Kuliah Sambil Kerja: Kelebihan dan Kekurangannya

Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja banyak dilakukan oleh para mahasiswa. Alasannya bermacam-macam mulai dari butuh uang tambahan, mencari pengalaman, bosan, bahkan sekadar iseng saja. Apapun alasannya, hal tersebut sah untuk dilakukan. Selama melakukan pekerjaan yang tidak melanggar hukum, tentu tidak menjadi masalah. Ada banyak sekali pekerjaan yang ditawarkan secara khusus untuk mahasiswa misalnya asisten dosen, penjaga perpustakaan paruh waktu, admin media sosial, dan lain sebagainya.

Kuliah sambil bekerja tentu membutuhkan fokus lebih tinggi sebab tanggung jawabnya bertambah. Jika teman mahasiswa lain hanya terpikir untuk menyelesaikan tugas, kamu masih harus menghadapi beban kerja. Untuk itu, sebelum memutuskan bekerja saat masih berstatus mahasiswa, sebaiknya kamu mempertimbangkan kelebihan serta kekurangannya terlebih dulu.

 

Kelebihan Kuliah Sambil Kerja

avel chuklanov DUmFLtMeAbQ unsplash - Kuliah Sambil Kerja: Kelebihan dan Kekurangannya

Sumber: unsplash.com

Menyenangkan bisa mendapat pengalaman saat bekerja padahal masih berstatus mahasiswa. Meski tubuh akan terasa lebih lelah, namun kuliah sambil kerja tetap memberikan banyak manfaat. Nah, berikut ini terdapat beberapa kelebihan dari kuliah sambil kerja yang sebaiknya kamu ketahui.

  • Mendapat uang tambahan. Dengan bekerja maka kamu akan menghasilkan uang sendiri.
  • Pengalaman baru yang tidak didapatkan teman-teman mahasiswa lain. Banyak mahasiswa yang belum pernah bekerja sama sekali ketika kuliah bingung setelah lulus. Pengalaman tersebut seperti membuat CV, wawancara kerja, mendapat invoice bulanan, dan lain sebagainya.
  • Lebih dewasa dan bijaksana. Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan kerja berbeda dengan kampus. Tanggung jawab pekerjaan akan mengasahmu menjadi lebih cermat. Teman-teman yang sudah berpengalaman juga bisa membantu pembentukan karaktermu menjadi lebih dewasa dan bijaksana.

Kekurangan Kuliah Sambil Kerja

firmbee com gcsNOsPEXfs unsplash - Kuliah Sambil Kerja: Kelebihan dan Kekurangannya

Sumber: unsplash.com

Selain mengecek kelebihannya, kamu juga harus memahami berbagai kekurangan kuliah sambil kerja. Hal tersebut perlu dipahami untuk menjadi pertimbangan sebelum memutuskan apakah kamu siap atau tidak. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan minat, bidang, dan skill-mu. Inilah berbagai kekurangan kuliah sambil kerja.

  • Mengantuk dan lelah saat bekerja atau kuliah. Hal itu mungkin terjadi sebab kegiatanmu menjadi padat sehingga waktu istirahat berkurang. Kamu akan merasa lebih lelah baik secara fisik maupun batin.
  • Bisa saja kesulitan belajar sebab terlalu sibuk menyelesaikan tanggung jawab kerja. Ada kemungkinan nilai akademismu menurun, atau performa kerja tidak maksimal. Hal itu terjadi karena membagi fokus memang bukan hal mudah.
  • Kehilangan waktu untuk bersosial seperti berkumpul dengan teman-teman. Biasanya akhir pekan akan terasa berharga dan kamu memilih untuk istirahat sebab tubuh terasa lelah.
  • Jarang berkumpul bersama keluarga akibat terlampau sibuk. Bisa saja kamu tidak bisa ikut piknik keluarga karena harus mengambil semester pendek akibat mata kuliah yang gagel semester lalu.
  • Kemungkinan stres meningkat sebab harus selalu siap siaga. Tambahan tugas bisa muncul bersamaan dengan pekerjanmu.
  • Tidak bisa menjalani hobi sebab harus membagi waktu dengan pas agar semua bisa selesai, baik tugas kuliah maupun pekerjaan.

Tips Melakukan Kuliah Sambil Kerja

bench accounting C3V88BOoRoM unsplash - Kuliah Sambil Kerja: Kelebihan dan Kekurangannya

Sumber: unsplash.com

Semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia, sistem belajar mengajar berubah sepenuhnya menjadi online atau daring. Termasuk juga sebagian besar pekerjaan mulai menerapkan sistem Work From Home (WFH). Semua hal tersebut dilakukan dengan tujuan mengurangi pertemuan langsung guna mencegah penularan COVID-19 meluas. Dampak nyata bisa dirasakan mahasiswa yang juga bekerja. Waktu yang dimiliki pun lebih banyak sebab tidak perlu berangkat ke kampus untuk ikut kelas. Kerja pun kebanyakan WFH. Kuliah sambil kerja pun sangat mungkin dilakukan. Inilah tips yang bisa diikuti agar keduanya berhasil dan seimbang.

  • Hindari menambahkan fokus lagi, cukup utamakan kerja dan kuliah. Jika terlalu banyak hal yang kamu lakukan bersamaan, maka hasilnya akan kurang maksimal.
  • Sampaikan ketika melamar pekerjaan terkait statusmu sebagai mahasiswa. Jelaskan kondisimu serta beban kuliah yang masih perlu diselesaikan. Dengan begitu, diskusi terbuka bisa tercipta terkait pekerjaan untukmu.
  • Membuat jadwal secara detail agar pengaturan waktumu tidak meleset. Tuliskan jadwal di buku catatan atak ponselmu. Gunakan bantuan pengigat juga di ponsel agar tidak lupa, ya.
  • Manfaatkan teknologi dengan maksimal. Jika bisa memilih pekerjaan, pilih saja yang bisa dilakukan dari rumah. Beberapa pekerjaan yang mungkin bisa dicoba seperti penulis lepas, penerjeman, guru les online, atau admin media sosial.
  • Jangan hanya sekadar melakukan pekerjaan saja. Agar tidak sia-sia, kamu juga bisa sambil menjalin relasi ketika bekerja. Hal itu bisa bermanfaat untukmu nantinya saat lulus.

 

Selama kuliah sambil kerja pastikan kamu bisa membagi waktu dengan baik. Jangan sampai kuliah berantakan hanya karena sibuk bekerja. Banyak pekerjaan dan kelas kini membutuhkan internet. Beli pulsa agar internet lancar dengan mudah dan cepat bisa lewat aplikasi Qelola. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk keperluan lain seperti bayar BPJS, listrik, dan PDAM. Kirim uang luar negeri juga tanpa tambahan biaya, lho! Unduh aplikasi Qelola sekarang juga di Google Play Store secara gratis!

Tags: , , , , , , , , , , ,