Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

bekerja loker luar negeri

Mencoba peruntungan mencari informasi loker luar negeri merupakan salah satu usaha banyak orang. Harapan bekerja pada negara lain dan bergaji tinggi menjadi impian manis. Bisa melihat dunia baru, mencicipi aneka makanan dan merasakan perbedaan budaya adalah beberapa alasan orang ingin pergi. Ada berbagai macam bentuk pekerjaan yang mungkin tidak tersedia pada tempat tinggalmu juga menjadi salah satu faktor.

Masyarakat Indonesia umumnya memilih negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Jepang, Korea dan beberapa negara Asia lainnya untuk bekerja. Informasi loker luar negeri cukup banyak tersedia pada beberapa negara tersebut. Beberapa negara menawarkan beragam posisi, jenjang karir dan jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih. Siapkan beberapa hal berikut untuk bisa terpilih dan berangkat bekerja ke luar negeri:

Riset Negara Tujuan

riset negara 700x467 - Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

sumber: Pexels.com

Hendak bekerja ke negara lain pasti membutuhkan banyak informasi untuk mengantisipasi hal tak terduga. Riset negara tujuan tempat kerja berguna agar kamu tidak mengalami culture shock ketika sampai. Lakukan pencarian informasi secara mendalam seperti kondisi cuaca, akses kesehatan, citarasa makanan, budaya bekerja dan bersosial. Ketahui hal-hal tersebut untuk membantumu cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Jika memungkinkan, cari teman atau saudara yang bisa membantumu dan berada pada negara tempat kamu bekerja.

Riset Perusahaan

riset perusahaan 700x467 - Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

sumber: Pexels.com

Memiliki lokasi yang tak terjangkau secara langsung, membuat kamu harus melakukan riset perusahaan dengan hati-hati. Informasi loker luar negeri bisa jadi scam atau penipuan. Untuk menghindari hal ini, lakukan riset perusahaan dengan detail melalui situs resmi. Pada jaman serba online seperti sekarang tentu banyak website serupa dengan situs resmi perusahaan. Kenali dan pahami bagaimana situs resmi terlihat dan lakukan kontak untuk menanyakan kebenaran lowongan.

Manfaatkan Koneksi

manfaat koneksi 700x467 - Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

sumber: Pexels.com

Gunakan sosial media sebagai alat untuk membuat koneksi dengan orang lain atau dengan perusahaan. Koneksi berperan untuk membantumu mendapatkan informasi yang lebih valid dan akurat terkait lowongan. Platform media sosial seperti LinkedIn cukup bagus untuk mencari info loker luar negeri. Platform ini memungkinkan kamu untuk menjalin koneksi dengan orang yang bekerja pada tempat kerja yang kamu pilih. Kamu perlu membuat akun dan menyantumkan biodata serta semua skill dan pengalaman kerja pada profilmu untuk memudahkan pendaftaran pada tempat kamu bekerja.

Upgrade Skill

upgrade skill 700x467 - Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

sumber: Pexels.com

Tingkatkan kualitas dirimu sebelum mencari informasi loker luar negeri yang akan kamu pilih. Keterampilan yang baik akan membantumu lebih cepat memperoleh pekerjaan dan pengakuan. Skill berguna untuk memikat pemberi kerja supaya dia tertarik padamu karena kamu berbeda. Pelajari keterampilan baru atau subyek tertentu seperti bahasa, alat pendukung kerja dan yang lainnya untuk menambah daya tawarmu di depan pemberi kerja. Pastikan skillmu relevan dan kamu cukup baik menguasainya.

Siap Mental

siap mental 700x467 - Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

sumber: Pexels.com

Berada di luar negeri tentu memiliki tantangan tersendiri untuk beradaptasi dengan keadaan. Apalagi untuk bekerja di negara yang berbeda, memiliki etos kerja yang berbeda dan banyak faktor lainnya. Siapkan dirimu untuk bisa siap dan kuat ketika berada disana. Pastikan kamu siap semua hal sebelum mencari informasi loker luar negeri.

Siapkan Dokumen Pendukung

dokumen pendukung 700x467 - Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

sumber: Pexels.com

Kumpulkan semua dokumen pendukung sebagai syarat melamar pada loker luar negeri. Jangan lupa pula, bahwa ini adalah pekerjaan ke luar negeri. Sehingga, kamu juga perlu mempersiapkan segala dokumen keberangkatan dan izin tinggal pada negara tersebut. Syarat yang berbeda tiap negara membuat kamu harus jeli untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.

Izin Keluarga

izin keluarga 700x474 - Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

sumber: Pexels.com

Sebelum memutuskan untuk mencari loker luar negeri, pastikan bahwa kamu memperoleh izin dari keluarga. Jelaskan pada keluarga tujuan dan rencanamu kedepan. Hal ini karena kamu akan pergi sendirian dalam jangka waktu tertentu. Jarak yang terpisah jauh membuatmu tidak bisa terlalu sering untuk kembali pulang, termasuk ketika ada kondisi darurat.

Sponsor dan Biaya

sponsor dan biaya 700x467 - Persiapkan Hal Ini Ketika Mencari Loker Luar Negeri

sumber: Pexels.com

Mengurus segala keperluan bekerja apalagi ke luar negeri tentu membutuhkan biaya. Kebutuhan dana tersebut untuk alokasi ke visa, biaya tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari dan kondisi darurat. Beberapa negara memiliki aturan minimun jumlah uang yang mengendap pada tabungan untuk antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan. kamu bisa mencari sponsor atau seseorang yang bisa menjamin kehidupanmu selama disana. Mereka ini sebagai walimu pada negara tempat kamu tinggal. Untuk menjadi sponsor seseorang juga memiliki kriteria tertentu dan berbeda setiap negara. Pastikan kamu memiliki hal tersebut sebelum mencari loker luar negeri.

Mempersiapkan kebutuhan keuangan sebelum mencari loker luar negeri bisa kamu lakukan dengan download aplikasi e-wallet Qelola pada smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran untuk transaksi lain seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi. Kunjungi juga website Qelola karena informasi didalamnya membahas tentang berbagai cara dan tips mengelola keuangan yang baik.

Tags: , , , , , , ,