Selangor Malaysia! Ini List Rekomendasi Destinasi Wajibnya

liburan selangor malaysia

Malaysia menjadi salah satu negara anggota ASEAN yang memiliki pesona wisata yang memukau. Banyak warga Indonesia yang menghabiskan liburan atau akhir pekan untuk berkunjung ke Malaysia. Salah satu tempat yang wajib Kamu kunjungi adalah Selangor Malaysia. Kawasan ini menjadi salah satu negara bagian Malaysia yang berkembang dengan cepat. Berlokasi dekat dengan Kuala Lumpur, tempat ini memudahkan wisatawan untuk langsung datang. Berikut destinasi wisata Selangor Malaysia yang wajid Kamu kunjungi:

Firefly Park

firefly pexels 700x467 - Selangor Malaysia! Ini List Rekomendasi Destinasi Wajibnya

sumber: Pexels.com

Jika Kamu termasuk pecinta kunang-kunang dan ingin melihatnya secara langsung lebih dekat, Firefly Park menjadi destinasi yang harus Kamu kunjungi. Tempat wisata ini terletak di Kuala Selangor Malaysia. Kamu membutuhkan waktu setidaknya 1,5 jam dari Kuala Lumpur menggunakan mobil. Taman ini buka pukul 19.30 dan tutup pada jam 23.00 malam. Karena menampakkan kunang-kunang, maka tempat tersebut terbuka untuk umum pada malam hari. Harga tiket untuk masuk ke taman ini sebesar Rp 30.000 atau sekitar 8 Ringgit.

Pada lokasi tersebut juga terdapat perahu yang bisa Kamu sewa untuk empat orang. Sampan tersebut akan mengajak Kamu menelusuri pohon-pohon yang rindang dekat sungai. Saat menelusuri tersebut, akan nampak kunang-kunang yang menari kurang lebih selama 30 menit. Wisatawan tidak boleh memotret sembarangan dan juga tidak boleh menggunakan cahaya flash karena bisa mengganggu keberadaan kunang-kunang.

Tidak hanya berkeliling melihat kunang-kunang saja, buat Kamu yang ingin bermalam, Firefly Park menyediakan penginapan yang terletak di atas sungai. Jika beruntung, kunang-kunang akan berterbangan menerangi setiap kamar yang kamu pesan.

Batu Caves

batu caves pexels 700x467 - Selangor Malaysia! Ini List Rekomendasi Destinasi Wajibnya

sumber: Pexels.com

Batu Caves menjadi destinasi wisata Selangor Malaysia yang sangat ikonik dan wajib Kamu kunjungi. Terletak di Gombak, Selangor Malaysia, Batu Caves merupakan situs keagamaan Hindu. Selain itu juga menjadi tempat perayaan festival Hindu dalam setahun sekali, Thaipusam. Berbentuk bukit kapur, tempat ini memiliki beberapa gua dan kuil. Nama Batu Cave berasal dari nama desa terdekat dan Sungai Batu yang mengalir melewati bukit itu.

Tempat ini memiliki kuil Hindu yang terkenal dan pembangunannya didedikasikan untuk Dewa Murugun. Tidak hanya berwisata religi, Kamu juga bisa menikmati keindahan alam dan pemandangannya. Batu gamping yang ada pada bukit berisi banyak hiasan patung-patung dewa. Terdapat patung Dewa Muragan dengan tinggi 42 meter dengan warna emas. Selain patung, juga terdapat anak tangga yang penuh warna sebanyak 272 tangga untuk menuju gua tertinggi.

Batu Caves buka pada pukul 06.00-21.00 dengan harga tiket sebesar Rp 275 ribu (dewasa) dan Rp 190 ribu (anak-anak) jika menggunakan pemandu wisata. Sedangankan untuk tur edukasi memakan biaya Rp 120 ribu (dewasa) dan Rp 96 ribu (anak-anak). Untuk masuk Cave Villa dikenakan biaya Rp 51 ribu, Ramayana Cave Rp 17 ribu, dan untuk masuk Temple Cave tidak dikenakan biaya.

I-City Selangor Malaysia

I city thestar.com .my  700x486 - Selangor Malaysia! Ini List Rekomendasi Destinasi Wajibnya

Sumber: thestar.com.my

I-City adalah taman yang popular di Selangor Malaysia, tepatnya di Shah Alam, Selangor. Berwisata di I-City, Kamu bisa menikmati Snowalk atau taman bersalju dengan suhu minus 5 derajat celcius. Terdapat juga Space Mission yang membuat Kamu seperti berada pada film Sci-Fi. Tak berhenti itu saja, I-City juga mempersembahkan museum lilin bernama Red Carpet. Kamu bisa melihat patung lilin dari tokoh terkenal dan menikmati iluminasi cahaya. Destinasi ini sangat cocok menjadi destinasi keluarga, karena banyak spot anak-anak untuk bermain dan belajar. Untuk tiket masuknya cukup beragam, mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 170 ribu tergantung wahana.

Klang Gates Quartz Ridge

klang bukit tabur chalkieandthechippy com 700x490 - Selangor Malaysia! Ini List Rekomendasi Destinasi Wajibnya

Sumber: chalkieandthechippy.com

Klang Gates Quartz Ridge atau Bukit Tabur merupakan tanggul kuarsa yang membentang dari timur laut Kuala Lumpur dan negara bagian Selangor Malaysia. Daerah ini memiliki lima spesies tanaman endemik dari 265 spesies lain di dunia. Bukit Tabur bisa menjadi destinasi bagi pecinta pendaki. Bukit ini memberikan pemandangan Hulu Kelang dan Kuala Lumpur dari atas. Obyek wisata ini buka tepat pukul 06.00-19.00. Tempat wisata ini juga menyediakan aliran sungai alami yang segar sebagai wahana bermain air.

Sky Mirror

skymirror malaysia.travel 700x379 - Selangor Malaysia! Ini List Rekomendasi Destinasi Wajibnya

Sumber: malaysia.travel

Destinasi wisata Sky Mirror tidak hanya unik, tetapi juga menyuguhkan pemandangan yang menarik. Sky Miror terletak di lepas pantai Desa Jeram, Selangor Malaysia ini memiliki keunikan bisa melihat pantulan bayangan langit atau semua obyek yang ada di atas perairan. Sayangnya, keunikan ini hanya muncul 3-5 hari pada bulan baru dan ketika bulan purnama. Hal ini terpengaruh oleh pasang surut air laut yang menimbulkan efek cermin. Selain itu, cuaca cerah menjadi pendukung terjadinya pantulan air yang nampak seperti cermin.

Bukit Melawati

Bukit Melawati thestar.com .my  700x466 - Selangor Malaysia! Ini List Rekomendasi Destinasi Wajibnya

Sumber: thestar.com.my

Bukit Melawati adalah bukit dengan pemandangan Kuala Selangor dan Selat Malaka dan termasuk tempat bersejarah di Selangor Malaysia. Terdapat sebuah sisa-sisa kastil bangunan orang Belanda yang bernama Fort Altingsburg dan menjadi rebutan antara Belanda, Selangor, serta Britania pada jaman dulu. Kastil tersebut lengkap dengan benteng, meriam, dan sumur beracun. Dari atas bukit yang penuh dengan pohon angsana berusia 200 tahun dan monyet, Kamu bisa memandang kapal-kapal yang melewati Selat Malaka.

Jangan lupa ketika berkunjung ke tempat wisata, kamu sudah menyiapkan uang untuk membayar tiket masuk. Tak perlu bingung karena Qelola bisa menjadi solusi pembayaran yang praktis dan aman. Cukup download aplikasi Qelola di smartphonemu untuk menikmati beragam fasilitas unggulan dan juga kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,