Skill yang Harus Dikuasai TKI untuk Jadi Asisten Rumah Tangga

asisten rumah tangga

Tentunya ada banyak alasan kenapa seseorang ingin kerja jadi TKI ke luar negeri. Termasuk menjadi TKI di Malaysia sebagai seorang Asisten Rumah Tangga (ART). Beberapa alasan utamanya mungkin adalah karena ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sisi ekonomi. Ya, bagi sebagian orang, bekerja sebagai TKI memang menjanjikan gaji yang lebih tinggi dibanding kerja di Indonesia. 

Namun, bekerja menjadi TKI tidak semudah yang dibayangkan. Bukan soal proses dan biayanya saja, tetapi juga bagaimana ketika nanti sudah berada di sana. Untuk itu, mantapkan niat sebelum memutuskan untuk berangkat. Di bawah ini ada beberapa tips dan trik untuk bisa menjadi Asisten Rumah Tangga yang sukses di Malaysia. Yuk, langsung disimak!

5 Prinsip Sederhana Menjadi Asisten Rumah Tangga

qelola 15 1 - Skill yang Harus Dikuasai TKI untuk Jadi Asisten Rumah Tangga

sumber: freepik

Berikut ini adalah beberapa prinsip sederhana yang perlu diperhatikan oleh TKI yang menjadi ART di Malaysia agar lebih mudah beradaptasi dengan kondisi rumah majikan.

1. Kebersihan adalah hal utama

Dalam mengurus rumah tangga, kebersihan adalah hal yang paling utama. Jadi, hal penting ini patut ditanamkan pada diri kamu sebagai ART. Tidak sekadar soal kepandaian dalam mengurus rumah tangga, kamar, dan kondisi tubuh saja. Tapi sebagai ART juga wajib selalu tampil bersih. Dengan demikian, kamu akan terbiasa untuk menjaga kebersihan rumah semaksimal mungkin meskipun majikan sedang tidak mengawasi.

2. Menguasai penggunaan perabot canggih

Sebagian majikan mungkin terlalu pelit dengan perabot canggih yang ada dirumahnya. Namun, jika majikanmu mau mengajarkan penggunaan perabot-perabot tersebut agar kamu bisa menggunakannya dengan baik dan benar, jangan sia-siakan kesempatan itu. Jika mampu menggunakannya dengan baik, dijamin pekerjaanmu akan selesai dengan lebih mudah dan cepat.

3. Tanamkan prinsip menghemat

Ada banyak hal kecil yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Salah satu contoh penghematan itu adalah mematikan lampu dan juga pendingin ruangan saat tidak digunakan. Jadi, sebagai ART sebaiknya kamu bisa melakukan penghematan semacam ini. Tidak hanya hemat listrik, namun kamu bisa juga berhemat dalam pemakaian bahan-bahan rumah tangga.

4. Cermat soal anggaran belanja

Anggaran belanja kebutuhan dapur biasanya menjadi salah satu hal yang dipercayakan kepada ART. Oleh karena itu, kamu patut memperhitungkan anggaran belanja secara cermat. Pastikan kamu memiliki catatan berapa biaya pengeluaran perbulan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kepercayaan lebih dari majikan.

5. Jangan bosan diingatkan

Wajar bila sebagai asisten rumah tangga yang baru kamu kerap lupa dengan aturan yang ajarkan oleh majikan. Tugas majikan adalah jangan pernah bosan untuk mengingatkan asisten. Sedangkan tugasmu sebagai ART adalah jangan bosan diingatkan dan teruslah berusaha memperbaiki diri dan belajar dari kesalahan. Nantinya kamu pasti akan lekas beradaptasi dan menjadikan aturan-aturan di rumah sebagai rutinitas.

Tips Menjadi TKI Sukses di Malaysia

qelola 17 - Skill yang Harus Dikuasai TKI untuk Jadi Asisten Rumah Tangga

sumber: freepik

Sudah ada banyak orang yang berbagi pengalaman tentang suka duka bekerja sebagai TKI di Malaysia. Supaya impianmu jadi TKI sukses dapat terwujud, coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Perbanyak informasi

Sebelum mendaftar sebagai TKI, kamu harus banyak mencari informasi tentang buruh migran. Seperti apa saja hak dan kewajiban TKI, keuntungan dan kerugiannya, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencari tahu melalui internet, rekan/saudara yang sudah pernah menjadi TKI, atau ke dinas ketenagakerjaan di daerah tempat tinggalmu.

2. Ketahui gaya hidup di Malaysia

Setiap negara pasti punya gaya hidup berbeda-beda, termasuk Malaysia. Mengetahui gaya hidup di Malaysia bertujuan agar kamu punya gambaran ketika nanti berada di sana. Ya, meskipun nanti ketika training akan diinformasikan, namun dengan mengetahui sebelum mendaftar, kamu tidak akan kaget atau bahkan berubah pikiran.

3. Mendaftar secara legal

Pastikan kamu mendaftar TKI di Malaysia melalui jalur resmi. Karena sekarang ini ada banyak calo-calo atau oknum yang melakukan pendaftaran TKI melalui jalur tidak resmi. Alhasil saat di luar negeri, banyak TKI yang mendapatkan siksaan dan lainnya.

4. Manajemen uang

Kamu tentu tidak ingin bekerja di luar negeri menjadi TKI untuk selamanya, bukan? Kamu harus memikirkan masa depan ketika nanti sudah pulang ke Indonesia. Jangan sampai nanti kamu pulang, kemudian kembali melakukan pekerjaan atau rutinitas seperti sebelum menjadi TKI. Sehingga rasanya jadi TKI malah tidak dapat mengubah dirimu. Nah, di sinilah fungsi dari manajemen keuangan. Gaji yang kamu dapatkan selama bekerja menjadi TKI, jangan digunakan untuk beli ini-itu yang sifatnya tidak menguntungkan. Kamu boleh beli barang yang memang jadi keinginannya, tetapi prioritaskan sebagian gaji untuk diinvestasikan.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Berikut Sebelum Menandatangani Kontrak Kerja!

Supaya lebih mudah mengatur dan mengelola gaji selama menjadi Asisten Rumah Tangga di Malaysia, sebaiknya kamu pakai aplikasi Qelola. Qelola menyediakan berbagai fitur terbaik yang dapat digunakan dengan mudah. Transfer uang dari Malaysia ke Indonesia bisa kamu lakukan dengan proses yang cepat dan praktis. Coba buktikan, dengan download aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , ,