Inilah Ciri Khas Negara Malaysia yang Perlu Diketahui TKI dan Wisatawan

Kuala Lumpur

Malaysia atau Negeri Jiran merupakan salah satu negara tetangga terdekat Indonesia. Malaysia dikenal dengan destinasi wisata yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Ada berbagai destinasi wisata yang disinggahi karena waktu tempuhnya singkat. Selain itu, Negeri Jiran ini merupakan salah satu negara tujuan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Ada berbagai keunikan atau ciri khas negara Malaysia yang perlu diketahui oleh Warga Negara Indonesia (WNI), para pekerja migran, maupun mahasiswa yang berada di Malaysia. Pasalnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tidak kebingungan atau malah rugi saat datang ke Malaysia. Beda negara pasti beda bahasa, budaya hingga tata cara yang harus dipahami.

Berikut Ciri Khas Negara Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

Petronas

Inilah ciri khas Malaysia yang pertama, ada menara kembar yang disebut Petronas. Petronas adalah menara setinggi 88 lantai atau lebih dari 400 meter lebih. Petronas pernah menjadi gedung tertinggi di dunia tahun 1998-2004. Saat ini Petronas memang dikalahkan menara tunggal dari negara lain. Hanya saja belum ada menara kembar di dunia yang menyaingi ketinggian Petronas. Kalau sudah sampai Malaysia jangan sampai lupa foto dengan latar belakang Petronas. Inilah ikon Negeri Jiran yang tak boleh terlewatkan.

petronas malaysia 700x466 - Inilah Ciri Khas Negara Malaysia yang Perlu Diketahui TKI dan Wisatawan

Sumber: Pixabay/ Engin Akyurt

Gelar Tun

Tun merupakan gelar tertinggi masyarakat Malaysia. Rupanya dalam satu waktu hanya boleh ada 25 orang hidup yang boleh mendapatkan gelar ini. Jangan sembarangan menyebutkan gelar ini ya.

Gua terbesar di dunia

Hal penting yang harus kamu tahu saat ada di Malaysia adalah adanya gua terbesar di dunia. Gua ini berada di Taman Nasional Gunung Mulu, Serawak. Konon ceritanya, luas gua yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2020 lalu dapat memuat sebanyak 40 unit pesawat Boeing 747 sekaligus lho.

Kekayaan botani

Malaysia memiliki lebih dari 1.000 spesies tanaman yang sebagian besar digunakan untuk obat. Salah satu ada Pohon Bintagor yang hanya ada di Sabah. Pohon ini diyakini dapat mematikan virus HIV penyebab AIDS. Ada pula daun terlebar di dunia, yakni Alocasia Macrorrhiza yang terdapat di sabah. Pada tahun 1966 ditemukan daun dengan panjang 3 meter dan lebarnya 1,92 meter.  Ada berbagaoi pohon tropikal tertinggi di dunia yang tumbuh di Malaysia, namanya pohon Tualang yang tumbuh setinggi 80 meter dan diameter batang mencapai 3 meter.

Panggilan kakak

Jangan sampai salah menyebut panggilan terutama untuk orang-orang yang belum dikenal. Kadang kala panggilan kakak untuk orang yang lebih tua baik laki-laki atau perempuan. Jika di Indonesia dda banyak panggilan untuk laki-laki yang lebih tua usianya dari kita seperti Kang, Mas, Bang, Uda, Kangmas, dan lainnya. Namun, saat berada di Malaysia panggilan kakak hanya untuk perempuan yang usianya lebih tua dari kita. Jika hendak memanggil laki-laki yang lebih tua, panggilah dengan sebutan ‘Abang’. Rupanya kalau ada laki-laki yang dipanggil kakak, akan menunjukkan gaya mengangkat lengan tangannya, menekuk siku dan menjawab dengan kemayu atau lemah lembut seperti perempuan.

Uang

Kamu harus memperhatikan uang di Malaysia karena jumlah angka 0 berbeda dengan di Indonesia. Saat berada di Malaysia, angka nolnya tingga satu atau dua. Misalnya RM50.00, RM100.00, RM1.20. Kamu perlu mencermati harga-harga yang tertulis di supermarket. Jangan sampai berpikir harganya sangat murah tetapi harus membayar mahal karena ternyata salah melihat tanda titiknya. Mata uang Malaysia itu disebut Ringgit Malaysia (RM). 1 Ringgit Malaysia kira-kira setara dengan 3.000 rupiah.

Tentang Negara Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara yang masih menggunakan pemerintahan kerajaan. Kediaman raja Malaysia ini berupa istana. Istana Negara Malaysia adalah kompleks kerajaan yang terletak di jalan duta Kuala Lumpur Malaysia. Percakapan sehari-hari menggunakan Bahasa Melayu atau Bahasa Malaysia. Kalau sekilas bahasanya mirip dengan Bahasa Indonesia.

makanan 700x463 - Inilah Ciri Khas Negara Malaysia yang Perlu Diketahui TKI dan Wisatawan

Sumber: Pixabay/Roslizan Nordin

Hidangan makanan prasmanan

Ada berbagai restauran yang menawarkan berbagai hidangan khas Malaysia. Namun cara penyajian restauran di Malaysia umumnya disajikan dengan cara prasmanan. Kita bisa memilih dan mengambil makanan sendiri yang kita inginkan. Nantinya pelayan restauran datang menghampiri meja kita lalu menghitung makanan yang diambil. Kemudian pelayan akan meninggalkan secarik kertas, yakni berapa total makanan dan minuman yang harus dibayar. Setelah selesai makan bisa langsung bayar di kasir.

Bayar sebelum masuk toilet

Salah satu hal yang harus kamu tahu ketika berada di Malaysia harus membayar sebelum masuk toilet baik untuk buang air besar/kecil/atau mandi. Sudah ada tulisan berapa uang yang harus dibayarkan sebelum masuk toilet di tempat umum.

Bagi kamu yang memiliki sedang berada di Malaysia atau berencana kerja di Malaysia, sudahkah kamu mengetahui cara mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia? Jika belum, kamu perlu tahu aplikasi Qelola. Inilah aplikasi keuangan yang berguna bagi TKI dengan macam fitur yang keren. Tidak hanya mudah mengirim uang, kamu diberi kemudahan membayar tagihan di Indonesia meski sedang di Malaysia serta proses top-up yang tidak ribet. Yuk segera download Qelola sekarang di sini.

Tags: , , , , ,