8 Tips Melancong di Malaysia Agar Liburan Menyenangkan

melancong

Saat berbicara tentang Negeri Jiran Malaysia, pariwisata memang menjadi salah satu topik yang tak terhindarkan. Banyak yang mencari tips melancong di Malaysia untuk memastikan akan bahwa liburan di Malaysia berjalan lancar dan menyenangkan. Lantas, bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan liburan terbaik, lancar, nyaman, dan menyenangkan dengan biaya yang relatif murah? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips melancong di Malaysia yang bisa disimak. 

1. Rencanakan Liburan di Luar Musim Liburan

qelola 5 2 - 8 Tips Melancong di Malaysia Agar Liburan Menyenangkan

sumber: freepik

Pariwisata di Malaysia khususnya di tempat-tempat populer, tentu memiliki masa-masa sibuk tertentu. Seperti saat musim liburan sekolah, hari libur nasional, dan musim liburan lainnya yang disebut musim puncak. Jika kamu ingin melancong ke Cameron Highlands di saat musim liburan, dapat dipastikan kamu akan terjebak dengan kemacetan lalu lintas, dan akan sangat sulit untuk menemukan tempat parkir. Bahkan mungkin kamu akan merasa stres dengan situasi semacam itu. Jadi, bepergian di luar musim liburan akan memudahkan kamu mewujudkan impian liburan yang nyaman dan menyenangkan.

2. Pilih Tempat Menarik yang Sepi Pengunjung

Ada banyak tempat menarik di Malaysia yang menawarkan kesenangan tanpa batas meskipun tempat tersebut jarang dikunjungi banyak orang. Misalnya kamu bisa pergi ke Royal Belum Gerik Forest atau Taman Negara. Atau kamu juga bisa melihat dan menikmati keindahan pantai di Pulau Tioman, Pulau Tenggol di Terengganu, dan Pulau Bohey Dulang Sabah.

3. Periksa Waktu yang Tepat untuk Liburan

Meskipun Malaysia memiliki iklim yang panas sepanjang tahun, namun ada juga musim hujan yang akan membatasi perjalananmu selama berada di sana. Di Pantai Timur misalnya, biasanya akan terjadi musim hujan pada bulan November hingga Maret. Jadi, dalam rentang waktu tersebut dianggap kurang cocok bagi wisatawan untuk berada di Pantai Timur karena angin kencang dan ombak akan mengganggu aktivitas di pantai. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih liburan ke Pantai Barat yang juga menawarkan berbagai paket wisata menarik dan yang pasti lebih aman. 

4. Pesan Tiket Pesawat di Waktu yang Tepat

Saat terlalu bersemangat untuk melancong, terkadang kamu akan lupa memilih waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat. Kamu mungkin terjebak dalam kemacetan jalur internet, sehingga keinginanmu untuk memesan tiket pesawat digagalkan. Pilihlah waktu setelah tengah malam, saat orang lain tidur. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman membuat reservasi tanpa gangguan. Bahkan jika beruntung, kamu mungkin akan mendapatkan penawaran tiket murah di saat orang lain sedang tertidur lelap.

5. Pilih Hari yang Tepat untuk Pesan Tiket

qelola 7 1 - 8 Tips Melancong di Malaysia Agar Liburan Menyenangkan

sumber: freepik

Hindari memesan tiket di akhir pekan, karena saat akhir pekan banyak orang yang melakukan reservasi. Selain kemacetan jalur internet, harga tiket pada hari-hari tersebut juga cenderung cukup mahal. Jadi, lakukan reservasi pada hari Selasa atau Rabu. Bisa jadi, di hari itu kamu akan lebih lancar dalam mengakses internet, atau kamu akan mendapatkan diskon yang besar.

6. Pilih Akomodasi yang Nyaman dan Terjangkau

Sangat penting untuk mendapatkan akomodasi seperti homestay atau hotel yang nyaman, tetapi harganya terjangkau. Jika kamu bepergian dengan rombongan dalam jumlah kecil, dua atau tiga misalnya, kamu bisa melakukan reservasi hotel. Tetapi jika anggota atau rombongan cukup besar, pilihlah homestay sebagai akomodasi. Saat ini sudah ada banyak pilihan homestay di Malaysia. Mulai dari homestay terapung, homestay kontainer di tengah persawahan, hingga homestay yang terbuat dari lingkar semen. Masing-masing tentu memiliki daya tarik tersendiri yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. 

7. Pesan Akomodasi Terlebih Dahulu

Rencanakan dan pesan akomodasi terlebih dahulu untuk menghindari masalah setelah kamu mencapai tujuan. Pada musim-musim tertentu, hotel dan homestay akan penuh dipesan. Bisa jadi, kamu akan kecewa jika harus menyewa hotel atau homestay secara “ad hoc“. Bahkan kamu mungkin kurang nyaman jika ditempatkan di ruangan yang tidak memuaskan.

8. Gunakan Alat Transportasi yang Efektif

Yang paling menyenangkan saat liburan memang dengan mengendarai mobil pribadi. Pasalnya, kamu akan lebih bebas datang dan pergi tanpa batas. Namun jika kamu tinggal di desa atau kota kecil dan ingin bepergian ke kota-kota besar seperti Kuala Lumpur, Johor Bahru, Penang, dan lain sebagainya, mengendarai mobil sendiri dapat menyebabkan sedikit masalah. Kamu mungkin akan  tersesat atau terjebak dalam lalu lintas yang parah. Jadi, memilih alat transportasi umum lebih cocok untuk kamu. Bisa naik kereta api, menggunakan taksi atau LRT, dan lainnya. 

Baca juga: Ternyata Hal Menarik Ini yang Bikin Pulau Manukan Jadi Favorit

Delapan tips melancong di Malaysia yang telah disebutkan di atas perlu kamu perhatikan baik-baik. Selain itu, kamu juga perlu membuat itinerary liburan yang jelas dan lengkap. Tujuannya adalah supaya kamu mendapatkan pengalaman terbaik saat melancong di Malaysia. Sebelum terbang ke Malaysia, cicil dulu untuk download aplikasi Qelola di Google Play Store. Aplikasi Qelola inilah yang nantinya menjadi penyelamat untuk urusan transaksi atau pembayaran online selama kamu berada di Malaysia. Fitur yang lengkap, proses yang mudah dan praktis, membuat Qelola menjadi aplikasi terbaik andalan banyak orang. Sekarang, giliranmu bergabung dengan pengguna Qelola lainnya!

Tags: , , , ,