Kanker Serviks dan Daftar Rumah Sakit Malaysia Untuk Menanganinya

kanker - Kanker Serviks dan Daftar Rumah Sakit Malaysia Untuk Menanganinya

Kanker serviks adalah pertumbuhan sel tak terkendali (kanker) yang terjadi pada leher rahim. Leher rahim atau serviks merupakan bagian dari saluran reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan rahim atau uterus. Semua wanita berisiko menderita kanker ini. Namun, wanita yang aktif secara seksual cenderung lebih terpengaruh.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak menimbulkan gejala yang mudah dikenali. Gejala paling umum kanker serviks adalah perdarahan yang tidak normal. Misalnya perdarahan setelah berhubungan seks, di luar siklus menstruasi, atau setelah menopause.

Meski demikian, Anda belum tentu menderita kanker serviks apabila terjadi perdarahan. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, Anda akan dirujuk ke dokter spesialis.

Jenis Kanker Serviks

Kanker serviks terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Karsinoma sel skuamosa (KSS)
    Karsinoma sel skuamosa adalah jenis kanker yang paling sering terjadi. KSS bermula di sel skuamosa serviks, yaitu sel yang melapisi bagian luar leher rahim.
  • Adenokarsinoma
    Adenokarsinoma adalah jenis kanker yang bermula di sel kelenjar pada saluran leher rahim.

Meski jarang terjadi, kedua jenis kanker serviks di atas dapat terjadi secara bersamaan. Kanker juga bisa terjadi pada sel leher rahim selain sel skuamosa atau sel kelenjar, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.

Penyebab Kanker Serviks

Awalnya, sel sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi abnormal. Sel kanker tumbuh dan berkembang tanpa terkendali. Kanker serviks adalah penyakit di mana pertumbuhan sel tak terkendali terjadi pada leher rahim.

Sel kanker yang muncul kemudian menyerang jaringan di sekitarnya. Sel kanker dapat melepaskan diri dari lokasi awal dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Proses ini disebut sebagai metastasis.

Gejala Kanker Serviks

gejala kanker 700x467 - Kanker Serviks dan Daftar Rumah Sakit Malaysia Untuk Menanganinya

sumber : pexels

Gejala kanker tidak selalu terlihat jelas, bahkan mungkin gejala-gejala tidak muncul sama sekali sampai kanker memasuki stadium akhir. Ini sebabnya pap smear perlu dilakukan untuk mendeteksi sel abnormal dan mencegah perkembangannya menjadi kanker pada serviks.

Flek atau perdarahan tidak normal dari vagina adalah gejala yang paling mudah dikenali sebagai gejala kanker . Biasanya perdarahan terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Segera periksakan diri ke dokter jika pendarahan yang tidak normal terjadi lebih dari satu kali.

Selain pendarahan yang abnormal, gejala lain yang mungkin muncul adalah:

  • Rasa sakit dan tidak nyaman saat berhubungan seksual
  • Cairan yang keluar dari vagina beraroma aneh, berwarna tidak wajar atau mengandung darah

Gejala Stadium Lanjut

Kanker serviks stadium 4 akan menyebar ke luar dari leher rahim menuju jaringan dan organ sekitarnya. Pada tahap ini, gejala yang dialami akan berbeda, contohnya:

  • Sembelit
  • Ada darah dalam urine
  • Terjadi pembengkakan pada salah satu kaki
  • Nyeri pada tulang
  • Hilang nafsu makan
  • Rasa nyeri pada perut bagian bawah dan panggul
  • Kelelahan
  • Rasa nyeri pada punggung atau pinggang yang disebabkan oleh pembengkakan ginjal. Kondisi ini disebut sebagai hidronefrosis.

Pengobatan dan Pencegahan Kanker Serviks

Pengobatan kanker pada serviks tergantung pada stadium kanker yang dialami pasien dan kondisi kesehatannya. Tindakan yang dilakukan dokter meliputi kemoterapi, radioterapi, bedah, atau kombinasi dari ketiganya.

Peluang penderita kanker serviks untuk sembuh akan lebih besar jika kondisi ini terdeteksi sejak dini. Oleh sebab itu, setiap wanita disarankan untuk menjalani skrining kanker serviks secara berkala sejak usia 21 tahun atau sejak menikah.

Pengobatan Kanker Seviks di Malaysia

rumah sakit 700x464 - Kanker Serviks dan Daftar Rumah Sakit Malaysia Untuk Menanganinya

sumber : pixabay

Jika Anda membutuhkan pengobatan untuk kanker serviks di Malaysia, Anda bisa mengunjungi beberapa rumah sakit yang di rekomendaskan di bawah ini.

Baca Juga : 6 Alasan Utama Orang Indonesia Pilih Berobat di Malaysia

  • RS Gleneagles Penang

Gleneagles Penang adalah rumah sakit di Penang yang memiliki 3 pusat keunggulan, yang didukung dengan lebih dari 70+ dokter spesialis senior dan 360 bed rawat inap. Pusat keunggulan Gleneagles Penang antara lain: jantung, kanker, dan ortopedi.

Alamat: 1, Jalan Pangkor, Penang

  • Mahkota Medical Centre

Mahkota Medical Centre adalah rumah sakit di Melaka yang memiliki 6 pusat keunggulan, yang didukung dengan lebih dari 90+ dokter spesialis senior dan 300 bed rawat inap. Pusat keunggulan Mahkota Medical Centre antara lain: jantung, ortopedi, kanker, diabetes, lambung & hati, serta saraf & stroke.

Alamat: 3, Jalan Merdeka, Melaka

  • Mount Miriam Cancer Hospital

Mount Miriam Cancer Hospital adalah rumah sakit di Penang yang fokus menangani pasien kanker post (setelah) operasi, yang didukung dengan lebih dari 5 dokter spesialis senior dan 40 bed rawat inap.

Note: Untuk pasien yang belum positif kanker atau pasien kanker yang memerlukan tindakan operasi, Mount Miriam tidak menyediakan fasilitas ini. Pasien harus ke rumah sakit lain seperti Gleneagles Penang atau Loh Guan Lye.

Alamat: 23, Jalan Bulan, Penang

  • Pantai Hospital Kuala Lumpur

Pantai Hospital Kuala Lumpur adalah rumah sakit di Kuala Lumpur yang memiliki 3 pusat keunggulan, yang didukung dengan lebih dari 200 dokter spesialis senior dan 331 bed rawat inap. Pusat keunggulan Pantai Hospital Kuala Lumpur antara lain: jantung, ortopedi, dan kanker.

Alamat: 8, Jalan Bukit Pantai, Bangsar, KL, Kuala Lumpur

Baca Juga : Island Hospital Penang, Rumah Sakit Favorit di Malaysia

Selama menajalani pengobatan kanker di Malaysia, Anda tidak perlu khawatir dengan keluarga di Indonesia. Terutama untuk masalah finansial. Anda bisa mempercayakan masalah keuangan Anda dan tetap lancar membayar berbagai tagihan dengan menggunakan aplikasi Qelola. Dengan menggunakan Qelola, Anda bisa membayar tagihan PLN, BPJS maupun pajak lainnya di Indonesia dengan mudah. Download aplikasi Qelola sekarang juga.

 

 

 

 

Tags: , , , , , , ,