Alasan Resign Masuk Akal, Ini Cara Tepat Mengajukannya

ini alasan resign

Banyak orang yang sudah tidak betah bekerja, ingin segera mengundurkan diri dari kantor. Banyak pula yang mengundurkan diri dengan cara yang tidak baik sehingga muncul permasalahan. Lelah dalam bekerja itu wajar, kondisi yang tidak mendukung untuk berkembang juga perlu kamu tinggalkan. Oleh karena itu, persiapkan beberapa hal berikut termasuk alasan resign ketika ingin keluar dari kantor.

Alasan Resign

Selalu terdapat alasan mengapa kamu memutuskan untuk berhenti bekerja. Jika keputusanmu sudah bulat, sampaikan alasan tersebut secara jujur dan apa adanya. Tentu saja dengan menggunakan bahasa yang baik dan tepat. Berikut beberapa alasan resign yang umum dan baik untuk kamu sampaikan.

Alasan Keluarga

keluarga pexels 1 700x467 - Alasan Resign Masuk Akal, Ini Cara Tepat Mengajukannya

sumber: Pexels.com

Memiliki waktu yang sedikit untuk keluarga umumnya menjadi alasan seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri. Waktu terkuras untuk pekerjaan dan kondisi berjauhan dengan keluarga menjadi hal yang paling sering disampaikan. Jika memang benar hal tersebut yang menjadi sumber masalahnya, sampaikan dengan atasanmu secara baik dan jelas.

Jenuh Pada Pekerjaan

Bekerja selama jangka waktu tertentu bahkan bertahun-tahun membuat kamu jenuh dan bosan. Hal ini bisa bertambah parah dengan minimnya apresiasi dari pihak kantor pada hasil kerja yang kamu lakukan. Gunakan kondisi kejenuhan ini sebagai langkah mengajukan alasan resign ke kantor.

Tantangan Baru

Manusia pada dasarnya tidak pernah merasa puas. Hal ini juga berlaku pada pekerjaan. Tidak adanya tantangan baru yang kamu dapatkan membuat kamu berpikiran untuk mengajukan alasan resign. Berikan penjelasan yang tepat pada atasanmu secara jelas agar alasan yang kamu layangkan bisa mereka terima.

Meneruskan Pendidikan

pendidikanpexels 700x467 - Alasan Resign Masuk Akal, Ini Cara Tepat Mengajukannya

sumber: Pexels.com

Memperdalam ilmu terkait bidang yang kamu geluti bisa menjadi penunjang perkembangan performa kerja. Ajukan alasan resign dengan ingin meneruskan pendidikan sehingga perusahaan bisa memberikan ijin. Beberapa perusahaan memiliki kebijakan pada karyawan yang ingin bekerja sambil melanjutkan studi dengan memberikan kelonggaran-kelonggaran tertentu. Hal ini bisa kamu pertimbangakan untuk tetap bertahan bekerja atau tetap teguh untuk mengundurkan diri.

Tidak Sesuai

harapan pexels 700x525 - Alasan Resign Masuk Akal, Ini Cara Tepat Mengajukannya

sumber: Pexels.com

Beberapa orang memiliki harapan tinggi atau ekspektasi pada pekerjaan yang mereka lakukan. Kamu mungkin juga seperti itu. Tapi kenyataannya, tidak semua tempat kerja bisa merealisasikan ekspektasi yang sama. Hal ini bisa menjadi alasan resign kamu kepada perusahaan karena apa yang kamu kerjakan tidak sesuai dengan harapan.

Karir Berubah

Seiring berjalannya waktu, kamu merasa karir yang kamu jalani sekarang tidak cocok. Kamu ingin mengubah karir pada pekerjaan lain bisa kamu pakai sebagai alasan resign yang masuk akal. Persiapkan diri jika memang kamu akan berubah haluan pekerjaan sehingga bisa bekerja dengan performa yang baik.

Gaji Tidak Sesuai

gaji pexels 700x467 - Alasan Resign Masuk Akal, Ini Cara Tepat Mengajukannya

sumber: Pexels.com

Masuk akal ketika kamu memutuskan melayangkan alasan resign kepada kantor. Banyak karyawan merasa tidak memiliki gaji yang sesuai. Terlebih pemberian tanggung jawab dan pekerjaan yang berlebihan tanpa adanya apresiasi atas pekerjaan. Gaji merupakan hak yang kamu dapatkan sehingga tak perlu takut untuk menyampaikannya kepada yang berkepentingan di kantormu. Siapa tahu jika kamu menyampaikan dengan baik, bisa menjadi bahan evaluasi pihak manajemen untuk segera mengatasi.

Langkah Mengajukan Alasan Resign

Beri Tahu Atasan

atasan pexels 700x467 - Alasan Resign Masuk Akal, Ini Cara Tepat Mengajukannya

sumber: Pexels.com

Beri tahu atasan kamu, ketika memutuskan untuk mengutarakan alasan resign. Usahakan untuk tidak mendadak karena semua ada prosedur dan mekanismenya. Lakukan langkah-langkah pengajuan resign sesuai aturan perusahaan. Umumnya, pemberitahuan pengunduran diri minimal satu bulan sebelum keluar. Kamu bisa bertanya pada bagian personalia atau kepegawaian terkait hal ini.

Surat Pengunduran Diri

Buatlah surat pengunduran diri dengan jelas dan rapi. Tulis sesuai format yang perusahaan miliki dan konsultasikan dengan pihak HRD. Tak perlu bertele-tele dalam menyampaikan surat pengunduran diri dan lakukan secara objektif serta profesional.

Rencana Waktu

Mencari karyawan baru untuk mengisi kekosongan posisimu tentu saja membutuhkan waktu. Untuk itu, rencanakan waktu pengunduran diri sehingga alur kerja kantor tidak buyar. Beritahu atasan atau calon pegawai tentang hal-hal apa saja yang menjadi tanggung jawabmu selama bekerja. Bisa juga mengadakan serah terima jabatan pada karyawan baru yang menggantikanmu.

Performa Kerja

performa pexels 700x467 - Alasan Resign Masuk Akal, Ini Cara Tepat Mengajukannya

sumber: Pexels.com

Usahakan tetap menjaga performa kerja hingga waktu terakhir kamu berada di kantor. Lakukan hal ini sebagai bentuk profesionalitas dirimu pada pekerjaan. Lakukan pekerjaan yang biasa kamu lakukan hingga hari itu tiba. Tinggalkan kesan baik pada karyawan dan atasan dengan memenuhi segala jobdesk yang sesuai dengan posisimu.

Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi tanpa tipu-tipu untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk transaksi keuangan Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,