Menu Masakan Harian TKI, Sederhana Nan Lezat

Menu Masakan Harian

Menu masakan harian di luar negeri tentu bisa sangat berbeda dengan di Indonesia. Namun, hal itu biasanya tidak terlalu berlaku pada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Banyak TKI terutama yang bekerja di Malaysia tetap mempertahankan menu masakan harian seperti ketika berada di Indonesia. Salah satu alasannya yaitu bahan baku untuk memasak menu-menu Indonesia masih tergolong mudah didapatkan di Malaysia.

Tak jarang pula, para TKI berkumpul di hari libur mereka untuk masak dan makan bersama. Meski sederhana, menu yang dihidangkan akan terasa nikmat jika dinikmati bersama, bukan? Untuk kamu yang kurang pandai memasak, tidak perlu khawatir. Kini resep serta langkah memasak bisa dilihat dengan mudah dan gratis melalui video YouTube. Berikut ini merupakan beberapa menu masakan harian TKI yang sederhana, lezat, dan tentunya bergizi.

1. Sayur bening 

Menu sayur bening termasuk cukup mudah dimasak. Sayur yang digunakan umumnya yaitu jagung manis, wortel, bayam. Akan tetapi, semua orang bisa memodifikasi menggunakan sayuran apa saja sesuai selera. Untuk pelengkapnya, biasanya akan ada tempe atau tahu goreng. Namun, kedua olahan kedelai tersebut sering sulit didapatkan di luar negeri. Sebagai gantinya, kamu bisa menggoreng bakwan jagung dengan bahan tepung terigu dan jagung.

2. Nasi goreng

rice dish 4240511 640 - Menu Masakan Harian TKI, Sederhana Nan Lezat

Sumber: pixabay.com

Nasi goreng tidak hanya menjadi andalan para TKI namun banyak orang di Indonesia. Bahkan sering kali ada lelucon bahwa nasi sisa pada akhirnya akan selalu menjadi nasi goreng. Hampir semua daerah di asia mengenal menu ini. Hanya saja, masing-masing negara memiliki ciri khas tersendiri ketika memasak nasi goreng.

Di Indonesia pun nasi goreng ada banyak sekali jenisnya seperti nasi goreng rendang, nasi goreng dengan campuran sayur, nasi goreng tanpa kecap, dan lain sebagainya. Menu masakan harian satu ini bahkan lebih mudah untuk dimasak daripada sayur bening. Jika sangat terpaksa, kamu bisa membuat nasi goreng hanya bermodalkan bawang putih, garam, kecap, nasi, dan sebutir telur saja. Tentu tetap nikmat saat dimakan!

3. Capcay

Capcay juga sering menjadi makanan andalan untuk dimasak sebab mudah untuk membuatnya. Isi capcay ini biasanya beragam sayuran seperti jamur, kol, jagung muda, dan wortel. Beberapa orang akan menambahkan suwiran ayam, bakso, dan sosis. Apabila berselera, kamu juga bisa mencampurkan seafood ke dalamnya seperti udang atau cumi. Jika kamu tinggal di lingkungan kelompok etnis Tionghoa di Malaysia, penjual Capcay tentu akan mudah ditemui. Saat ingin makan capcay namun malas memasak, kamu bisa membelinya dengan mudah.

4. Sop ayam

chicken soup 1346310 640 - Menu Masakan Harian TKI, Sederhana Nan Lezat

Sumber: pixabay.com

Menu masakan harian TKI selanjutnya yaitu sop ayam. Saat hujan turun dan cuaca dingin, sop ayam akan terasa pas dan nikmat untuk dihidangkan. Menu pelengkap lain juga bisa ditambahkan dalam sop seperti kentang, bakso, sosis, dan apa saja sesuai selera. Bagi yang suka pedas, kamu bisa menambahkan potongan cabe saat memasak sop ayam.

5. Sayur lodeh

Sayur lodeh merupakan masakan berbahan santan. Umumnya, bahan utama masakan ini adalah nangka muda. Namun para TKI dapat memodifikasinya dengan bahan lain sebab nangka muda sulit didapatkan di luar negeri. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk sayur lodeh yaitu terong dan kacang panjang. Agar lebih komplit, kamu bisa memakannya dengan lauk yang digoreng seperti ikan goreng, ayam goreng, bahkan tempe dan tahu juga nikmat disandingkan dengan sayur lodeh.

6. Sambal 

fahrizal saugi goHMSzAtMLQ unsplash - Menu Masakan Harian TKI, Sederhana Nan Lezat

Sumber: unsplash.com

Jika orang Korea selalu merasa masakannya tidak lengkap tanpa ‘Kimchi’, maka orang Indonesia sulit lepas dari sambal. Hal itu bahkan memunculkan ide pembuatan sambal dalam bentuk kamasan jar sehingga bisa dibawa-bawa ketika seseorang traveling ke luar negeri. Meski sambal sering disebut sebagai pelengkap makanan saja, namun para TKI menjadikannya menu masakan harian.

Berbagai jenis sambal yang bisa dibuat ada bermacam-macam seperti sambal trasi, sambal tomat, sambal hijau Padang, sambal bajak, sambal matah, dan masih banyak lainnya. Tingkat kepedasan sambal pun bisa diatur sesuai selera jika membuatnya sendiri. Namun, pastikan untuk memakan sambal secukupnya saja agar tidak mengalami masalah pada lambung dan pencernaan, ya.

 

Itulah berbagai menu masakan harian para TKI yang bernuansa Indonesia. Tentunya pada setiap masakannya terselip rasa rindu terhadap kampung halaman. Meski demikian, tidak semua bahan makanan yang biasa diolah di Indonesia mudah didapatkan ketika berada di luar negeri. Oleh karena itu, banyak yang berusaha melakukan modifikasi dengan bahan yang ada.

Selain itu, para TKI juga harus berhemat agar bisa mengirimkan sebagian gajinya untuk keluarga. Kini aplikasi Qelola bisa bantu kirim uang luar negeri tanpa tambahan biaya. Dengan aplikasi ini, kamu dapat melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan seperti BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Unduh aplikasi Qelola sekarang juga secara gratis di Google Play Store dan nikmati berbagai manfaatnya!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,