Ini Daftar Rumah Sakit untuk Pengobatan Kanker Paru-paru di Malaysia

Pengobatan di Malaysia

Penyakit kanker paru-paru merupakan sebuah kondisi saat sel ganas terbentuk di paru-paru. Risiko kanker paru-paru lebih banyak dialami oleh orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok. Kendati begitu, bukan berarti kanker paru-paru bisa terjadi pada perokok aktif. Namun, kondisi lainnya kanker tersebut bisa terjadi pula para perokok pasif. Hal ini karena orang-orang kerap terpapar zat kimia di lingkungannya. Mereka harus terpapar asap rokok dari orang lain.

Faktor penyebab lainnya adalah polusi udara bukan hanya dari asap rokok tetapi asap kendaraan maupun pabrik. Kualitas udara yang buruk dapat memicu masalah pada organ pernapasan. Adapula riwayat anggota keluarga yang menderita kanker paru-paru atau disebut juga faktor keturunan. Kanker paru-paru juga disebabkan karena bekerja atau tinggal di lingkungan yang tercemar zat kimia berbahaya.

Tanda dan Gelajanya

Rupanya kanker paru-paru termasuk satu dari tiga jenis kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia. Adapun gejala kanker paru-paru baru dirasakan saat tumor atau sel sudah cukup besar dan menyebar ke jaringan ataupun organ. Seperti penyakit lainnya, gejala awal atau ringan belum begitu dirasakan. Semakin awal diketahui gejalanya maka bisa lekas melakukan pengobatan dan kesembuhannya juga tinggi. Jika baru diketahui setelah menyebar ke jaringan atau organ tentunya membutuhkan upaya lebih keras untuk pengobatan kanker.

Adapun gejala yang dirasakan penderita kanker paru-paru:

  • Sesak napas
  • Batuk kronis
  • Batuk darah
  • Nyeri dada dan tulang
  • Penurunan berat badan drastis tanpa tahu sebabnya
  • Sering mengalami infeksi paru, misalnya pneumonia
  • Mudah merasa sangat lelah setiap saat
pemeriksaan 700x466 - Ini Daftar Rumah Sakit untuk Pengobatan Kanker Paru-paru di Malaysia

Sumber: Pixabay/Parentingupstream

Pengobatan Kanker

Upaya pengobatan dapat ditempuh jika sudah dipastikan penyakit yang dideritanya. Diagnosis kanker organ paru-paru ini dapat dilakukan melalu foto Rontgen, biopsi jaringan paru-paru, dan CT scan. Dokter menentukan jenis dan stadium kanker setelah pasien melakukan ketiga pemeriksaan tersebut. Bahkan, dokter paru juga bisa bisa menyarankan PET scan untuk melihat penyebaran kanker di seluruh tubuh.

Kanker pada stadium awal masih dapat ditangani dengan cara operasi. Namun, saat kanker sudah mencapai stadium lanjut maka penanganannya dilakukan dengan kemoterapi dan radioterapi. Selain itu ada pengobatan lain untuk menangani masalah kesehatan paru-paru ini, yakni terapi fotodinamik, terapi ablasi, dan krioterapi. Ada terapi yang ditargetkan untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

Rumah Sakit

Sebagaimana diketahui, biaya untuk pengobatan kanker tidaklah sedikit. Tidak menutup kemungkinan ada yang harus melakukan pengobatan di luar negeri. Salah satu negara yang dituju untuk pengobatan kanker paru-paru adalah Malaysia. Namun, di masa pandemi Covid-19 tentunya ada perubahan dan kebijakan terutama terkait dengan masa karantina dan kondisi negatif Covid-19.

Berikut daftar rumah sakit di Malaysia untuk pengobatan kanker paru-paru:

1. Gleneagles Penang

Inilah rumah sakit di Penang yang didukung dengan lebih dari 70 dokter spesialis senior dan 360 bed rawat inap. Keunggulan rumah sakit ini untuk menangani kanker, jantung, dan ortopedi. Hampir semua dokter di Gleneagles Penang praktek dari Senin hingga Sabtu. Selain itu, mereka dapat berbahasa Indonesia/ Melayu pasiennya banyak yang berasal dari Indonesia. Rumah sakit ini terletak di kota Georgetown. Lebih lanjut, di sekitar RS Gleneagles terdapat banyak hotel/homestay serta tempat makan. Sehingga keluarga pasien mudah mencari penginapan. Sedangkan fasilitas rumah sakit mulai dari penjemputan di bandara, penitipan koper, tersedia resto dan kafe, dan Wi-Fi gratis.

2. Mahkota Medical Centre

Rumah sakit ini berada di Melaka dengan 6 keunggulan pengobatan untuk ortopedi, jantung, kanker, lambung dan hati, diabetes, serta saraf dan stroke. Rumah sakit ini didukung lebih dari 90 dokter spesialis dan tersedia 300 tempat tidur rawat inap.

operasi paru paru 700x462 - Ini Daftar Rumah Sakit untuk Pengobatan Kanker Paru-paru di Malaysia

Sumber: Pixabay/ Sasin Tipchai

3. Loh Guan Lye Specialist Centre

Rumah sakit di Penang ini didukung lebih dari 70 dokter spesialis senior dan 273 bed rawat inap. Keunggulannya untuk pengobatan kanker, jantung fertilitas, THT dan ortopedi. Alamatnya terletak di 238 Macalister Road, Penang.

4. Sunway Medical Centre

Rumah sakit untuk pengobatan kanker paru-paru ini berada di Kuala Lumpur ada lebih dari 200 dokter spesialis senior dan tersedia sebanyak 533 bed rawat inap. Sunway Medical Centre menangani pengobatan penyakit  kanker, THT, urologi, anak, jantung, saraf, ortopedi.

5. Beacon Hospital

Rumah sakit ini berada di Kuala Lumpur dengan 50 dokter spesialis senior dan 100 bed rawat inap. Tidak beda jauh dari rumah sakit lainnya, Beacon Hospital juga menjadi pusat penanganan untuk kanker, urulogi, ortopedi, saraf, dan kandungan. Pasien dengan kanker paru-paru dapat melakukan pengobatan di sini.

Masih ada berbagai rumah sakit besar di Malaysia untuk pengobatan kanker dan penyakit lainnya. Nah, untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola. TKI, buruh migran, maupun orang yang kini tinggal di Malaysia dapat menggunakan aplikasi Qelola. Ada berbagai kemudahan untuk membayar berbagai tagihan baik listrik, air, BPJS, beli pulsa dan lainnya. Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga dan rasakan aneka kemudahan transaksi secara online.

Tags: , , , , , ,