Protokol Kesehatan yang Harus Dijalankan Selama WFO di Masa Pandemi Covid-19

protokol kesehatan

Pandemi Covid-19 belum juga berlalu dan masyarakat harus beraktivitas. Aktivitas Work From Office (WFO) tetap harus berjalan demi perekonomian juga terus bergerak. Tentu saja WFO di masa pandemi Covid-19 berbeda saat situasi normal. Pelonggaran peraturan perlahan membuat perusahaan boleh kembali menerapkan WFO.

Setelah setahun lebih pandemi Covid-19 berjalan, manusia bisa kembali beraktivitas meskipun juga terbatas. Kini memang memasuki kehidupan new normal. Pemerintah Indonesia mulai membuka kembali berbagai sektor publik termasuk perkantoran. Sehingga perusahaan dapat kembali menerapkan aktivitas bekerja di kantor.

Pemerintah telah mengupayakan memberikan vaksinasi kepada warganya dalam rangka mengendalikan pandemi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 juga menurunkan angka penularan Covid-19. Adapun sektor-sektor penting yang boleh menerapkan WFO hingga 100 persen adalah, bidang kesehatan, keamanan, logistik, transportasi. Industri makanan dan minuman. Utilitas dasar meliputi listrik dan air. Industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

Protokol Kesehatan Saat Bekerja di Kantor

Ada berbagai aturan protokol kesehatan agar para karyawannya aman dan sehat. Apalagi penularan Covid-19 begitu cepat.

work from office 700x466 - Protokol Kesehatan yang Harus Dijalankan Selama WFO di Masa Pandemi Covid-19

Sumber: Pixabay/Engin Akyurt

Memakai masker

Kamu wajib memakai masker saat bepergian apalagi saat bekerja di kantor. Siapapun harus mengenakan masker saat keluar rumah untuk mencegah penularan virus Corona maupun penyakit menular lainnya. Saat ini, memakai masker bukanlah hal yang aneh lagi. Bahkan saat ini juga diminta menggunakan dua masker, yakni masker medis dan masker kain.

Ganti masker ketika sudah lebih dari 4 jam. Apalagi kalau masker sudah basah karena keringat. Ketika melepas masker, hidari menyentuh bagian depan masker karena ada banyak kuman maupun virus yang menempel. Cuci tangan dulu sebelum memakai masker yang baru. Selanjutnya, cuci tangan juga setelah melepaskan masker yang kotor.

Kamu perlu memastikan masker yang dipakai sudah benar dan kencang. Jangan sampai tali kendor dan masih ada celah di area hidung atau pipi. Cara memakai masker yang kurang pas dapat meningkatkan risiko masuknya droplet, bakteri, maupun virus melalui sisi masker.

Mencuci Tangan

Karyawan juga memperhatikan kebersihan tangan, yakni mencuci tangan dengan rutin. Setiap orang perlu memiliki handsanitizer yang bisa dibawa kemana saja dan digunakan kapanpun. Jangan lupa untuk mencuci tangan pada air yang mengalir dan menggunakan sabun cuci tangan. Hal ini demi menghilangkan kuman hingga virus yang menempel di tangan.

Apalagi saat di kantor ada banyak benda yang disentuh oleh banyak orang. Ada pula benda-benda yang menjadi sarang bakteri seperti smartphone, meja kerja, sepatu, tas, laptop atau komputer, dan lainnya. Sehingga penting untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih atapun pakai handsanitizer. Kamu dapat mencegah penyebaran kuman yang menempel pada area tangan.

Perhatikan langkah cuci tangan yang benar demi melindungi diri dari infeksi virus hingga bakteri. Aktivitas membersihkan tangan akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari beberapa penyakit seperti Covid-19, influenza, demam tiroid (tifus), gangguan pencernaan (diare), cacingan, dan lainnya. Mencuci tangan merupakan salah satu upaya dan kunci untuk mencegah terjangkit penyakit menular.

Menjaga Jarak

Perlu kesadaran diri untuk menjaga jarak minimal 2 meter. Hindari melakukan pertemuan atau malah berkelompok. Tempat duduk atau meja kerja pun saat harus diberi ajarak demi mencegah penularan Covid-19. Pasalnya, penularan akan mudah terjadi saat WFO, yakni dari satu orang kepada orang lain ketika tidak memakai masker. Cipratan droplet mudah menyebar sehingga mudah menular pada orang lain.

Meskipun sudah memakai masker tetap perlu memakai masker demi meminimalisir penularan virus. Rapat pun sekarang dilakukan secara terbatas bahkan memanfaatkan aplikasi untuk melakukan meeting. Tahan diri untuk makan bersama dengan teman. Pasalnya saat makan bersama akan cenderung ngobrol bersama, tanpa pakai masker, dan jaraknya belum tentu bisa lebih dari 1 meter.

Ikuti 3T

Kamu pun perlu memahami imbauan 3T dalam penanganan Covid-19. Apabila rekan kerja atau kamu sendiri yang terindikasi positif Covid-19 makan dilakukan 3T, yakni tindakan tracing, testing, dan treatment. Tracing adalah upaya pelacakan kontak yang dilakukan oleh seseorang yang terindikasi positif Covid-19. Sementara itu, testing merupakan tindakan berupa tes terhadap orang yang terindikasi positif Covid-19. Hal ini dilakukan untuk memastikan terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak.

Langkah terakhir adalah treatment, yakni tindakan penanganan dan pengobatan bagi orang-orang yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19. 3T merupakan rangkaian penanganan terhadap seseorang yang terindikasi terinfeksi virus Corona serta melakukan upaya pencegahan agar tidak menyebar kepada banyak orang. Jadilah orang yang kooperatif agar memudahkan proses pelacakan, pemeriksaan, hingga pengobatan. Terinfeksi virus Corona bukanlah aib tetapi ada baiknya saling menjaga agar tidak banyak orang tertular.

makanan sehat 700x700 - Protokol Kesehatan yang Harus Dijalankan Selama WFO di Masa Pandemi Covid-19

Sumber: Pixabay/ Débora Débs

Kesadaran untuk Sehat

Jangan pernah berasumsi bahwa ketika telah melakukan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, berolahraga, dan istirahat yang cukup, virus tidak menginfeksi tubuh kita. Justru setiap orang harus selalu waspada dan sadar untuk mematuhi himbauan pemerintah maupun perusahaan. Kamu bsa membawa bekal sendiri dari rumah saat WFO.

Hal ini demi menjaga asupan nutrisi, menjaga daya tahan tubuh, maupun kebersihan makanan yang dibawa lebih terjamin. Santaplah makanan bergizi yang mengadung karbohidrat, mineral, protein, vitamin, lemak, dan serat. Tidak lupa untuk selalu minum air mineral untuk rehidrasi tubuh.Ingat! Meskipun sudah mengikuti vaksinasi dosis lengkap tetap saja bisa tertular Covid-19. 3M pun wajib diterapkan di mana saja dan kapan saja.

Nah, salah satu cara untuk menghindari aktivitas bepergian termasuk menyentuh banyak benda yang kerap dipegang orang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Qelola. Inilah aplikasi yang memudahkanmu melakukan transaksi tanpa harus ke ATM. Unduh aplikasi Qelola sekarang juga dan rasakan manfaatnya seperti transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar tagihan air, listrik, beli pulsa, hingga kuota internet. Pekerja yang WFO pasti akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi Qelola. Informasi lebih lanjut tentang Qelola bisa langsung dicek pada website resmi Qelola.

Tags: , , , , , , ,