5 Air Terjun Paling Indah di Malaysia yang Wajib di Coba

waterfal 1 - 5 Air Terjun Paling Indah di Malaysia yang Wajib di Coba

Malaysia memiliki banyak tempat wisata alam yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah air terjun. Ada banyak air terjun di Malaysia yang indah dan memiliki pesona tersendiri. Berikut kami berikan daftar air terjun terkenal yang menjadi fokus wisatawan untuk liburan, piknik bersama keluarga, mandi atau bersantai untuk menenangkan pikiran.

Air Terjun Sungai Chiling

waterfal 2 700x467 - 5 Air Terjun Paling Indah di Malaysia yang Wajib di Coba

sumber : pexels

Sungai Chiling adalah salah satu air terjun yang menarik di Malaysia. Bisa dibilang, salah satu yang paling populer di Selangor. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahannya. Namun, tempat ini mungkin tidak cocok untuk mereka yang memiliki anak kecil atau bayi. Hal ini disebabkan karena kamu harus menyeberangi sungai sebanyak lima kali sebelum sampai di tempat tujuan.

Jika air laut sedang pasang, air sungai bisa naik setinggi pinggang dan bahkan menghasilkan arus air yang deras. Di sana juga ada penangkaran ikan. Mereka yang tertarik dengan trekking hutan juga dapat menikmati keindahan alam. Kamu bisa menyeberangi sungai dan memberi makan ikan. Namun perlu diingat, di sini kamu tidak bisa melakukan aktivitas BBQ.

Ulu Geruntum

watefal 3 700x467 - 5 Air Terjun Paling Indah di Malaysia yang Wajib di Coba

sumber : pexels

Selanjutnya kamu bisa menuju ke Ulu Geruntum dimana terdapat beberapa air terjun di daerah rendah yang mudah dijangkau dan daerah tinggi dimana kamu harus menyeberangi sungai dan mendaki sedikit untuk mencapainya. Namun keduanya indah dan memiliki aliran air yang deras.

Tempat wisata Ulu Geruntum sangat bersih dan tidak ada sisa makanan atau minuman. Sangat privasi! Disini kamu bisa melakukan aktivitas ekstrim seperti abseiling. Bagi yang menyukai olahraga ekstrim,  Ulu Geruntum sangat cocok untuk jiwa kamu.

Giam Klimau, Sarawak

wt 5 700x467 - 5 Air Terjun Paling Indah di Malaysia yang Wajib di Coba

sumber : pexels

Pernahkah kamu membayangkan berada di balik air terjun dan melihatnya dari sudut yang berbeda? Jika ya, keunikannya bisa ditemukan di sini. Tidak jauh dari Gua Niah, ada air terjun Giam Klimau. Untuk sampai ke sini, kamu harus melewati beberapa pos keamanan karena tempat wisata ini merupakan area privat.

Namun begitu sampai di lokasi, kamu tidak perlu berjalan jauh untuk sampai ke sana. Keunikan lainnya adalah air nya jatuh ke bebatuan dan tidak membentuk waduk. Tidak jauh dari lokasi wisata tersebut, kamu juga bisa berenang.

Sebagai informasi, dalam bahasa Bidayuh, ‘giam’ berarti air terjun. Kamu bisa cuci mata di sini dan mengambil foto-foto cantik. Kalau ke Sarawak, jangan lupa mampir ke Giam Klimau, salah satu air terjun paling menarik di Malaysia!

Baca Juga : Intip 8 Wisata Alam Malaysia Tujuan Favorit Para Wisatawan

Air Terjun Sungai Kancing

wt 6 700x467 - 5 Air Terjun Paling Indah di Malaysia yang Wajib di Coba

sumber : pexels

Kamu bisa menuju kawasan Hutan Hiburan Kanching di dekat Pura Taman Rimba yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Kuala Lumpur. Dari sisi jalan utama, kebanyakan orang akan melihat papan nama Hutan Hiburan Kanching.

Itu semua tidak banyak yang diketahui tentang apa yang ada di dalamnya. Sesampainya di tempat parkir, ternyata banyak turis asing yang singgah di sini. Turis Arab ada, turis Eropa juga ada. Air terjun Sungai Kanching tercatat sebagai salah satu destinasi liburan menarik di Selangor.

Kamu juga dapat menggunakan transportasi umum dengan bus untuk sampai ke sini. Tempat wisata ini sangat populer di kalangan keluarga yang ingin piknik dan bersantai di akhir pekan. Yang lebih menakjubkan di sini adalah ada tujuh air terjun.

Saat mandi, kamu harus berhati-hati karena ada banyak monyet liar di sini yang mungkin datang untuk mengambil makanan yang kamu bawa. Hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mencapai tempat ini.

Kemensah

wt 4 700x467 - 5 Air Terjun Paling Indah di Malaysia yang Wajib di Coba

sumber : pexels

Kemensah atau lebih dikenal dengan Air Terjun Batu Asah terletak di Kampung Kemensah, Hulu Kelang, Selangor. Jaraknya hanya 15 KM dari Kuala Lumpur. Termasuk dalam kawasan hutan lindung Dewan Kota Ampang Jaya. Bagi pengunjung yang ingin ke sana, lokasi wisata ini tidak jauh dari Kebun Binatang Nasional.

Faktanya, Kemensah tidak memiliki air terjun tinggi yang mengesankan dengan area berbatu dan kolam alami seperti tempat lainnya. Hanya saja lebih ke sungai yang telah dikembangkan dan kolam pemandian dibangun lebih besar cocok untuk orang-orang mandi. Itu sebabnya banyak juga yang mengenal tempat ini sebagai Sungai Kemensah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan selain berenang di kolam renang adalah mengendarai ATV. Ada beberapa operator tur (chalet) yang menyediakan layanan ini. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan camping dan bbq untuk memberikan pengalaman baru kepada anak-anak. Fasilitas dasar yang disediakan antara lain jalan menuju air terjun, toilet dan surau. Pengunjung perlu menyewa fasilitas lain seperti tempat piknik, gazebo, ruang ganti, dan pondok akomodasi. Tidak ada restoran atau tempat makan di sini. Jadi jangan lupa membawa bekal makanan yang cukup.

Agar liburan tidak terganggu, manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , ,