5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan di Tempat Kerja 

exercise

Kesibukan yang dijalani oleh para pekerja seringkali menjadi alasan mereka untuk tidak meluangkan waktu rutin melakukan olahraga. Padahal olahraga dapat menjaga tubuh agar tetap sehat, terlebih ketika kamu melakukan aktivitas yang sama selama berjam-jam setiap harinya. Membiarkan tubuh menjadi tidak aktif dapat memicu penyakit seperti jantung, diabetes, dan rendahnya kesehatan mental akibat imobilitas kantor. Untuk berolahraga, kamu tidak perlu pergi ke gym dan menggunakan alat-alat yang berat. Kamu bisa tetap berada di tempat kerja melakukan olahraga ringan dengan memanfaatkan ruang kerja atau ruangan kosong di kantor. Nah, apa saja jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di tempat kerja? Simak artikel berikut: 

1. Berjalan Kaki 

Olahraga ringan yang pertama adalah berjalan kaki. Pekerjaan yang menuntut kamu untuk duduk di depan meja atau berdiri di satu tempat selama berjam-jam, tentu akan membuat badan kamu terasa kaku dan lelah. Ambilah sejenak waktu untuk mengistirahatkannya. Kamu bisa mencoba berjalan mondar mandir di area tempat kerjamu atau pergi ke halaman kantor sembari menjernihkan pikiran. Apabila ingin pergi ke toilet, coba untuk pilih toilet yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan ruang kerjamu. Agar hasilnya optimal, kamu bisa sesekali meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki. Selain meningkatkan kesehatan, berjalan kaki juga dapat menambah kekuatan otot dan paru-paru. 

2. Melakukan Peregangan 

millennial employee stretching taking break from computer work relaxation 700x467 - 5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan di Tempat Kerja 

Freepik.com

Peregangan merupakan olahraga paling ringan yang bisa kamu coba di tempat kerja. Ada beberapa macam cara untuk melakukan peregangan:

  • Peregangan trisep 

Angkat satu lengan dan tekuk hingga tangan menyentuh tulang belikat. Gunakan tangan satunya untuk menarik sikumu. Tahan posisi ini selama dua hingga tiga tarikan napas. Lakukan gerakan yang sama untuk lengan yang satunya. 

  • Peregangan bahu 

Satukan kedua tangan dan posisikan di belakang tubuh, lalu tarik ke belakang sambil membusungkan dada kedepan dan jangan lupa untuk menaikkan dagu. Tahan gerakan ini selama 10-30 detik. 

  • Peregangan tangan 

Letakkan tangan di atas pangkuan dengan satu telapak telungkup di atas telapak yang terbuka. Lalu, lengan harus membentuk garis lurus dari siku ke siku. Kemudian, geser sedikit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jari tersebut. Tarik sekuat mungkin, tetapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. 

  • Peregangan dada

Berdirilah dengan posisi lengan di belakang punggung. Luruskan lengan dan angkat perlahan tangan kamu sampai merasakan peregangan di dada. Tahan gerakan selama 10-30 detik. Namun, jika kamu memiliki masalah pada bahu maka sebaiknya menghindari melakukan peregangan ini. 

  • Peregangan leher 

Awali dengan posisi kepala menunduk, kemudian lakukan gerakan memutar searah jarum jam dan ulangi pada arah sebaliknya. Lakukan gerakan ini selama 10 detik dan ulangi sebanyak 3 kali pada masing-masing arah.

  • Peregangan paha belakang 

Dalam posisi duduk, rentangkan satu kaki ke arah luar. Jangkau jari-jari kaki dengan kedua tangan. Lakukan secara bergantian pada kedua kaki. Jangan sampai melakukan pada kedua kaki dalam waktu bersamaan, karena dapat menyebabkan masalah punggung. 

3. Desk Push Up

10 Easy Office Chair Workout for Full Body Effect 3c4a139e854 700x394 - 5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan di Tempat Kerja 

autonomous.ai

Olahraga ringan ini merupakan gerakan beban tubuh yang hanya membutuhkan tumpuan meja kerja. Gerakan yang satu ini cukup sederhana. Kamu bisa menempatkan tangan di tepi meja, melebarkan bahu dan posisikan kaki di belakang. Lalu, dorong dengan kekuatan dan lakukan sebanyak yang kamu bisa. Selain desk push up, ada banyak olahraga beban tubuh lainnya yang bahkan tidak membutuhkan alat-alat tertentu seperti push up, sit up, jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak. 

4. Chairs Squats

10 Easy Office Chair Workout for Full Body Effect 52c38e48b68 700x394 - 5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan di Tempat Kerja 

autonomous.ai

Squat bisa kamu pertimbangkan sebagai jenis olahraga ringan di tempat kerja. Kamu cukup menggunakan kursi sebagai alat pendukung. Pastikan kursimu tidak dalam keadaan bergerak agar olahragamu tidak terganggu. Lakukan gerakan duduk-berdiri di atas kursi kerjamu dan ulangi. 

Selain squat, kamu juga bisa melakukan gerakan lunge dengan kombinasi squat. Lunge adalah gerakan lutut kedepan, sementara kaki lainnya diposisikan di belakang. Cara melakukannya dengan duduk berdiri kemudian lunge. Meskipun tampak sederhana, gerakan ini sudah cukup untuk melatih otot kaki.  

5. Gerakan Yoga 

office yoga poses improve your posture relaxation 1694 700x394 - 5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan di Tempat Kerja 

autonomous.ai

Gerakan yoga ada berbagai macam, namun ada gerakan dasar yang bisa kamu lakukan yaitu tree pose. Pose ini adalah posisi yang paling sederhana dan tidak membutuhkan banyak ruang. Kamu cukup berdiri dengan satu kaki sambil mengangkat kaki yang lain. Posisikan kedua tanganmu di dada dan tahan posisi ini sambil merasakan tarikan nafas yang keluar selama 1-2 menit, lalu ulangi dengan bertumpu pada kaki yang satunya. 

Baca juga: Tubuh Mudah Merasa Lelah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain 5 gerakan olahraga ringan tersebut, ada baiknya kamu juga dapat mempertimbangkan untuk bersepeda ke kantor jika jarak antara kantor dan rumah cukup dekat. Kamu juga bisa membawa peralatan olahraga sederhana yang dapat mendukungmu melakukan olahraga ringan seperti dumbel kecil. Jangan lupa untuk memanfaatkan jam istirahat dengan selalu bergerak agar tidak nyeri punggung. Manfaatkan juga aplikasi Qelola untuk membayar tagihan jaminan kesehatan (BPJS), listrik, air juga untuk transfer uang kamu ke sanak saudara dari Malaysia ke Indonesia. Prosesnya cepat, mudah dan tentunya aman. Silahkan unduh aplikasinya dan ketahui fitur keuangan yang lainnya. 

 

Tags: , , , ,