Beasiswa LPDP: Simak Cara Mendapatkannya Untuk Kuliah di Malaysia

beasiswa lpdp

Hai kamu yang ingin melanjutkan kuliah, sudahkah kamu menentukan kampus yang akan kamu tuju? Apakah kamu adalah salah satu mahasiswa yang bercita-cita kuliah di luar negeri? Jika ya, maka kamu harus menyimak ulasan berikut ini.

Kuliah di luar negeri seringkali menjadi mimpi banyak mahasiswa namun ragu mengejarnya karena alasan biaya. Padahal pemerintah Indonesia telah memberikan fasilitas LPDP yang bisa diakses siapapun, termasuk kamu yang ingin kuliah di Malaysia. LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan program beasiswa penuh dari Kementerian Keuangan Indonesia. Ingin mengetahui seperti apa detail dan cara mendapatkannya? Simak lebih lanjut ya.

A.  Seputar Beasiswa LPDP Untuk Kuliah di Luar Negeri

LPDP sendiri memiliki banyak sekali jenis program beasiswa yang pesertanya pun juga beragam. Beberapa program beasiswa yang bisa kamu pilih adalah beasiswa berkebutuhan, beasiswa prasejahtera, hingga beasiswa perguruan tinggi. Bahkan ada juga program beasiswa khusus untuk bidang kewirausahaan.

Berikut ini adalah biaya yang ditanggung LPDP kepada mahasiswa yang resmi terdaftar dan telah dinyatakan lolos.

  1. Biaya Pendidikan, termasuk didalamnya ada biaya pendaftaran, biaya SPP, tunjangan buku, biaya penelitian akhir, biaya seminar internasional, dan biaya publikasi jurnal internasional.
  2. Serta biaya pendukung yaitu transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, biaya keadaan darurat, dan tunjangan keluarga khusus bagi mahasiswa program doktor.
beasiswa malaysia 700x409 - Beasiswa LPDP: Simak Cara Mendapatkannya Untuk Kuliah di Malaysia

Sumber : freepik.com/rawpixel

B.  Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP

Salah satu program yang dimiliki LPDP dan paling umum diikuti adalah beasiswa reguler. Berikut ini kami sertakan cara dan langkah mendapatkan beasiswa tersebut secara ringkas.

1.       Syarat Umum

  • WNI yang tidak sedang menempuh studi program magister maupun doktor, baik di dalam negri maupun di luar negri.
  • Telah menyelesaikan studi D4 atau S1 untuk beasiswa magister dan S2 untuk beasiswa doktor di perguruan tinggi negeri yang terakreditasi oleh BAN-PT atau  kampus kedinasan.
  • Memiliki Surat Rekomendasi dari akademisi atau dari atasan bagi yang sudah bekerja.
  • Bersedia untuk hanya mengikuti kelas reguler selama menerima beasiswa. Kelas lain seperti kelas karyawan, kelas khusus, kelas eksekutif, dan sebagainya tidak bisa dicakup dengan beasiswa LPDP.
  • Menulis personal statement dengan format bebas.
  • Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia setelah menjalani studi.
  • Menulis proposal penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.
  • Mengisi formulir pendaftaran online dengan melampirkan dokumen yang dipersyaratkan.

2.       Syarat Khusus

  • Berusia maksimal 35 tahun bagi pendaftar program magister dan 40 tahun bagi pendaftar program doktor.
  • Wajib memiliki IPK 3,00 pada skala 4 (magister) dan IPK 3,25 dari skala 4 (doktor). Syarat ini dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau dilegalisir.
  • Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang berlaku dan diterbitkan oleh ETS, PTE Academic, atau IELTS dengan ketentuan :

Magister : TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5.

Doktor : TOEFL iBT 94, PTE Academic 65, atau IELTS 7,0.

3.       Skema

Beasiswa LPDP diberikan kepada mahasiswa dengan lama studi untuk magister maksimal selama 24 bulan dan untuk doktor maksimal 48 bulan. Kamu harus memiliki dan mengunggah LoA Unconditional atau surat diterima di perguruan tinggi tujuan dengan tanpa syarat wajib untuk kemudian memilih 1 kampus di luar negeri yang masuk daftar Perguruan Tinggi LPDP. Bagi yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 kampus dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.

LoA Unconditional sendiri adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa kamu telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan.

4.       Alur Pendaftaran

  • Kamu harus mengakses pendaftaran online di situs Pendaftaran Beasiswa LPDP:  https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  • Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan. Kamu bisa melihat syarat lebih detail dengan mengakses https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/Beasiswa2021.
  • Pastikan juga melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapat kode registrasi.
  • Kamu akan melewati seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan kebangsaan, dan terakhir seleksi wawancara.

Bagaimana? Tentu saja cara mendapatkan beasiswa LPDP tidak sulit seperti yang kamu bayangkan namun membutuhkan ketekunan dan usaha yang lebih banyak. Namun jika melihat manfaat yang bisa kamu dapatkan, tentu semangat kuliah di luar negeri bukan lagi mimpi. Apalagi banyak jenis beasiswa LPDP yang memungkinkan untuk diakses berbagai mahasiswa dengan latar belakang yang berbeda. Kuliah di Malaysia pun tidak hanya menambah ilmu dan prestasi kamu saja, namun lingkungan belajar dan biaya hidupnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Bahkan budaya dan suku bangsa di Malaysia juga memiliki banyak kemiripan dengan Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Daftarkan diri kamu ke LPDP saat ini juga.

Bicara soal kuliah di Malaysia, sudahkah kamu memiliki aplikasi keuangan yang siap membantu kapanpun kamu ingin melakukan transaksi dari Malaysia ke Indonesia atau sebaliknya? Jika belum, dapatkan aplikasi Qelola sekarang juga di sini. Qelola memiliki berbagai macam fitur yang akan membantu kamu melakukan transaksi tanpa harus keluar rumah.

Tags: , , , ,