Asuransi Pendidikan, Cara Cerdas Merencanakan Edukasi Anak

aaron burden 6jYoil2GhVk unsplash scaled - Asuransi Pendidikan, Cara Cerdas Merencanakan Edukasi Anak

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam kehidupan. Tanpa pendidikan kita tidak akan belajar banyak hal. Meskipun kita bisa mempelajari banyak hal dari mana saja, namun pendidikan formal juga penting untuk dilakukan. Bagi kamu yang sudah memiliki anak tentu harus bisa mempersiapkan masa depan pendidikan anak dengan baik. Apalagi biaya pendidikan semakin hari semakin meningkat. Oleh karena itu, asuransi pendidikan harus dipersiapkan sedini mungkin agar orangtua tidak kebingungan saat anak mulai sekolah.

Menyiapkan dana pendidikan dapat kamu lakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa depan pendidikan anak adalah dengan mengikuti asuransi pendidikan. Namun tahukah kamu apa itu asuransi pendidikan? Asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi yang merupakan kombinasi antara produk asuransi jiwa berjangka dengan tabungan atau investasi. Dengan asuransi jenis ini, perusahaan asuransi sebagai penanggung akan mengganti uang pertanggungan apabila orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia. Sementara anaknya masih harus menempuh jenjang pendidikan. Selain manfaat asuransi jiwa pendidikan, produk ini juga memberikan fasilitas tabungan. Jadi, meskipun tidak terjadi risiko meninggal dunia, nasabah tetap bisa mencairkan dana pendidikannya.

Jadi, fungsi dari asuransi perencanaan pendidikan adalah untuk proteksi atau perlindungan sekaligus dana pendidikan. Orangtua yang menjadi pencari nafkah utama sebagai pemegang polis harus membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan. Dengan keuntungan pencairan dana setiap kali anak memasuki jenjang pendidikan baru, entah itu SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Dana asuransi tetap akan diberikan jika orangtua meninggal dunia tanpa keharusan membayar premi lagi.

Baca Juga : Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

Manfaat Asuransi Pendidikan

insurance 700x525 - Asuransi Pendidikan, Cara Cerdas Merencanakan Edukasi Anak

sumber : pexels oleh Media Kendel

Mengikuti asuransi pendidikan tentu akan sangat membantu kamu dalam mempersiapkan masa depan pendidikan anak. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti jenis asuransi ini. Ingin tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan? Baca penjelasannya di bawah ini.

  1. Inflasi Biaya Pendidikan

Sistem ekonomi di setiap negara, termasuk di Indonesia, fluktuatif dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menjadikan risiko adanya penurunan nilai mata uang yang disebabkan oleh inflasi. Itulah mengapa sangat penting untuk mengamankan uang di tangan asuransi. Apalagi, kenaikan biaya pendidikan di Indonesia cukup tinggi dan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Oleh karena itu dengan membeli produk asuransi perencanaan edukasi, uang kamu tidak hanya aman dari inflasi, tetapi juga akan tersedia untuk masa depan anak-anak kamu.

  1. Menjamin Dana Pendidikan

Dengan mengikuti dana perencanaan pendidikan, kamu tidak perlu khawatir akan dana pendidikan bagi anak. Pihak asuransi akan membantu anak dalam hal pendidikan jika kamu mengalami suatu masalah atau musibah yang berkenaan dengan biaya pendidikan anak. Selain itu, pihak asuransi akan memberikan manfaat uang pertanggungan meninggal jika kamu sebagai pemegang polis meninggal dan asuransi akan menjamin kelangsungan biaya pendidikan anak kamu. Kamu cukup menentukan berapa besar dana yang ingin kamu siapkan untuk pendidikan anak.

  1. Premi yang Fleksibel

Fleksibilitas pembayaran premi menjadi salah satu manfaat asuransi  yang akan kamu dapatkan jika mendaftarkan anak dalam program asuransi  untuk perencanaan pendidikan. Meskipun begitu, jumlah premi yang akan kamu keluarkan tergantung dari berapa tinggi jenjang pendidikan yang akan kamu pilih. Kamu bahkan juga dapat membayar premi dengan waktu yang fleksibel tergantung dari persetujuan kamu dengan pihak asuransi.

  1. Belajar Mengatur Keuangan

Kamu juga dapat belajar mengatur keuangan dengan mengikuti perencanaan tabungan pendidikan. Kamu akan mampu mengatur berapa banyak pengeluaran yang dibutuhkan. Misalnya, jika kamu memiliki anak dan memerlukan biaya pendidikan, secara tidak langsung kamu diharuskan untuk belajar mengatur pengeluaran. Kamu juga akan merasa tenang mengenai biaya pendidikan anak yang sudah dipersiapkan sejak dini tanpa harus khawatir dengan biaya pendidikan yang semakin hari semakin tinggi.

Kapan Harus Mengikuti Asuransi untuk Pendidikan ? 

insurance 2 700x467 - Asuransi Pendidikan, Cara Cerdas Merencanakan Edukasi Anak

sumber : pexels oleh Rodnae Production

Semakin dini kamu memberikan asuransi pendidikan kepada anak, maka akan semakin banyak pula manfaat yang akan kamu peroleh karena manfaat dari asuransi pendidikan itu sendiri adalah untuk perlindungan. Asuransi pendidikan sudah dapat dibeli ketika anak baru lahir. Untuk usia maksimal, harus disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. Biasanya batas maksimal usia anak adalah 12 hingga 15 tahun, sedangkan untuk orang tua pemilik polis batas maksimalnya adalah 60 tahun.

Perbedaan waktu saat kamu memulai asuransi akan berdampak pada jumlah premi yang harus dibayar. Jika kamu membeli asuransi untuk perencanaan edukasi anak pada usia dini, maka biaya premi yang harus dibayar akan lebih rendah. Sebaliknya, jika anak mulai besar, maka biaya premi pun akan semakin tinggi.

Saat ini kamu bisa mengikuti asuransi pendidikan dengan mudah di Indonesia meskipun sedang bekerja di Malaysia. Dengan menggunakan aplikasi keuangan Qelola, kamu bisa membayar semua iuran wajib di Indonesia secara langsung dan mudah. Tunggu apa lagi yuk segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

 

Tags: , , , , , , ,