Pengelolaan Keuangan Itu Mudah, Kok. Begini Tipsnya!

Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan terkadang tidak terlalu serius diperhatikan. Banyak orang menganggap mengelola keuangan bisa diabaikan selama pendapatan cukup. Hal tersebut cukup fatal sebab bisa mempengaruhi masa depan. Semakin tertata keuangan hari ini, maka banyak hal dapat diantisipasi terutama yang berhubungan dengan kesalahan pengelolaan.

Bagi yang belum terbiasa, barangkali akan terasa sulit. Padahal mengelola keuangan bisa jadi menyenangkan dan mudah jika memahami tips dan triknya. Penerapannya bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing kantong. Meski demikian, tips pengelolaan keuangan bisa digunakan baik untuk karyawan yang memiliki gaji bulanan ataupun pengusaha dengan sistem pendapatan yang tidak selalu sama. Agar lebih jelas, simak ulasan tentang tips pengelolaan keuangan berikut ini.

Memisahkan Rekening Sesuai Kebutuhan Utama

credit cards 1583534  340 - Pengelolaan Keuangan Itu Mudah, Kok. Begini Tipsnya!

Sumber: pixabay

Memiliki rekening lebih dari satu perlu dilakukan. Minimal, kamu perlu punya 2 rekening. Mengapa demikian? Dalam mengelola keuangan, pemisahan rekening menjadi hal wajib. Pisahkan rekening sesuai dengan kebutuhan utamanya. Berikut pembagian lebih detailnya.

  • Rekening pertama yaitu rekening harian. Rekening ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Uang di rekening ini boleh digunakan untuk membayar dan membeli sesuatu sesuai kebutuhan harianmu. Sebaiknya kamu memasang m-banking untuk rekening utama agar memudahkan tracking pengeluaran harian.
  • Rekening kedua yaitu rekening uang darurat (emergency fund). Rekening ini diperlukan untuk menyimpan sebagian penghasilan sebagai uang darurat. Jenis rekening ini harus mudah diakses kapan saja dan di mana saja sebab terkadang keadaan darurat muncul tiba-tiba.
  • Rekening ketiga dan seterusnya bersifat optional. Biasanya rekening tambahan ini merupakan rekening tabungan. Seperti namanya, rekening ini memiliki tujuan untuk menabung. Kamu bisa menaruh uang tabungan jangka pendek maupun jangka panjang di rekening ini. Jika memungkinkan, sebaiknya pisahkan uang tabungan jangka pendek dan jangka panjang pada dua rekening yang berbeda. Kamu bisa memilih rekening tabungan jenis khusus yang memiliki potongan bulanan rendah, bunga tabungan tingi, dan tanpa kartu ATM.

Pahami Pembagian Gaji 

money 2724241 640 - Pengelolaan Keuangan Itu Mudah, Kok. Begini Tipsnya!

Sumber: pixabay

Setelah memiliki banyak rekening untuk memisahkan uang, Sahabat Qelola tentu tidak bisa asal mengisinya. Memahami pembagian gaji atau pemasukan yang didapat menjadi kunci penting. Pengelolaan keuangan yang baik bukan berarti kamu harus menderita sebab terlalu hemat setiap saat. Untuk menentukan cara membagi gaji paling tepat perlu memperhatikan beberapa faktor seperti jumlah pendapatan, biaya kebutuhan primer, tanggungan lain, tujuan, dan sebagainya. Berikut ini pembagian gaji yang cukup sering digunakan, dan tentu bisa dimodifikasi sesuai dengan situasimu.

  • Pembagian 50/20/30 dengan sistem penerapan 50% gaji untuk pengeluaran kebutuhan, 30% untuk dana darurat, dan 20% untuk tabungan. Jika dana darurat telah terpenuhi, 30% tersebut bisa dialokasikan untuk hal lain seperti investasi.
  • Pembagian 60/20/20 dengan sistem penerapan 60% gaji untuk pengeluaran kebutuhan, 20% untuk dana darurat, dan 20% untuk tabungan. Jika dana darurat telah terpenuhi, maka 20% bisa dibagi menjadi investasi dan tambahan tabungan.
  • Pembagian 70/20/10 dengan sistem penerapan 70% gaji untuk pengeluaran kebutuhan, 20% untuk dana darurat, dan 10% untuk tabungan. Pembagian ini disarankan untukmu yang kebutuhan dan tanggungannya cukup tinggi sehingga membutuhkan 70% gaji. Idealnya, konsumsi gaji untuk kebutuhan berkisar pada 40%-60% gaji saja.
  • Pembagian 30/30/30/10 dengan sistem penerapan 30% gaji untuk pengeluaran kebutuhan, 30% gaji untuk dana darurat, 30% gaji untuk tabungan, dan 10% untuk investasi. Pembagian jenis ini biasanya cocok digunakan jika masih single, tidak ada tanggungan biaya tempat tinggal, dan bebas utang.

Catat Pengeluaran dengan Teratur 

calculator 385506 640 - Pengelolaan Keuangan Itu Mudah, Kok. Begini Tipsnya!

Sumber: pixabay

Tips selanjutnya agar pengelolaan keuangan bisa tertata yaitu dengan mencatat pengeluaran. Meski merepotkan, catatan keuangan cukup penting sebab bisa digunakan untuk menganalisis kebutuhanmu. Dalam melakukan pencatatan, pastikan dilakukan secara rinci dan detail.

Sahabat Qelola bisa mencatat secara manual menggunakan buku catatan. Selain itu, fitur notes di ponsel atau laptop juga data digunakan untuk mencatat pengeluaran. Jika ingin lebih praktis, coba gunakan aplikasi khusus untuk pengelolaan keuangan. Kini telah banyak aplikasi semacam itu seperti iSaveMoney, Wallet, Money Lover, dan lain sebagainya.

Mulai Cari Penghasilan Tambahan

money 3431772 640 - Pengelolaan Keuangan Itu Mudah, Kok. Begini Tipsnya!

Sumber: pixabay

Rasanya sudah dikelola dengan baik namun gaji tetap terasa kurang? Solusinya bisa jadi dengan mencari penghasilan tambahan. Dalam mengelola keuangan ada dua pilar yang perlu diperhatikan saat alakasi dana kebutuhan cukup tinggi. Pertama yaitu dengan berusaha mengurangi budget pengeluaran. Kedua yaitu dengan berusaha menambah penghasilan. Keduanya bahkan bisa dilakukan bersamaan untuk mencapai kestabilan finansial.

Pekerjaan tambahan kini telah banyak ragamnya, bisa dikerjakan dari rumah dan online, serta cukup menjanjikan. Kamu hanya perlu memilih yang paling sesuai dan nyaman dilakukan. Skill tambahanmu juga bisa diterapkan untuk mencari penghasilan tambahan. Misalnya kamu bisa Bahasa Jepang, cobalah tawarkan jasa penerjemah atau pemberian subtitle Bahasa Jepang pada video.

Sebisa Mungkin Hindari Utang

no money 2070384 640 - Pengelolaan Keuangan Itu Mudah, Kok. Begini Tipsnya!

Sumber: pixabay

Meski dalam keadaan terpaksa, cobalah sebisa mungkin untuk menghindari utang. Banyak orang terjebak dalam pusaran utang dan sulit menyelesaikannya sehingga pengelolaan keuangan menjadi kurang efektif akibat penghasilan terasa selalu kurang. Memiliki dana darurat menjadi salah satu upaya agar kamu bisa terhindar dari utang.

Lalu, bagaimana dengan penggunaan kartu kredit? Promo kartu kredit seringkali menggiurkan, namun pastikan kamu menimbang manfaat dan kerugiannya secara matang sebelum menggunakannya. Meski bisa menguntungkan jika dipergunakan dengan baik, kartu kredit juga bisa menjadi pintu awal pengeluaran konsumtif yang tidak penting, lho!

 

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan aplikasi tambahan. Aplikasi Qelola akan membantu memudahkan berbagai pembayaran tagihan rutin sehingga tidak akan lewat tenggat waktu. Beragam pembayaran yang bisa dilakukan lewat aplikasi Qelola seperti PDAM, listrik, BPJS, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa kirim uang luar negeri tanpa biaya tambahan dengan aplikasi ini. Dapatkan berbagai kemudahan lainnya dengan unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store.

Tags: , , , , , , , , , , ,