Ide Menghasilkan Tambahan Uang Saku Bagi Calon TKI

ide penghasilan

Perkembangan teknologi semakin cepat dan memudahkan kita untuk mencari tambahan uang saku. Penghasilan tambahan ini penting dimiliki jika hanya memiliki satu sumber penghasilan dan banyak kebutuhan yang harus dibelanjakan. Uang saku bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sangatlah diperlukan. Selain untuk keperluan diri sendiri ada pula uang yang harus dikirimkan untuk keluarga di kampung halaman.

Uang saku juga bisa dialihkan untuk tabungan hingga dana darurat. Ada banyak cara untuk mendapatkan tambahan pemasukan dengan melakukan kerja sampingan. Namun, memang harus pintar-pintar membagi waktu. Kamu perlu memilih tambahan pekerjaan yang fleksibel dan mudah dilakukan kapan saja. Dengan perkembangan teknologi saat ini memang harus belajar jangan sampai gaptek atau gagap teknologi.

CaraMendapatkan Tambahan Uang Saku Bagi TKI:

  • Menjadi dropshipper

Kamu memilih menjadi dropshipper untuk menambah tambahan pemasukan per bulannya. Pilih sistem dropship untuk menghemat waktu, biaya, tenaga, serta proses jula barang online. Saat kamu menggunakan sistem ini maka tidak perlu menyediakan banyak stok barang dagangan. Dengan begitu, tidak ada potensi rugi ketika tidak laku.  Kita mendapatkan harga khsusus yang jauh lebih murah dari harga pasaran ketika menjadi dropshipper.

Ada selisih harga yang dipatok produsen atau distributor untuk dropshipper dengan konsumen. Saat ini ada berbagai marketplace, tinggal pilih satu yang dirasa paling cocok dan mudah dilakukan. Selain lewat marketplace, buat promosi dengan membuat akun media sosial khusus jualan.

e commerce 700x466 - Ide Menghasilkan Tambahan Uang Saku Bagi Calon TKI

Sumber: Pixabay/ Gerd Altmann

  • Penulis

Kamu semakin mudah mendapatkan penghasilan seiring dengan perkembangan teknologi dan internet. Tidak hanya informasi saja yang didapatkan di internet melainkan uang. Cara mendapatkan uang dari internet ini cocok buat kamu yang suka menulis atau membagikan informasi. Apalagi jika memiliki skill menulis yang bagus. Saat ini banyak dibutuhkan penulis artikel SEO dengan bayaran yang bervariasi. Hal ini tergantung dari jumlah kata, kekuatan SEO, tingkat kesulitan topik, serta bahasa.

Setiap artikel SEO bisa dibayar mulai dari Rp10 ribu hingga ratusan ribu rupiah per artikel. Tentu saja pengalaman dan portofolio yang miliki dapat menaikkan harga jual jasa penulisan artikel SEO. Rajin-rajinlah mencari informasi lowongan penulis lepas. Jika sudah memiliki pengalaman di berbagai media dan perusahaan tentunya akan mudah untuk mengerjakannya. Kamu dapat mencari informasi pekerjaan sebagai penulis melalui freelancer, sribulancer.com, atau projects.co.id.

  • Makelar

Makelar atau istilah kerennya adalah broker. Broker bertugas menghubungkan antara penjual dengan pembeli. Ketika transaksi jual beli berhasil nantinya akan mendapatkan komisi. Jumlah uang didapatkan memang tidak pasti. Namun, jika dilakukan dengan tekun maka sedikit demi sedikit bisa menambah uang saku. Skill yang dibutuhkan adalah pandai berkomunikasi, mudah melakukan pendekatan dengan orang lain serta memiliki link yang luas. Pekerjaan yang satu ini tidak menyita banyak waktu bahkan dapat dilakukan sepulang kerja dari kantor.

  • Jasa titip

Kini ada berbagai cara untuk mendapatkan uang dari internet. Beberapa orang hendak membeli barnag di marketplace atau toko online negara lain. Hanya saja ada kesulitan atau gagal membeli barang yang diinginkan karena tidak memiliki kartu kredit atau masalah tertentu. Kamu pun bisa memanfaatkan kesempatan untuk membuka jasa titip. Misalnya, ada toko tertentu yang menjual produk tertentu dan kerap mencari incaran konsumen negara lain.

Kamu dapat menawarkan jastip dengan harga yang bersahabat, pengiriman barang aman, dan tentu saja ada keuntungan yang kamu dapatkan. Apabila seseorang sudah percaya dengan jastip yang kamu tawarkan maka konsumen dapat kembali meminta bantuanmu. Biaya layanan pembelian saat membuka jastip bisa sekitar 5-15 persen dari harga barang. Tak sedikit orang yang mencari bahan makanan hingga barang-barang tertentu yang hanya ada di suatu negara. Tidak mungkin harus berbelanja langsung dan terbang ke negara tersebut.

jasa titip 700x394 - Ide Menghasilkan Tambahan Uang Saku Bagi Calon TKI

Sumber: Pixabay/ mohamed Hassan

  • Jual foto hingga video secara online

Mumpung sedang berada di negeri orang, kamu pun bisa memanfaatkan kesempatan ini. Apalagi kalau kamu jago fotografi dan senang hunting foto. Kamu dapat memajang dan menjual karya semacam penyuplai foto seperti iStockphoto, Dreamstime, Shutterstock, FreeDigitalPhotos dan lainnya. Kamu akan mendapatkan komisi dari setiap foto yang diunduh atau dibeli orang. Bersaran komisinya tentu saja bervariatif.

  • Desainer

Kamu pun dapat terus mengasah kemampuan desain yang dimiliki menjadi freelance designer. Kamu pun dapat menawarkan jasa desain sesuai dengan kemampuanmu. Ada berbagai situs yang menawarkan pekerjaan desain lepas, seperti sribu.com, sribulancer.com, freelancer.co.id, serta upwork.com. Mulailah dari hal yang kecil seperti mengerjakan desain kaos, logo, undangan, membuat stiker, kartu nama, kartu ucapan dan lainnya.

Setelah mendapatkan tambahan uang saku tidak lupa untuk dikelola dengan baik agar tetap memiliki tabungan, asuransi, bahkan ada uang yang dikirimkan untuk keluarga di kampung halaman. TKI di Malaysia dapat memanfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan aneka transaksi secara online. Salah satunya bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah dan tidak banyak biaya. Keuntungan lainnya saat menggunakan aplikasi Qelola dapat membeli pulsa, bayar tagihan listrik, air, hingga BPJS. Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan nikmati berbagai kemudahannya. Informasi lebih lanjut dapat dipelajari pada website resmi Qelola.

Tags: , , , , , ,