7 Wisata Kuliner di Melaka yang Wajib Kamu Coba

asian food - 7 Wisata Kuliner di Melaka yang Wajib Kamu Coba

Selain sisa-sisa bangunan jaman kolonial Portugis yang masih berdiri tegak dan terawat, Melaka juga terkenal sebagai salah satu tempat yang kulinernya wajib dijelajahi. Karena merupakan perpaduan dari budaya Melayu, Cina, India dan Barat, wisata kuliner di Melaka pun sangat berwarna-warni. Di bawah ini kami merangkum 7 kuliner enak di Melaka berdasarakan rekomendasi Yuntiwa seorang traveler terkenal.

  1. Chicken Rice Ball

rice ball 700x560 - 7 Wisata Kuliner di Melaka yang Wajib Kamu Coba

source : pexels

Hidangan Chicken rice ball merupakan salah satu wisata kuliner di Melaka yang paling populer. Chicken rice ball merupakan makanan oriental yang sering dikaitkan dengan nasi Hainan, makanan khas Malaysia dan Singapura. Bentuk seperti bola menjadi pembeda dengan nasi Hainan. Selain itu chicken rice ball berisi olahan daging ayam yang hampir mirip dengan lemper kalau di Indonesia, bedanya yaitu jenis beras bukan ketan dan tentu bentukan yang bulat. Chicken rice ball biasanya disajikan dengan potongan ayam yang lembut. Di Jonker Street, banyak sekali yang menjual chicken rice ball, kalian bisa mencoba memakannya di Hoe Kee atau Chung Wah Cafe. Nama pertama yang gue sebut, gue sangat recommended karena Hoe Kee ayamnya sangat lembut dan jarang ada tulang.

Lokasi Hoe Kee
468, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia

  1. Nyonya Laksa

thai northern style curried noodle soup with chicken khao soi kai 700x467 - 7 Wisata Kuliner di Melaka yang Wajib Kamu Coba

sumber : freepik

Laksa merupakan mie khas Malaysia yang kaya akan bumbu dari rempah-rempah maupun cabe. Salah satu makanan khas Melaka ini berasal dari kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Bagi yang belum tahu, terdapat perbedaan antara Nyonya Laksa dan Kari Laksa. Kaldu Nyonya Laksa disiapkan dengan menggunakan ayam dan udang, sedangkan kari laksa hanya menggunakan kaldu ayam saja. Minyak berbintik merah atau oranye diatas Nyonya Laksa berasal dari udang, yang memberi rasa kuahnya lebih kaya dan gurih. Kalian bisa mencoba Nyonya Laksa di Nancy’s Kitchen atau Jonker88.

Lokasi Nancy’s Kitchen
13, Jalan KL 3/8, Taman Kota Laksamana, 75200 Melaka, Malaysia

  1. Duck Noodle

Tengkera Duck Noodle Restaurant merupakan salah satu restoran yang terkenal dengan duck noodle-nya yang bercitra rasa Melaka. Ada dua jenis duck noodle yang disediakan disini, yaitu duck noodle versi kuah dan kering. Kuah biasanya dipisah dengan mangkuk kecil. Kuahnya cukup pekat dengan warna agak coklat-kehitaman.

Lokasi Tengkera Duck Noodle Restaurant
Jalan Kota Laksamana 1/2, Taman Kota Laksamana, 75200 Melaka, Malaysia

  1. Tandoori Chicken and Naan

Tandoori chicken merupakan salah satu makanan khas India dan Pakistan, yang dimana ayam dipanggang dengan campuran rempah-rempah dan yoghurt. Nama Tandoori sendiri berasal dari alat panggangnya yang berbentuk silindris dan dari tanah liat, tandoor. Jadi Tandoori chicken diolah dengan cara tradisional. Biasanya Tandoori chicken sering dipadukan dengan Naan, roti ragi panggang, menawarkan rasa berasap dari tandoori dengan sedikit bekas gosong. Jangan lupa, Naan nya kalian celup ke kari agar rasanya lebih kaya. Pak Putra Tandoori and Naan merupakan salah satu restoran Tandoori favorit yang selalu penuh tiap malamnya. Kalian bisa coba memesan Tandoori chicken yang dipadu dengan naan rasa cheese.

Baca juga : Bosan Makan Itu-Itu Saja? Anda Perlu Coba Wisata Kuliner Malaysia

Lokasi Pak Putra Tandoori and Naan
56, Jalan Taman Kota Laksamana 1, Taman Kota Laksamana, 75200 Malacca, Malaysia

  1. Satay Celup

satay 700x467 - 7 Wisata Kuliner di Melaka yang Wajib Kamu Coba

sumber : pexels

Kalau di Indonesia, kalian pasti kenal sate kan? Yang berbeda disini ialah metode makannya, sate dicelup ke sebuah panci panas mendidih yang dipenuhi bumbu, sebelum kalian menyantapnya. Satay celup menyediakan berbagai macam makanan, seperti seafood, daging dan sayuran. Satay Celup terbaik ada di Capitol Satay. Antrian yang panjang bisa membuat kalian bosan menunggu dan beberapa orang mungkin tidak menyukai rasanya tapi bagi gue, enak dan layak untuk ditunggu.

Lokasi Capitol Satay
41, Lorong Bukit Cina, Bandar Hilir, 75100 Melaka, Malaysia

  1. Cendol

Lokasi Jonker 88 Siapa sih yang ga kenal cendol? Salah satu dessert tradisional asal Indonesia pun ada di Melaka loh. Ini mungkin karena kita masih mempunyai beberapa kesamaan budaya Melayu dan dulu pas jaman penjajahan orang Jawa pernah berdagang di Melaka loh. Seperi pada umumnya, cendol Melaka juga terbuat dari es serut, santan kelapa, cendol hijau yang ditambah dengan rasa pandan dan gula aren. Bahan lainnya seperti kacang merah, beras ketan, rumput jeli, krim jagung, juga bisa disertakan. Bagi kalian yang penasaran dengan bedanya rasa cendol Melaka dengan cendol Indonesia, kalian bisa mengunjungi Jonker88 untuk mencobanya.

88, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia

  1. Nyonya Kuih

Nyonya Kuih (kuih adalah istilah untuk kue Melayu) adalah makanan penutup berukuran kecil yang berwarna-warni dimakan sebagai camilan. Beberapa ada yang dikukus, dan beberapa ada yang dipanggang tapi kebanyakan semuanya manis. Nyonya Kuih yang terkenal ialah Ondeh-ondeh (atau onde-onde). Kalian orang Indonesia pasti taulah onde-onde kaya gimana bentuk sama rasanya? Onde-onde terbuat dari ubi jalar atau tepung beras ketan, yang diisi dengan Gula Melaka (gula merah) atau gula aren dan kemudian digulung dengan beberapa kelapa parut segar. Bedanya dengan onde-onde Indonesia, kuih buah Melaka bentuknya lebih kecil, hanya sekitar 3/4 dari ukuran onde-onde Indonesia. Kalian bisa menemukan berbagai Nyonya Kuih atau jajanan khas Melaka di Jonker Street night market ataupun Nancy’s Kitchen.

Lokasi Jonker Street Night Market
75200 Malacca, Malaysia 

Wisata Kuliner di Melaka pastinya tak akan tenang jika masalah keuangan untuk keluarga Anda di Indonesia belum tertangani dengan baik. Agar tidak menimbulkan masalah dan tetap lancar berwisata, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk membayar tagihan di Indonesia selama Anda berada di Malaysia. Dengan biaya terjangkau dan berbagai kemudahan fasilitas, Qelola cukup dapat diandalkan untuk keluarga di Indonesia. Tunggu apalagi, download Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , ,