Standar Gaji Karyawan Pabrik Malaysia 2021 Terbaru

buruh pabrik di malaysia

Bekerja di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang saat ini banyak dilakukan oleh usia produktif di Indonesia. Negara tujuan yang sudah bekerja sama dengan Indonesia pun tidak sedikit dan Malaysia termasuk yang besar permintaannya. Selain peluang yang terbuka masih luas, gaji yang ditawarkan dari luar negeri lebih besar daripada bekerja di dalam negeri dengan profesi yang sama. Termasuk gaji karyawan pabrik di Malaysia yang lebih menjanjikan meskipun bekerja di ranah informal.

Tingginya antusias warga Indonesia dalam mendaftar pekerjaan di luar negeri disambut baik oleh pemerintah. Menurut laporan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tentang data penempatan TKI, tahun 2020 saja sudah ada 113.173 orang yang ditempatkan di luar negeri. Dari jumlah tersebut, lebih dari 50% berstatus sudah menikah atau pernah menikah. Artinya, mencari nafkah ke luar negeri untuk keluarga di Indonesia merupakan pilihan yang banyak ditempuh. Bagi kamu yang memiliki rencana bekerja di Malaysia, khususnya minat pada profesi karyawan pabrik, berikut ini beberapa informasi penting untuk kamu.

A.  Profesi Karyawan Pabrik

Sebelum masuk pada karyawan pabrik, mari memahami dahulu apa yang dimaksud dengan pabrik itu sendiri. Pabrik merupakan suatu industri besar yang membutuhkan tenaga kerja manusia pada beberapa proses. Mulai dari mengolah produk sampai pengemasan, maupun mengawasi pemrosesan produk yang dilakukan oleh mesin dari satu produk menjadi produk lain yang berbeda. Semua tenaga kerja yang bekerja di pabrik bisa disebut dengan karyawan pabrik.

Pabrik sendiri terbagi menjadi banyak sekali jenisnya. Mulai dari pabrik yang fokus pada sektor primer, sektor sekunder, hingga sektor tersier. Berikut ini beberapa contoh karyawan pabrik yang ada di banyak negara, termasuk Malaysia:

1.       Sektor Primer

Pabrik yang biasanya ada di sektor ini bergerak di bidang pertambangan, pertanian, produksi minyak, perikanan, kehutan, dan masih banyak lagi.

2.       Sektor Sekunder

Untuk sektor sekunder beberapa pabrik yang bergerak ada pada bidang produksi pangan, produksi kendaraan, pengolahan barang bekas untuk menjadi barang berguna lain, dan masih banyak lagi.

3.       Sektor Tersier

Sedangkan untuk sektor ini, contoh pabrik yang bergerak ada di bidang jasa hiburan, pariwisata, layanan kesehatan, administrasi, keamanan, penyimpanan uang atau bank, dan sebagainya.

Dalam setiap pabrik, bahkan setiap bidang pekerjaan, pasti memiliki tingkatan dalam pembagian tugas. Semakin berat tugas dan tanggung jawab yang dibebankan, maka semakin tinggi pula gaji yang ditawarkan. Sebagai contoh, tugas karyawan pabrik pada bagian pengemasan produk tentu akan berbeda dengan karyawan pabrik pada bagian penelitian dan pengendalian mutu produk. Hal ini akan memengaruhi seseorang dalam menerima gajinya.

Namun hal yang menarik antara karyawan pabrik di Indonesia dan di Malaysia adalah perbedaan gaji yang cukup tinggi meskipun ada pada profesi yang sama dan bahkan ada di negara yang bertetangga. Sama-sama bekerja sebagai karyawan pabrik bagian pengemasan produk, gaji yang diterima karyawan pabrik di Malaysia akan jauh lebih tinggi daripada karyawan pabrik di Indonesia. Itulah kenapa banyak usia produktif yang mulai mempertimbangkan bekerja di luar negeri.

B.  Standar Gaji Karyawan Pabrik di Malaysia 2021

Dengan melihat berbagai jenis pekerjaan yang dilakukan karyawan pabrik, kamu pasti ingin mengetahui berapa standar gaji karyawan pabrik di Malaysia tahun 2021. Berikut ini kami sajikan data gaji per bulan sesuai dengan bidang pekerjaan dalam rupiah.

gaji 6 - Standar Gaji Karyawan Pabrik Malaysia 2021 Terbaru

  1. Pertambangan dan Metalurgi: 11.200.000
  2. Pertanian atau agrikultur: 8.050.000
  3. Industri Mobil: 10.150.000
  4. Industri Kimia: 10.500.000
  5. Industri Farmasi: 12.600.000
  6. Industri Jasa: 7.700.000
  7. Industri Tekstil: 6.650.000
  8. Industri pengolahan kayu: 8.750.000
  9. E-Commerce: 10.500.000
  10. Teknik Mesin: 10.500.000
  11. Produksi: 9.800.000
  12. Pengelolaan air dan kehutanan: 10.150.000
  13. Buruh Umum: 7.700.000
  14. Administrasi: 8.750.000
  15. Pengobatan dan perawatan sosial: 9.450.000
  16. Keamanan: 9.450.000
  17. Pariwisata dan bisnis perhotelan: 8.050.000
  18. Transportasi dan logistik: 9.100.000

Data gaji karyawan pabrik di Malaysia tersebut merupakan rata-rata, bukan standar pasti dan bisa berubah kapanpun. Selain itu, menentukan jumlah gaji merupakan kebijakan perusahaan atau pabrik yang kamu pilih. Apalagi dalam situasi yang kurang mendukung seperti ini, ekonomi negara juga akan berpengaruh pada naik turunnya gaji penduduk. Hal positif yang bisa diambil adalah jika dalam situasi pandemi kamu bisa mendapatkan gaji dengan jumlah tersebut, tentu gaji karyawan pabrik dan karyawan sektor lain saat pandemi berakhir kemungkinan besar akan lebih besar.

Meskipun kondisi pandemi masih berlangsung, pemerintah Indonesia masih membuka peluang pendaftaran TKI untuk beberapa negara, termasuk Malaysia. Proses penempatan TKI pun tetap dilakukan meski jumlahnya tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Tentu hal ini tetap memperhatikan protokol kesehatan antar negara.

Bagi kamu yang memiliki rencana bekerja di Malaysia, sudahkah kamu mengetahui cara mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah dan aman? Jika belum, kenalan yuk dengan Qelola, aplikasi keuangan bagi TKI yang memiliki fitur lengkap. Tidak hanya mudah mengirim uang, kamu diberi kemudahan membayar tagihan di Indonesia meski sedang di Malaysia serta proses top-up yang tidak ribet. Persiapkan diri kamu dengan download Qelola sekarang di sini.

Tags: , , , , ,