Pilih Perangkat Tepat dengan 5 Tips Membeli Laptop Berikut!

tips membeli laptop

Seiring dengan berkembangnya zaman, kehadiran gadget saat ini menjadi kebutuhan banyak orang. Laptop adalah salah satu perangkat mobile yang cukup banyak menarik minat khalayak ramai. Selain praktis dan mudah dibawa kemana-mana, laptop juga menjadi item penting yang memudahkan berbagai urusan baik bagi kaum akademis maupun pekerja. Ada beberapa tips membeli laptop yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk memilih gawai yang cocok sesuai kebutuhan. Semoga informasi di bawah ini bisa sedikit memberi pencerahan bagi kamu yang akan membeli laptop ya!

  • Pilih Sesuai Kebutuhan

fokus pexels 700x467 - Pilih Perangkat Tepat dengan 5 Tips Membeli Laptop Berikut!

Sumber: pexels

Alih-alih mengikuti tren yang sedang hits, pastikan kamu memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Keputusan saat memilih laptop sesuai kebutuhan tersebut erat kaitannya dengan spesifikasi gawai yang ada didalamnya. Jika keinginan membeli laptop bertujuan untuk melakukan berbagai pekerjaan ringan tentunya kamu tidak perlu perangkat dengan spesifikasi tinggi. Sebaliknya, jika kamu terjun di bidang tertentu yang membutuhkan teknologi mutakhir, perangkat laptop yang dibutuhkan pun harus punya spesifikasi yang mumpuni.

Lalu hal apa saja yang harus kamu perhatikan saat menelaah spesifikasi dari sebuah laptop? Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan spesifikasi gawai yang tepat. Berbagai faktor tersebut meliputi prosesor, RAM, penyimpanan, dan spesifikasi khusus lainnya. Prosesor adalah hal utama yang harus kamu perhatikan karena merupakan otak dari sebuah perangkat komputer. Komponen yang satu ini juga punya pengaruh besar dalam kecepatan kinerja gawai.

Selain prosesor, faktor lain yang menentukan kecepatan sebuah laptop adalah RAM. Namun besar kecilnya RAM yang kamu butuhkan juga tergantung dari program komputer yang akan dijalankan. Satu lagi hal penting yang punya pengaruh signifikan dalam kinerja sebuah laptop yaitu penyimpanan. Namun sekali lagi, jenis penyimpanan yang kamu pilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau budget yang dimiliki.

Baca juga: Berikut 7 Kiat Lancarkan Presentasi Online Saat Kuliah Daring

  • Menentukan Sistem Operasi yang Tepat

the noir hippie w4xdt5o9Fs4 unsplash - Pilih Perangkat Tepat dengan 5 Tips Membeli Laptop Berikut!

Sumber: unsplash

Tips membeli laptop selanjutnya yang tidak boleh luput dari perhatian adalah menentukan sistem operasi yang tepat. Saat ini beberapa sistem operasi yang beredar di pasaran meliputi Windows, Mac, dan juga Chrome. Masing-masing sistem operasi tersebut tentunya punya kelebihan yang bisa jadi pertimbangan saat membeli laptop.

Umumnya, Windows merajai banyak perangkat di berbagai gerai elektronik karena sifatnya yang fleksibel. Sedangkan Mac hanya terbatas pada produk keluaran Apple saja. Walaupun Chrome juga merupakan sistem operasi yang cukup bersaing, akan tetapi pilihan perangkat yang tersedia sangat terbatas.

  • Ukuran Layar Juga Penting

nordwood themes bJjsKbToY34 unsplash - Pilih Perangkat Tepat dengan 5 Tips Membeli Laptop Berikut!

Sumber: unsplash

Ukuran layar juga masuk dalam tips membeli laptop yang tidak boleh kamu abaikan. Walaupun terkesan sepele, membeli laptop dengan ukuran yang tepat akan mempengaruhi kenyamanan dalam bekerja. Umumnya, ada 4 ukuran laptop yang ada di pasaran yaitu 11, 14, 15, hingga 17. Semakin besar ukuran biasanya semakin berat pula perangkat laptop tersebut.

Bagi kamu yang punya aktivitas mobile yang tinggi serta harus membawa laptop kemana-mana, ukuran 11 dan 14 menjadi opsi yang paling direkomendasikan. Namun jika laptop hanya dipakai di rumah saja, ukuran 15 dan 17 bisa jadi ukuran yang bisa kamu pilih.

Baca juga: 10 Tips Membuat Kuliah Online Tetap Menyenangkan dan Efektif

  • Perhatikan Ketahanan Baterai

panos sakalakis 35NiG1dYjtM unsplash - Pilih Perangkat Tepat dengan 5 Tips Membeli Laptop Berikut!

Sumber: unsplash

Idealnya, perangkat laptop punya ketahanan baterai 7 hingga 8 jam. Oleh sebab itu, saat membeli laptop pastikan kamu mengecek kapasitas yang ada di dalam perangkat. Semakin tinggi angka mAh yang ada maka daya tahan baterai akan semakin awet. Ketahanan baterai yang lama sangat penting bagi kamu yang sering membawa laptop ke berbagai tempat. Jadi pastikan untuk memilih daya baterai yang besar saat sedang memilih laptop agar tidak mengganggu pekerjaanmu nanti.

  • Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

allef vinicius fJTqyZMOh18 unsplash - Pilih Perangkat Tepat dengan 5 Tips Membeli Laptop Berikut!

Sumber: unsplash

Banyak orang yang menganggap bahwa semakin mahal harga laptop maka semakin baik kualitas produknya. Pendapat tersebut memang benar adanya namun sedikit kurang tepat. Umumnya, harga laptop yang mahal dipengaruhi oleh spesifikasi produk di dalamnya. Semakin canggih maka wajar jika harganya semakin melambung tinggi.

Selain itu, brand atau merk tertentu memang punya rate harga yang cukup fantastis. Jadi, kamu tidak diwajibkan untuk membeli laptop dengan harga yang paling mahal. Selain memperhatikan berbagai tips membeli laptop yang sudah tertulis sebelumnya, kamu juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Baca juga: 7 Ide Usaha yang Cocok Dilakukan Mahasiswa untuk Menambah Uang Saku

Berbagai tips membeli laptop tadi bisa jadi pertimbangan yang membantu dalam memutuskan pilihan laptop yang sesuai untukmu. Jadi jangan hanya termakan tren, harga mahal, atau spesifikasi termutakhir saat memutuskan membeli sebuah laptop. Selain selektif dalam membeli laptop, kamu juga harus kritis dalam mengatur keuangan. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi Qelola.

Qelola adalah aplikasi keuangan populer di Malaysia yang menawarkan berbagai fitur menarik didalamnya. Melalui Qelola, kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

 

Tags: , ,