Catat! Ini Bank Malaysia yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Bank Malaysia di Indonesia

Ada bank Malaysia yang membuka cabang di Indonesia. Bank merupakan lembaga yang menjadi penghimpun dan penyalur dana masyarakat. Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan. Kemudian menyalurkan sejumlah dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau lainnya. Bank memfasilitasi berbagai kegiatan atau transaksi keuangan seperti pembayaran, transfer uang, simpanan, dan lainnya. Hal ini dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Perlu diketahui juga bahwa bank merupakan perantara antara orang-orang yang memiliki kelebihan dana dengan orang-orang yang memerlukan dana. Sehingga aktivitas perbankan ini juga menolong perekonomian bagi banyak orang. Sehingga setiap bank akan menawarkan berbagai produk seperti tabungan, deposito, giro, untuk menyerap uang atau dari masyarakat. Kemudian menyalurkan dalam bentuk kredit untuk orang yang membutuhkan pinjaman sejumlah dana.

Sebenarnya dana yang ada di masyarakat akan terus berputar dan memicu pergerakan perekonomian di suatu daerah dan berdampak pula pada taraf hidup masyarakat. Keberadaan berbagai macam bank memudahkan masyarakat bisa mendapatkan kemudahan pinjaman dana dari bank untuk melakukan sebuah usaha. Sehingga masyarakat yang menganggur bisa berwirausaha, menjalankan akvitivitas produksi, dan lainnya.

Bagi orang-orang yang menyimpan uang di bank dengan cara menabung baik tabungan ataupun deposito bisa mendapatkan keuntungan berupa bunga. Aneka pembayaran juga semakin mudah dengan aplikasi online yang diluncurkan setiap bank. Tentunya semakin banyak kemudahan yang dirasakan oleh para pengguna jasa bank. Ada beberapa bank Malaysia yang beroperasi di Indonesia dan membantu aktivitas perekonomian masyarakat.

Nama Bank Malaysia yang Membuka Cabang di Indonesia:

Maybank

Inilah salah satu bank Malaysia yang dapat ditemui di Indonesia. Sudah ada berbagai cabang Maybank yang tersebar di beberapa daerah. PT Bank Maybank Indonesia Tbk adalah salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Maybank Indonesia adalah bagian dari grup Malayan Banking Berhad (Maybank). Semula, Maybank Indonesia bernama PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII). didirikan sejak tahun 1959 dan mendapatkan izin sebagai bank devisa pada tahun 1988.

Seperti bank umumnya, Maybank Indonesia juga menyediakan berbagai macam produk dan jasa bagi nasabah. Ada produk untuk individu maupun korporasi serta aneka produk lainnya. Bank Malaysia ini turut mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking dengan membuat Maybank2u Internet Banking, M2U ID App Mobile Banking, dan aneka saluran lainnya.

Maybank Indonesia telah memiliki ratusan kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Terdapat ribuan ATM yang dapat digunakan dalam jaringan ATM Bersama, ATM Prima, ALTO, CIRRUS dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia, dan Brunei. Jumlah tersebut merupakan data per Desember 2020. Terdapat pula Maybank Syariah yang akan mendukung kegiatan perbankan yang dijalankan berdasarkan prinsip Syariah.

kartu debit 700x466 - Catat! Ini Bank Malaysia yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Sumber: Pixabay/Michal Jarmoluk

CIMB Niaga

Bank Malaysia berikutnya yang sudah familiar ada di Indonesia adalah CIMB. Bank CIMB adalah gabungan dari Bank Bumiputra-Commerce dan Southern Bank dengan CIMB. Di Indonesia dikenal dengan PT Bank CIMB Niaga. CIMB Niaga termasuk bank dengan aset besar di Indonesia. Sebagai informasi, kantor pusat CIMB Group berada di Malaysia. Kantor cabang CIMB tidak hanya di Indonesia tetapi jyga Amerika Serikat, Britania Raya, Singapura, Thailand, Tiongkok, Bahrain, Tiongkok dan Vietnam.

Bahkan, CIMB Niaga terus berupaya menjadi bank bertaraf ASEAN pertama di Indonesia. CIMB Niaga menyediakan layanan jasa keuangan seperti bank lainnya. Terdapat berbagai program seperti tabungan, kartu kredit, kartu debit, KPR, deposito dan lainnya. CIMB Niaga juga meluncurkan aplikasi bernama OCTO Mobile untuk mempermudah aneka transaksi seperti transfer uang, pembayaran listrik, beli pulsa, pembayaran multipayment dan lainnya. Selain itu, nasabah dapat melakukan pembukaan rekening pertama atau baru tanpa harus datang ke kantor cabang.

Adanya OCTO Mobile memudahkan transaksi online secara sehat dan aman tanpa harus bersentuhan. Selain itu pembayaran juga bisa dilakukan dengan scan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dan memilih sumber dana seperti Rekening Ponsel, Tabungan, Kartu Kredit, atau Poin Xtra. Kemudahan lainnya, nasabah bisa langsung mengubah tagihan belanja kartu kredit menjadi cicilan 0 persen selama 3 dan 6 bulan. Nasabah juga dapat melakukan pengelolaan dana untuk investasi secara praktis.

CIMB Niaga juga menghadirkan bank CIMB Niaga Syariah untuk melayani para nasabah dengan ketentuan perbankan secara syariah. Tentunya akan ada perbedaan program atau produk yang ditawarkan oleh CIMB Niaga Syariah bagi para nasabah.

Kemudahan Transaksi

Setiap bank memiliki upaya caranya masing-masing untuk bisa merangkul dan mempermudah transaksi para nasabahnya. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi yang umumnya disebut mobile banking. Itulah informasi tentang bank Malaysia yang membuka cabang di Indonesia. Nah, ada pula aplikasi Qelola yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi pembayaran di Malaysia. Keunggulan aplikasi Qelola ini dapat digunakan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia.

Manfaat lainnya adalah digunakan untuk melakukan pembayaran seperti listrik, air, BPJS, membeli pulsa dan lainnya. Segera unduh aplikasi Qelola di sini untuk merasakan aneka kemudahan bertransaksi secara online. Cukup dari handphone saja segala transaksi keuangan bisa berjalan lancar.

Tags: , , , , , , ,