Apa Itu Deposit? Kenali dan Pahami Perbedaannya Dari Deposito!

layanan apa itu deposit

Kamu tahu, dunia perbankan memiliki banyak fasilitas yang bisa membantumu melakukan transaksi dengan lebih mudah. Keperluan transfer uang dan penyimpanan uang adalah salah satu tugas dari lembaga keuangan. Begitu pula dengan layanan deposit. Layanan ini ada pada hampir semua transaksi keuangan tidak hanya bank.

Sekarang, deposit tidak hanya berlaku pada bank. Banyak platform keuangan online lain seperti e-commerce dan dompet digital tersedia sebagai bentuk perkembangan dari deposit. Kamu cukup membuat akun pada aplikasi tersebut dan semua fasilitas keuangan bisa kamu dapatkan dengan lebih mudah.

Deposit biasa kamu kenali sebagai uang muka atau juga uang jaminan pada sebuah transaksi. Jumlahnya bisa sebagian atau total nominal yang perlu untuk transaksi keuangan. Hal ini berguna untuk memberikan keyakinan pada kemampuan bayar seseorang dalam transaksi tertentu.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut!

Pengertian Deposit

Celengan menabung 700x467 - Apa Itu Deposit? Kenali dan Pahami Perbedaannya Dari Deposito!

sumber: Pexels.com

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deposit bermakna sebagai uang jaminan. Artinya, deposit bukan merupakan aktifitas transaksi pembayaran. Deposit dapat berarti mengirim dan atau transfer sejumlah uang kepada lembaga keuangan seperti bank atau pihak lain yang pada kemudian hari bisa berguna dan bisa melakukan penarikan kembali. Uang yang terkirim, memiliki tujuan untuk diamankan, disimpan, sebagai jaminan dan atau mendapatkan bunga.

Contohnya, kamu membeli mobil seharga 200 juta. Setelah berunding dan diskusi panjang kamu harus membayar uang muka sebesar 50 juta. Hal ini adalah deposit, karena kamu harus memberikan uang sebesar 50 juta sebagai bentuk jaminan akan mengambil mobil tersebut. Uang deposit bertujuan untuk memberikan keyakinan pada orang lain bahwa kamu benar-benar akan mengambil barang tersebut.

Lebih jelasnya, kamu memiliki akun e-commerce tertentu untuk berbelanja. Untuk mempermudah transaksi, maka kamu harus top up saldo supaya bisa langsung bayar. Top up saldo adalah bentuk deposit yang kamu lakukan. Dengan menggunakan pembayaran melalui saldo akun tersebut, aplikasi biasanya memberikan diskon atau potongan layanan lain yang membuat kamu terus melakukan aktifitas belanja melalui aplikasi tersebut. Lebih praktis dan juga lebih untung.

Jenis Deposit

siapkan tabungan 700x467 - Apa Itu Deposit? Kenali dan Pahami Perbedaannya Dari Deposito!

sumber: Pexels.com

Ibarat sebuah celengan, deposit adalah pilihan tepat untuk menjaga dan menyimpan uang sehingga kamu bisa menggunakannya kemudian hari. Cara kerjanya dengan melibatkan aktifitas transfer dana ke orang lain atau ke tempat penyimpanan. Tempat penyimpanan bisa berupa bank, dompet digital, saldo pada e-commerce dan aplikasi lain yang memungkinkan ada tempat deposit uang.

Berikut ini beberapa jenis deposit yang bisa kamu pilih dan pahami, apa saja?

Demand Deposit

Cara penyimpanan konvensional seperti menyimpan pada akun bank, e-wallet, saldo platform online seperti e-commerce yang bisa mengambil, mengirim atau mencairkan setiap saat sesuai dengan permintaan. Kamu cukup datang atau melalui sistem m-banking untuk memilih layanan pada bank supaya uang kamu tersimpan pada beberapa akun platform tersebut. Bisa juga melakukan setor tunai melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Intinya, pembelanjaan uang sesuai dengan jumlah uang tersimpan yang kamu miliki sebagai limitnya.

Time Deposit

Bisa disebut juga sebagai penyimoanan uang berjangka dan memiliki waktu penyimpanan tetap untuk mendapatkan tingkat bunga tetap. Jenis ini bisa disebut deposito yang kamu tahu ada pada layanan perbankan. Deposit jenis ini menawarkan bunga lebih tinggi dari tabungan biasanya. Pemilihan service jenis ini bisa berguna untuk menjaga keuangan agar tidak tergerus inflasi sehingga nilai uang tidak turun terlalu banyak.

Kekurangannya

kotak uang 700x440 - Apa Itu Deposit? Kenali dan Pahami Perbedaannya Dari Deposito!

sumber: Pexels.com

Beberapa kekurangan melakukan layanan simpan dana yang perlu kamu pahami, yaitu:

  • Uang yang sudah tersalurkan tidak dapat dikembalikan sebelum perjanjian selesai (tidak likuid)

  • Transaksi hanya bisa sesuai jumlah nominal yang kamu miliki pada rekening

  • Pengiriman uang untuk simpanan secara perorangan tanpa lembaga keuangan memberikan risiko kehilangan lebih besar

  • Harga pembelian semakin besar maka jumlah nominal untuk bisa melakukan deposit juga meningkat

  • Layanan simpanan uang sebagai bukti kamu bisa melakukan pembayaran

Kelebihannya

banyak uang 700x467 - Apa Itu Deposit? Kenali dan Pahami Perbedaannya Dari Deposito!

sumber: Pexels.com

Memiliki sejumlah uang pada akun rekening bisa berguna kapanpun ketika butuh. Berikut kelebihan melakukan simpan uang yang bisa kamu dapatkan adalah:

  • Uang aman karena tersimpan pada lembaga keuangan

  • Mudah dicairkan tanpa delays

  • Simpan dana berjangka bisa mendapatkan bunga sesuai jangka waktu yang kamu pilih pada layanan perbankan

  • Memiliki sumber dana ketika keadaan darurat

  • Bisa setor tunai melalui bank, m-banking ataupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

  • Deposit menggunakan layanan e-wallet

Sekarang dengan layanan aplikasi dari Qelola, kamu bisa transfer uang kemanapun sekaligus untuk simpan dana. Kamu bisa download aplikasi Qelola (https://play.google.com/store/apps/details?id=app.qelola.com) dan nikmati fitur untuk kirim uang Indonesia – Malaysia dengan cepat dan aman. Pembayaran layanan lain seperti PDAM, listrik, BPJS dan telepon semua bisa dalam satu aplikasi. Kamu harus tahu tentang bagaimana mengelola keuangan yang baik. Untuk memenuhi kebutuhan pengetahuanmu, website Qelola (https://qelola.com/) bisa menjadi jawaban untuk mengetahui cara mengelola keuangan yang baik.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,