Mengenal Karakteristik dan Kehidupan Politik di Malaysia

kehidupan politik malaysia

Dulu ketika baru merdeka, Malaysia terdiri atas 11 negara bagian dan disebut Persekutuan Tanah Melayu (Federasi Malaya). Hingga pada tahun 1963, negara Sarawak dan Sabah bergabung ke dalam Federasi Malaysia. Malaysia yang dikenal sebagai negara multi-etnis dan kaya khazanah budaya ini memiliki kurang lebih 30 kelompok etnis. Kurang dari 8 persen penduduknya berada di bawah garis kemiskinan sebelum krisis ekonomi tahun 1997, di mana tingkat kemampuan baca tulis di atas 85 persen dan harapan hidup warga masyarakatnya setara dengan negara-negara maju. Lantas, bagaimana dengan kehidupan politik di Malaysia?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kehidupan politik di Malaysia, perlu diketahui bahwa Malaysia adalah negara di Asia Tenggara dengan luas wilayah 329.758 km2. Dari seluruh jumlah penduduk yang ada, kurang lebih sebanyak 60% adalah etnis Melayu Bumiputera, 26% etnis China, 8% etnis India, 5% etnis bumiputera lainnya, dan 1% etnis-etnis lain seperti Arab, Sinhalese, Eurasian, dan juga Eropa.

Kehidupan Politik di Malaysia

qelola 1 8 - Mengenal Karakteristik dan Kehidupan Politik di Malaysia

sumber: freepik

Malaysia merupakan sebuah negara monarki konstitusional yang diketuai oleh seorang raja yang biasa dikenal dengan nama Yang di-Pertuan Agong. Yang di-Pertuan Agong dipilih oleh 9 sultan negara bagian-negara bagian Malaysia yang dipimpin sultan, untuk menjabat selama lima tahun secara bergilir. Sistem ini berdasarkan Westminster adalah karena Malaysia merupakan bekas tanah jajahan Britania Raya. Kekuasaan pemerintahan lebih banyak dipegang oleh cabang eksekutif jika dibandingkan dengan yudikatif. Pemilu biasanya akan diadakan setiap 5 tahun sekali .

Sementara itu, kekuasaan eksekutif ditetapkan oleh kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri. Berdasarkan Konstitusi Malaysia, Perdana Menteri harus seorang anggota Dewan Rakyat, yang menurut pendapat Yang di-Pertuan Agong, mendapatkan dukungan mayoritas dalam parlemen. Sedangkan kabinet merupakan anggota parlemen yang dipilih dari Dewan Rakyat ataupun Dewan Negara. 

Parlemen sendiri terbagi atas Dewan Rakyat dan Dewan Negara. Dewan Negara mempunyai 70 orang senator (panggilan yang diberikan kepada anggota Dewan Negara). Pemilihan anggotanya bisa dibagi dua, yaitu:

  1. Sebanyak 26 anggota dipilih oleh Dewan Undangan Negeri sebagai perwakilan 13 negara bagian (setiap negara bagian diwakili oleh dua orang anggota).
  2. Sebanyak 44 anggota yang dilantik oleh Yang di-Pertuan Agong atas nasihat Perdana Menteri, termasuk dua anggota dari Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, dan satu anggota masing-masing dari Wilayah Persekutuan Labuan dan Putrajaya. Dewan Rakyat mempunyai sebanyak 222 anggota, dan setiap anggota mewakili satu konstituen. 

Daftar Partai Politik Terbesar di Malaysia

qelola 2 6 - Mengenal Karakteristik dan Kehidupan Politik di Malaysia

sumber: freepik

Berikut ini adalah beberapa partai politik di Malaysia yang menarik untuk diketahui:

1. Partai Melayu Bersatu (UMNO) Tahun 1946 

Lahirnya UMNO ini merupakan hasil dari penggabungan organisasi Melayu dengan berbagai aliran filsafat dan pendapat, tetapi setuju mengambil tindakan bersama untuk memajukan dan melawan penjajah bangsa Melayu. Orang-orang Melayu bersatu padu untuk membentuk UMNO sebagai suatu benteng pertahanan terhadap ancaman hak-hak orang Melayu Oleh Malayan Union pada tahun 1946. Pendirian UMNO pada 11 Mei 1946 ini, dengan Dato ‘Onn bin Ja’far sebagai pemimpinnya yang pertama dapat dikatakan sebagai gerakan  orang-orang Melayu di Malaya untuk mencegah mereka dari tenggelamnya di bawah satu perkembangan politik dan ekonomi yang begitu deras dan menguntungkan kaum-kaum lain yang lebih maju.

2. Partai Islam Semalaysia (PAS) tahun 1951

Kemunculan PAS dalam sejarah politik tanah Malaysia dimulai sejak tanggal 23 Agustus 1951, saat para ulama yang bersidang di Kuala Lumpur setuju mendirikan sebuah persatuan yang dinamakan Persatuan Ulama Se-Malaya. Nama persatuan ini kemudian diubah menjadi Persatuan Islam Se-Malaya (PAS) pada 24 November 1951, dalam satu konferensi ulama Malaya. 

PAS ini menjadi sebuah organisasi politik Islam yang memperjuangkan kemerdekaan melalui landasan demokrasi. Para ulama menolak berbagai bentuk perjuangan yang didirikan berdasarkan ideologi ciptaan manusia yang dibawa masuk oleh penjajah. Sejak saat itulah, PAS muncul sebagai sebuah organisasi politik Islam yang memperjuangkan kemerdekaan negara, kemudian bergabung mengikuti pemilu. 

3. Partai Tindakan Demokratik (DAP) Tahun 1965

Partai DAP ini terdaftar secara resmi enam bulan kemudian pada 18 Maret 1966 sebagai sebuah partai demokrasi sosial. DAP lebih disenangi oleh kaum Cina dan diterima sebagian kecil kaum India. Selain itu, juga lebih dikuasai oleh kaum Cina dan diterima dengan baik oleh kaum Cina di kota-kota. DAP terkenal dengan konsep “Malaysian Malaysia” (Malaysia untuk semua rakyat Malaysia). Partai ini berkomitmen pada perjuangan untuk sebuah Malaysian Malaysia yang bebas. Dan bersifat sosialisme demokratis, berdasarkan prinsip-prinsip HAM, kesetaraan, keadilan sosial dan ekonomi, serta berbasis institusi demokrasi berparlimen. 

Baca juga: 6 Bangunan Bersejarah di Malaysia dengan View Instagenic

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan kehidupan politik di Malaysia? Semoga uraian di atas bisa menambah wawasanmu dan membantumu agar lebih mudah dalam mengenal Malaysia, ya! Tinggal di Malaysia tak akan lengkap rasanya jika tanpa menggunakan aplikasi Qelola. Selain kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, Qelola juga memiliki fitur PPOB yang dapat membantumu untuk isi pulsa dan kuota atau paket data. Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang dan daftarkan dirimu untuk bisa menikmati berbagai fiturnya.

Tags: , , , ,