Karakteristik Negara Malaysia: Sejarah dan Fakta-fakta Unik

karakteristik negara malaysia

Pada tanggal 31 Agustus 1957 silam, kantor berita BBC merekam berkumpulnya ribuan orang di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur, untuk menyaksikan sekaligus memberikan selamat atas penyerahan kekuasaan dari Kerajaan Inggris kepada Federasi Malaya. Kini, warga Malaysia merayakan “Hari Merdeka” atau “Hari Kebangsaan” mereka setiap tanggal 31 Agustus untuk mengenang kembali batu loncatan bersejarah menuju pembentukan negara Malaysia. Nah, di artikel kali ini akan mengulas karakteristik negara Malaysia, termasuk bagaimana sejarah kemerdekaan Malaysia yang menarik untuk diketahui. 

Mengenal Karakteristik Geografis Negara Malaysia

qelola 2 2 - Karakteristik Negara Malaysia: Sejarah dan Fakta-fakta Unik

sumber: freepik

Negara Malaysia terletak di kawasan Asia Tenggara dengan total luas wilayah sekitar 330 ribu kilometer persegi. Letak astronomis Malaysia berada di 4º LU – 5º2′ LU, dan 114º BT – 115º BT. Malaysia sendiri memiliki dua kawasan wilayah, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Mengutip dari situs Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemenlu RI), berikut ini adalah penjelasan tentang Malaysia Barat dan Malaysia Timur yang perlu diketahui:

1. Malaysia Barat

Malaysia Barat sering juga disebut sebagai Semenanjung Malaysia, di mana letak astronomisnya berada di 1º LU – 6,9º LU serta 99,6º BT – 104,8º BT. Batas-batasnya meliputi:

  • Batas sebelah utara yaitu Thailand
  • Batas sebelah selatan yaitu Singapura dan Indonesia
  • Sementara batas sebelah barat yaitu Indonesia
  • Batas sebelah timur yaitu Indonesia, Thailand, Kamboja, serta Vietnam.

Wilayah Malaysia Barat atau Semenanjung ini memiliki luas wilayah 131.598 kilometer persegi.

2. Malaysia Timur 

Malaysia Timur ini meliputi wilayah Sabah dan Sarawak. Letak astronomisnya yaitu berada di 0,8º LU – 08,2º LI serta 109,2º BT – 119,4º BT. Batas-batasnya meliputi:

  • Batas sebelah utara yaitu Laut Cina Selatan
  • Batas sebelah selatan yaitu Indonesia
  • Dan batas sebelah barat yaitu Indonesia
  • Sedangkan batas sebelah timur yaitu Filipina.

Wilayah Malaysia Timur ini memiliki luas wilayah yang berbeda, yaitu total luas wilayah Sarawak sebesar 124.449 kilometer persegi. Sedangkan total luas wilayah Sabah yaitu 73.620 kilometer persegi. Jika melihat posisinya, Malaysia ini terletak di sebuah garis ekuator sehingga menyebabkan Malaysia memiliki iklim tropis, iklim yang sama seperti Indonesia.

Sejarah Kemerdekaan Malaysia

Setelah perjuangan panjang, sebuah kesepakatan dicapai pada tanggal 8 Februari 1956 bagi Federasi Malaya untuk merdeka dari Kerajaan Inggris. Namun, atas alasan logistik dan administrasi, proklamasi kemerdekaan baru bisa dilaksanakan pada 31 Agustus 1957 di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur. Kemerdekaan Federasi Malaysia menjadi tonggak penting bagi pembentukan Federasi Malaysia pada tanggal 16 September 1963, yang kini diperingati sebagai Hari Malaysia setiap tanggal 16 September. Tantangan sebagai negara baru kemudian muncul dari banyak pihak, termasuk pertentangan dari Indonesia di bawah komando Presiden Sukarno.

Fakta-fakta Unik Negara Malaysia

qelola 1 4 - Karakteristik Negara Malaysia: Sejarah dan Fakta-fakta Unik

sumber: freepik

Setiap negara tentu memiliki berbagai keunikan tersendiri atas wilayahnya, termasuk negara Malaysia dengan karakteristiknya. Siapa sangka jika negara yang pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri ini memiliki banyak sekali fakta menarik dan menakjubkan. Yuk, simak ulasannya! 

1. Terpisah menjadi dua wilayah yang berbeda

Negara Malaysia memiliki dua wilayah yang berbeda, di mana sebagian besar wilayah Malaysia terletak di Semenanjung Malaysia dan sebagian besar lagi menyatu dengan negara Indonesia, tepatnya di Pulau Kalimantan. 

2. Negara monarki

Pada dasarnya, Malaysia adalah negara berbentuk monarki konstitusional federal yang terdiri dari 13 wilayah negara bagian, serta 3 wilayah federal. Adapun 13 wilayah negara bagian di Malaysia yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Selangor, Pulau Pinang dan Terengganu. Sedangkan 3 wilayah federal atau wilayah persekutuannya adalah Kuala Lumpur, Putrajaya, dan Labuan yang terletak di Borneo atau Pulau Kalimantan.

3. Mayoritas penduduknya beragama Islam

Sama halnya seperti Indonesia, sebagian besar Bangsa Malaysia, begitu sebutan bagi penduduk Malaysia, menganut agama Islam. 

4. Negara jajahan Inggris

Sebelum dideklarasikan sebagai negara bernama Malaysia, daerah di semenanjung Malaya telah disinggahi dan dijajah oleh Inggris atau Britania. Pada tahun 1786, Britania Raya mulai melancarkan aksinya melalui penyewaan pulau Penang untuk Perusahaan Hindia Timur Britania. Hingga pada tahun 1824, tersusunlah Traktat London atau Perjanjian Britania-Belanda yang menyepakati bahwa Malaya adalah milik Britania, sedangkan Indonesia adalah milik Belanda.

5. Lagu Nasional

Lagu Nasional Malaysia yang berjudul Negaraku, adalah saduran dari lagu Perancis berjudul La Rosalie. Sedangkan melodi dan nada lagu Negaraku diadaptasi dari lagu I Shall Return karya Anne Shelton.

6. Gelar “Tun”

Tun yaitu gelar tertinggi di Malaysia, di mana gelar Tun ini hanya boleh diberikan oleh Yang Di-Pertuan Agung atau setaraf dengan Lord di United Kingdom. Penerima gelar ini tidak lebih dari 25 orang, yaitu hanya warga Malaysia. Kebanyakan, penerima gelar ini adalah orang-orang yang pernah memimpin negara dan berjasa kepada negara, misalnya Perdana Menteri.

7. Bahasa

Selain menggunakan bahasa Melayu, masyarakat Malaysia juga fasih berbahasa Inggris. Bahkan, kadang mereka mencampurkan kedua bahasa tersebut.

8. Sistem Pemerintahan

Malaysia menganut sistem legislatif bikameral, yang diadopsi dari sistem demokrasi parlementer. Kepala negaranya bukanlah presiden, tapi seorang raja atau disebut Yang Di-Pertuan Agong. Meskipun begitu, prosesnya sama yaitu berganti setiap lima tahun sekali. Kepala pemerintahannya atau setaraf dengan gubernur, disebut Perdana Menteri.

Baca juga: 4 Alasan Kamu Harus Pilih Universitas di Malaysia

Itu dia ulasan singkat seputar karakteristik Negara Malaysia, termasuk sejarah kemerdekaannya, hingga fakta-fakta unik. Mulai dari bukan apa-apa, Malaysia kini telah menjadi salah satu kekuatan penting yang ada di Asia Tenggara. Bahkan, Malaysia menjadi salah satu tujuan yang banyak menarik pekerja maupun pelajar dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Menjadi bagian dari Malaysia tentu ada yang kurang, jika kamu tidak pakai layanan gratis Qelola. Qelola ini bisa jadi sahabat terbaikmu dalam hal urus keuangan. Jadi, dengan Qelola kamu akan lebih mudah jika butuh kirim uang antar negara, atau bayar ini-itu. Cukup unduh aplikasi Qelola di Google Play Store, lalu daftarkan diri, maka kamu sudah bisa menikmati segala fitur yang ada.

Tags: , , , , ,