7 Tempat Menarik di Terengganu Malaysia Favorit Pelancong

pemandangan cantik

Melancong ke Malaysia, jangan lupa mampir ke Terengganu. Ada banyak tempat menarik di Terengganu yang wajib kamu jelajahi. Mayoritas objek wisata yang ada di Terengganu berupa keindahan alam seperti pantai, pulau-pulau kecil, air terjun, dan lainnya. Namun, kamu juga bisa datang ke beberapa landmark dan bangunan-bangunan lain yang ada disana.

Terengganu sendiri merupakan negara bagian di Semenanjung Malaysia yang terletak di kawasan pantai timur. Negara bagian dengan luas 13.035 km persegi ini memiliki nama lengkap Terengganu Darul Iman. Jika nanti ada kesempatan untuk mengeksplorasi Terengganu, pastikan untuk singgah ke beberapa objek wisata populer berikut ini.

  • Pulau Redang

redang island - 7 Tempat Menarik di Terengganu Malaysia Favorit Pelancong

Sumber: unsplash

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa negara bagian Terengganu merupakan pusatnya wisata alam magis di negeri Malaysia. Salah satu spot wajib yang harus kamu datangi adalah Pulau Redang. Selain menjadi pulau paling populer di Terengganu, Pulau Redang adalah pulau terbesar di kawasan pesisir timur Semenanjung Malaysia. Pulau Redang berada di kawasan Kepulauan Redang bersama dengan pulau-pulau lainnya seperti Pulau Ekor Tebu, Pulau Lima, Pulau Paku Besar, Pulau Paku Kecil, Pulau Pinang, Pulau Ling, Pulau Kerengga Kecil, dan Pulau Kerengga Besar.

Saat datang kesini, kamu akan disambut dengan perairan jernih, air laut biru yang menawan, dan juga pantai pasir putih yang memukau. Tempat ini menjadi tempat yang ideal untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga air seperti snorkeling dan diving. Disini juga menjadi lokasi Pantai Pasir Panjang yang merupakan pantai terbesar di Terengganu.

  • Pulau Perhentian

shimy XEEwaeB8hrI unsplash - 7 Tempat Menarik di Terengganu Malaysia Favorit Pelancong

Sumber: unsplash

Objek wisata ini menjadi tempat menarik di Terengganu selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Pulau yang terbagi menjadi Pulau Perhentian Besar dan Perhentian Kecil ini menyuguhkan pemandangan pantai dengan air laut birunya yang luar biasa. Sama halnya dengan Pulau Redang, tempat ini juga menjadi spot favorit wisatawan untuk snorkeling dan menyelam.

  • Pulau Kapas

pulau bohey dulang - 7 Tempat Menarik di Terengganu Malaysia Favorit Pelancong

Sumber: unsplash

Satu lagi pulau eksotis di Malaysia yang banyak menarik minat wisatawan adalah Pulau Kapas. Pulau ini dikelilingi oleh pantai pasir putih menawan yang terlihat seperti kapas. Daya tarik lain yang bisa kamu saksikan disini adalah terumbu karang, air laut sejernih kristal, serta hutan tropis. Dengan segala keindahannya tersebut, pulau ini juga dinobatkan sebagai surganya diving dan snorkeling. Kamu bisa mengunjungi Pulau Kapas dengan menempuh jarak 6 kilometer ke timur Marang.

  • Air Terjun Chemerong

air terjun 1 - 7 Tempat Menarik di Terengganu Malaysia Favorit Pelancong

Sumber: unsplash

Bagi kamu yang punya jiwa petualang, Air Terjun Chemerong jadi tempat menarik di Terengganu selanjutnya yang harus dikunjungi. Air Terjun ini merupakan salah satu spot yang ada di dalam Hutan Lindung Pasir Raja Dungun. Keajaiban alam dengan tinggi 370 meter tersebut bisa kamu capai dengan berjalan kaki sejauh 2.200 meter.

Selain datang ke area air terjun, kamu juga bisa menyusuri Gunung Berembun yang lokasinya tidak jauh dari Air Terjun Chemerong. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya adalah kantor utama, rest area, menara pandang, tempat ibadah, playground, dan aula. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di spot wisata yang buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore ini adalah berkemah.

Baca juga: Kota Besar Di Malaysia, Destinasi Eksotis di Negeri Jiran

  • Masjid Kristal

mahmud ahsan mc3Igd6lwG0 unsplash - 7 Tempat Menarik di Terengganu Malaysia Favorit Pelancong

Sumber: unsplash

Tak hanya deretan pulau dan pantai, Terengganu juga punya spot landmark menarik seperti Masjid Kristal. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata karena kemegahan bangunannya. Masjid yang terbuat dari kristal, kaca, dan baja ini berada di tepi pantai. Selain itu, masjid ini juga dihiasi dengan serpihan emas yang membuatnya berkilau saat terkena sinar matahari. Pastikan untuk memakai busana yang sopan saat mengunjungi masjid indah yang satu ini ya!

  • Jembatan Angkat Kuala Terengganu

jembatan kuala terengganu - 7 Tempat Menarik di Terengganu Malaysia Favorit Pelancong

Sumber: unsplash

Jembatan Angkat Kuala Terengganu merupakan tempat wisata menarik di Terengganu yang masih terbilang baru. Dibangun pada tahun 2019, jembatan ini menghubungkan Kuala Terengganu dan Kuala Nerus. Jembatan ini tampak kokoh dan megah sehingga banyak wisatawan yang datang untuk mengabadikan momen disini. Memiliki gaya arsitektur yang serupa dengan Tower of London Bridge, jembatan ini akan terangkat saat ada perahu lewat.

  • Chinatown

chinatown - 7 Tempat Menarik di Terengganu Malaysia Favorit Pelancong

Sumber: unsplash

Chinatown adalah salah satu spot yang bisa dengan mudah kamu temui di Malaysia. Seperti yang kamu tahu, Malaysia adalah negara multietnis dengan penduduk yang beragam. Salah satu etnis yang ada di negara ini adalah etnis Tionghoa, sehingga wajar saja jika kamu akan menemukan Chinatown di hampir setiap sudut yang ada di Malaysia. Menariknya, pemukiman Tionghoa di negara bagian Terengganu ini merupakan pelopor pemukiman China di Asia Tenggara.

Seperti kawasan Chinatown pada umumnya, kamu akan disambut dengan gerbang merah raksasa yang dihiasi dengan lampion dan ornamen naga sesampainya disini. Berusia lebih dari 200 tahun, bangunan ini akan membawa kamu bernostalgia ke masa lalu. Jika lapar, ada banyak kafe dan rumah makan yang bisa kamu singgahi di sekitar area Chinatown.

Baca juga: Wisata Jalan Kaki Kuala Terengganu, Nikmati Tata Kota yang Indah!

Selain mengetahui berbagai tempat menarik di Terengganu Malaysia, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang Indonesia di Malaysia. Salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online yang terpercaya adalah Qelola. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

 

Tags: , , , , , , , , ,