Bedanya Salah Urat dan Nyeri Otot, Ini Cara Mengatasinya

penyebab salah urat

Pastinya kamu kerap mendengar istilah nyeri otot ataupun salah urat. Masalah ini kerap dikeluhkan oleh orang-orang yang melakukan aktivitas berat atau olahraga. Mungkin saja kamu pun kerap mendengar istilah salah urat. Apakah kondisi salah urat dan nyeri otot itu sama? Kondisi tersebut berbeda dengan nyeri otot. Simak bedanya masalah urat dan otot pada ulasan artikel berikut ini.

Salah Urat

Sebelum membahas tentang salah urat, kita perlu tahu tentang urat. Pembuluh darah vena yang ada di lengan, leher maupun kaki disebut juga dengan urat. Warna pembuluh darah vena ini lebih kebiruan dibandingkan pembuluh darah arteri. Pasalnya, pembuluh darah arteri letaknya jauh lebih dalam di bawah kulit. Beberapa orang menyebut pembuluh darah yang terlihat sebagai urat.

Salah urat kerap berhubungan dengan cedera olahraga atau kecelakaan sehari-hari seperti terjatuh, mengangkat beban berat atau terpeleset. Akibat dari kecelakaan ini ada yang mengalami nyeri pada bagian persendian. Bisa saja berlangsung sebentar atau lama. Gangguan salah urat disebabkan oleh kondisi yang terkadang sepele tetapi menimbulkan rasa tidak nyaman hingga sakit. Bahkan sampai menimbulkan rasa sakit ketika beraktivitas seperti menggerakkan anggota tubuh. Ada pula yang harus berhenti melakukan aktivitas untuk mempercepat penyembuhan salah urat.

masalah urat 700x492 - Bedanya Salah Urat dan Nyeri Otot, Ini Cara Mengatasinya

Sumber: Pixabay/Tumisu

Cara Mengatasi Salah Urat

Perlu diketahui cara mengobati salah urat agar tidak semakin mengganggu aktivitas. Kamu dapat melakukan cara sederhana untuk menangani masalah ini. Simak cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi salah urat berikut ini:

  • Pemijatan

Lakukan pemijatan tetapi jika ragu melakukannya sendiri mintalah bantuan pada ahlinya. Ada orang-orang khusus menawarkan jasa pijat untuk masalah salah urat. Pemijatan merupakan cara tradisional yang dapat membuat rileks dan mengurangi rasa sakit.

  • Kompres air

Kamu bisa mengompres bagian yang terasa sakit dengan air es. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa sakit. Kompres air es juga dapat mengurangi pembengkakan pada area yang sakit salah urat.

  • Param

Ada cairan yang disebut param. Kamu bisa membalurkan param pada area yang sakit karena salah urat. Param merupakan cairan yang terbuat dari rempah dan dibuat untuk meredakan salah urat maupun nyeri otot. Baluran param ini akan membuat terasa hangat sehingga melancarkan aliran darah.

Nyeri Otot

Masalah nyeri otot dapat muncul di bagian tubuh mana saja seperti leher, punggung, lengan, paha, maupun betis. Nyeri bisa saja dialami orang-orang yang tidak banyak beraktivitas maupun banyak bergerak. Kadang kala aktivitas monoton seperti duduk berjam-jam dapat menimbulkan masalah nyeri otot pada bagian punggung hingga leher. Kondisi nyeri otot ini bukanlah suatu penyakit tetapi gejala dari suatu kondisi atau penyakit.

sakit punggung 700x459 - Bedanya Salah Urat dan Nyeri Otot, Ini Cara Mengatasinya

Sumber: Pixabay/ mohamed Hassan

Penyebab Nyeri Otot

Penyebab nyeri otot itu beragam seperti infeksi, efek samping obat-obatan, gerakan olahraga yang kurang tepat, postur tubuh,benturan, tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga atau pendinginan setelah olahraga, mengalami kecelakaan dan lainnya. Masalah ini juga menjadi tanda seseorang mengidap penyakit tertentu seperti infeksi virus (flu dan polio), penyumbatan aliran darah ke tungkai akibat penyakit arteri perifer, infeksi bakteri, penyakit autoimun, penyakit tiroid, rheumatoid arthritis, hingga kontraksi otot yang tak terkendali.

Masalah ini terjadi pada salah satu otot atau lebih dari satu otot. Bahkan ada yang mengalami nyeri otot tidak hanya hitungan hari tapi bisa berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Meskipun sudah beristirahat terkadang belum cukup untuk mengatasi masalah nyeri otot.

Waspadalah jika terjadi nyeri otot yang dibarengi demam. Muncul bengkak kemerahan pada area yang nyeri. Kadang kala terasa nyeri setelah mengonsumsi obat. Segeralah pergi periksa jika mengalami demam selama beberapa hari, sesak napas, sulit buang air kecil, kaku pada bagian leher hingga kesulitan menggerakkan anggota tubuh.

Cara Mengatasinya

Apabila mengalami nyeri otot biasanya tidak memerlukan penanganan medis. Cukup melakukan beberapa langkah sederhana di rumah untuk meredakan rasa nyeri. Berikut cara mengatasinya:

  • mengistirahatkan bagian tubuh yang terasa nyeri
  • istirahat dan tidur yang cukup
  • Memijat atau melakukan peregangan di bagian otot yang terasa nyeri
  • Kompreslah otot yang sakit dengan kompres hangat atau dingin
  • lakukan yoga atau meditasi untuk membantu meredakan ketegangan otot
  • konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol
  • kelola stres dengan baik untuk mencegah bertambah parahnya nyeri otot
  • hindari aktivitas berat yang membuat otot bekerja keras seperti mengangkat beban

Namun jika merasakan nyeri otot yang parah ada baiknya melakukan pemeriksaan agar mendapatkan penanganan medis. Dokter dapat menjalankan tes darah dan pemindaian seperti MRI. Langkah ini untuk mencari tahu apakah terjadi peradangan atau kerusakan pada otot serta adanya penyakit yang mendasari.

Itulah penjelasan tentang bedanya salah urat dan nyeri otot. Semua membutuhkan penanganan yang sederhana tetapi jangan sampai salah melakukan pemijatan. Jika tengah kesulitan beraktivitas dan membutuhkan istirahat di rumah saja, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Qelola. Aplikasi ini dapat membantumu dalam hal pembayaran secara online seperti bayar tagihan listrik, beli pulsa, membayar BPJS, hingga transfer uang. Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga di sini. Rasakan berbagai manfaat menarik lainnya. Informasi lebih lanjut dapat dicek melalui website resmi Qelola.

Tags: , , , , , , , , ,