang telah berkembang lebih dari 500 tahun dalam perdagangan dan pertukaran budaya antara Timur dan Barat di Selat Malaka. Pengaruh Asia dan Eropa telah memberikan kedua kota tersebut warisan multikultural tertentu baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Dengan gedung-gedung pemerintah, gereja, alun-alun dan benteng, Melaka menunjukkan tahap awal sejarah yang berasal dari kesultanan Melayu abad ke-15, serta periode Portugis dan Belanda yang dimulai pada awal abad ke-16. Menampilkan bangunan perumahan dan komersial, George Town mewakili era Inggris di akhir abad ke-18. Kedua kota ini merupakan lanskap kota arsitektur serta budaya yang unik tanpa paralel di mana pun di Asia Timur dan Tenggara”.

Hal Menarik Saat Penang Heritage Day

qelola 9 2 - Hal-hal Menarik yang Bisa Dilakukan Selama Penang Heritage Day

sumber: pixabay

Berikut ini ada 8 hal teratas yang bisa dilakukan bersama dengan sahabat atau keluarga selama libur Penang Heritage Day. 

1. Berkunjung ke Rumah Cheong Fatt Tze

Cheong Fatt Tze Mansion diselamatkan dari pembongkaran pada 1990-an dan direnovasi menjadi hotel butik warisan, dengan eksterior biru nila yang luar biasa dan gaya dekoratif Hakka-Teochew. Hotel warisan ini telah ditampilkan dalam film-film internasional seperti film Perancis penghargaan Oscar 1993 Indochine, hingga film 2009 The Blue Mansion, termasuk beberapa dokumenter televisi di jaringan global seperti BBC, CNN, dan The History Channel.

2. Clan Jetties of Penang

Terletak di samping Masjid Kapitan Kling, Clan Jetties saat ini menjadi tempat wisata terkenal. Kamu bisa berjalan-jalan di tepi laut, melakukan pemotretan pemandangan laut, dan bereksperimen dengan berbagai hidangan lokal seperti Tan Jetty Thai Food Restaurant, Jetty Food Court, dan mini-mart, serta kedai makanan lainnya yang dibangun di sepanjang dek kayu tua di jalur dermaga.

3. Fort Cornwallis

Benteng terbesar di Malaysia ini pernah menjadi basis pertahanan melawan Perancis selama Perang Napoleon, militeris Kedah, hingga bajak laut. Didirikan pada tahun 1786 silam, benteng ini dibangun di dekat Esplanade dan Menara Jam Penang, yang berisi berbagai pameran prasejarah. Seperti patung perunggu Captain Francis Light, sel penjara, area penyimpanan senjata militer, dan lampu pelabuhan yang sebelumnya digunakan untuk memberi sinyal masuk laut. 

4. Kek Lok Si Temple

Kuil Kek Lok Si merupakan sebuah ikon untuk Kuil Buddha terbesar di Malaysia. Yang terdiri dari beberapa biara, kuil, dan taman yang sangat indah. Salah satu daya tarik terbesar dari kuil ini adalah patung perunggu Guanyin (Kuan Yin) setinggi 36 meter. Dan pagoda Rama VI setinggi 30 meter.

5. Penang Botanical Garden

Terkenal secara publik sebagai Penang Waterfall Garden, taman yang dibangun oleh Inggris pada tahun 1884 ini adalah taman tambang yang dibagi menjadi 12 bagian:

  • Aroid Walkaway
  • Rumah Kaktus
  • Rumah Pakis
  • Bebatuan Pakis
  • Taman Formal
  • Pusat Hortikultura
  • Kolam Lily
  • Pembibitan
  • Orchidarium
  • Rumah Tanaman Perdana
  • Taman Rekreasi Tambang
  • Jalur Hutan Hujan Tropis

6. Penang National Park

Taman Nasional Penang diberi label sebagai taman terkecil di dunia, yaitu dengan luas total hampir 25 kilometer persegi. Namun taman yang berisi sekitar 410 spesies flora dan 143 spesies fauna ini, secara ketat dilindungi oleh undang-undang Taman Nasional 198. Dan secara resmi telah diumumkan sebagai taman nasional pada tahun 2003. Selain trek hutan khas taman, kamu juga dapat reservasi tempat untuk berkemah dengan Kantor Margasatwa di Teluk Bahang. Selain itu, kamu juga bisa berenang di air terjun dan kolam renang umum. Atau bisa juga naik perahu ke Pantai Monyet dari Dermaga Teluk Bahang. Serta mengunjungi penangkaran penyu yang terletak di Pantai Teluk Ailing.

7. Penang Street Arts

Dewan negara bagian Penang telah mempekerjakan seniman Lithuania yang dilatih di London selama tahun 2012. Dialah Ernest Zacharevic, yang merancang suasana mural jalanan di sekitar bagian interior kota Georgetown dan rumah toko antik Cina. Proyek tersebut telah sukses besar. Karena mural seni jalanan menarik ratusan turis dan warga lokal untuk mengunjungi dan mengambil foto di sekitar jalur kota terdalam di George Town.

8. Warung jajanan pinggir jalan

Selain destinasi warisan sejarah, Penang juga merupakan surga makanan. Dengan perpaduan masakan lezat dari berbagai latar belakang budaya multinasional penduduk lokal yang tinggal di Penang. 

Baca juga: Inilah Deretan Tempat Menarik di Muar yang Bikin Penasaran

Baik bagi orang Penang, atau orang lokal luar negeri yang berencana mengunjungi Penang suatu hari nanti, semoga informasi di atas bermanfaat. Sekarang, kamu jadi bisa melihat berbagai atraksi menarik di Penang yang berbeda dari tempat wisata negara bagian lain di seluruh Malaysia, bukan?

Tinggal di Malaysia dalam jangka waktu tertentu, tentu kamu akan membutuhkan aplikasi Qelola untuk urusan kirim uang antar negara, dan bayar berbagai macam tagihan. Dengan fitur yang lengkap dan terpercaya, rasanya tidak ada alasan lagi untuk tidak download aplikasi Qelola.

Tags: , , ,