Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

kenali jenis asuransi

Ada berbagai macam jenis asuransi atau jaminan kesehatan dan keselamatan diri sendiri yang bisa kamu pilih menjadi prioritas dalam hidup. Namun terkadang, Kamu tidak bisa menghindari bencana tak terduga. Hal tersebut tentu mengakibatkan kerugian finansial. Untuk itulah perlindungan hidup menjadi pilihan, salah satunya dengan asuransi. Asuransi merupakan perjanjian antara penyedia jasa asuransi sebagai penanggung dengan masyarakat pemegang polis. Artinya asuransi digunakan untuk mentransfer risiko kerugian finansial ke perusahaan penjamin.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, asuransi adalah pertanggungan, perjanjian antara dua pihak. Pihak satu wajib membayar iuran dan pihak lain wajib memberikan jaminan penuh pada pembayar iuran jika tertimpa bencana. Pembayaran iuran menyesuaikan dari jenis produk yang kamu ambil. Jenis asuransi cukup beragam dan pengelompokannya sesuai dengan fokus dan risiko. Penilaian fokus dan risiko menjadi penentu keseragaman jenis kebijakan. Perusahaan asuransi menggunakan hal tersebut untuk mengantisipasi kerugian serta menetapkan jumlah tingkatan premi. Berikut jenis asuransi di Indonesia:

Jenis Asuransi

Asuransi Kesehatan

kesehatan 700x467 - Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

sumber: Pexels.com

Asuransi kesehatan umumnya menanggung biaya perawatan kesehatan tertanggung (pemegang polis) karena suatu penyakit. Jenis asuransi ini juga bisa menanggung pemilik polis atau kepentingan orang ketika (keluarga lainnya). Cakupan asuransi kesehatan yaitu rawat inap, pengobatan penyakit kritis, operasi, kunjungan ke kantor dokter, tagihan medis sebelum atau sesudah rawat inap, resep obat, biaya kelahiran, dan kecelakaan. Contoh asuransi kesehatan, seperti Cigna Proteksi Sehat, AXA Mandiri Smartcare Executive, Lippo HealthPlus Family, Simas Sehat Gold, BRI Life Simply HealthCare dan masih banyak lainnya.

Asuransi Jiwa

jiwa 700x467 - Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

sumber: Pexels.com

Jenis asuransi jiwa merupakan produk yang memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris bila tertanggung atau nasabah meninggal dunia. Selain karena meninggal dunia, beberapa produk asuransi memberikan pertanggungan bila terjadi risiko cacat tetap total pada nasabah. Asuransi jiwa cukup penting bagi keluarga yang bergantung pada pendapatan nasabah untuk kehidupan sehati-hari. Klasifikasi jenis asuransi jiwa dapat terbagi menjadi asuransi berjangka, seumur hidup, perencanaan anak, dan paket pensiun. Contoh jenis asuransi jiwa, yakni Simas Jiwa SIJI Guard 4, Ciputra Life Citra Jaminan Pasti 50, Pacific Life JELITA, Manulife Essential Assurance, Allianz SmartLink New Flexi Account, Prudential PRUsafe Guard dan sebagainya.

Asuransi Property

properti 700x394 - Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

sumber: Pexels.com

Properti atau rumah menjadi barang yang sangat berharga. Sehingga banyak orang yang akan melindungi diri dan rumah atau property miliknya dengan asuransi kepemilikan rumah dan property. Jenis asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau kehilangan barang pada rumah tertanggung. Berbagai kebijakannya, yaitu kerusakan atau kerugian pada properti, kebakaran, kerusakan barang pada properti saat kecelakaan, dan bahaya laut. Contoh jenis asuransi properti, yakni ACA Rumah Idaman, ACA Asuransi Semua Risiko Properti/Industri, Adira Tempat Usaha, Allianz Rumahku Plus, Sinar Mas Simas Ruko dan sebagainya.

Asuransi Pendidikan

pendidikan 700x467 - Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

sumber: Pexels.com

Jenis asurani ini menjadi pilihan terbanyak karena menjadi solusi menjamin kehidupan yang lebih baik terutama untuk pendidikan anak. Tingginya biaya pendidikan dan kondisi yang bisa mengakibatkan ekonomi tak menentu menjadi salah satu alasan nasabah memilih jenis asuransi ini. Terlebih biaya pendidikan yang semakin tahun semakin naik. Prinsip asuransi pendidikan sama dengan asuransi jiwa. Pemberian dananya secara bertahap, sesuai jenjang pendidikan anak. Beberapa asuransi pendidikan di Indonesia seperti AXA Mandiri – Mandiri Sejahtera Cerdas, Manulife Education Protector, Prudential PRULink Edu Protection, Asuransi Pendidikan Allianz dan masih banyak lainnya.

Asuransi Kecelakaan

kecelakaan 700x441 - Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

sumber: Pexels.com

Jenis asuransi ini merupakan produk yang mempertanggungkan risiko kecelakaan akibat dari luar. Maksudnya seperti akibat kecelakaan lalu lintas, kerja, maupun kecelakaan diri seperti jatuh dari tangga rumah. Sama seperti asuransi jiwa, produk ini memberikan manfaat berupa uang pertanggungan bila yang tertanggung meninggal dunia atau cacat tetap total. Contoh asuransinya seperti Asuransi Personal Accident Supreme, Takaful Asuransi Kecelakaan Diri dan Hospital, BRI Life Acci Care, ACA AsuransiKu, Allianz Personal Care, BCA Life b-SAVE Accident Protection dan lainnya.

Asuransi Perjalanan

perjalanan 700x467 - Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

sumber: Pexels.com

Jenis asuransi ini memiliki fungsi yang tak berbeda dengan lainnya. Asuransi perjalanan memberikan proteksi kepada tertanggung yang melakukan perjalanan hingga kembali ke rumah. Manfaat dari jenis asuransi perjalanan yakni proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan perjalanan serta santunan kecelakaan pribadi. Selain itu tanggungan biaya pengobatan, pemulangan jenazah, evakuasi medis, sampai proteksi barang-barang hilang ketika melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan di Indonesia seperti Asuransi Perjalanan Adira, Asuransi Perjalanan Sompo, Asuransi Perjalanan Sinar Mas, Asuransi Perjalanan Allianz dan lain-lain.

Asuransi Motor dan Mobil

mobil 700x467 - Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

sumber: Pexels.com

Jenis asuransi ini memberikan proteksi ganti rugi bila terjadi kerusakan atau kehilangan motor dan mobil karena kecelakaan tertabrak maupun menabrak. Asuransi juga memberikan jaminan ganti rugi untuk risiko kerusakan akibat bencana alam seperti banjir atau karena huru-hara. Untuk jenis asuransi motor, kebanyakan nasabah hanya mengambil asuransi kehilangan saja. Contoh untuk asuransi motor seperti Adira MotoPro, Sinarmas Simas Motor, dan Asuransi Kendaraan Bermotor ACA. Sedangkan untuk jenis asuransi mobil yaitu Asuransi Sinarmas, Asuransi Adira Syariah, Asuransi Adira Autocillin, dan masih banyak lainnya.

Manfaat Asuransi

manfaat pasti 700x467 - Mengenal Jenis Asuransi dan Keuntungannya Buat Kamu!

sumber: Pexels.com

Jenis-jenis asuransi yang beragam sering kali membuat Kamu bingung untuk memilih. Pastikan untuk mengetahui benefit atau manfaat yang Kamu dapat dalam jenis asuransi tersebut. Pada umumnya, semua asuransi memberikan proteksi yang sama, yaitu jaminan. Sehingga tinggal memilih atau menentukan prioritas mana yang ingin Kamu jamin. Berikut manfaat asuransi berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

  • Memberikan Kepastian

    Manfaat utama asuransi adalah memberikan kepastian bahwa kejadian tertentu akan terbayar, karena setiap jenis asuransi berusaha mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan atau tidak terkira sebelumnya.

  • Memberikan Perlindungan

    Rasa aman karena memiliki polis asuransi adalah keuntungan lain mengikuti program jaminan, sehingga tertanggung terhindar dari kemungkinan risiko kerugian finansial di kemudian hari karena objek mendapatkan jaminan oleh asuransi.

  • Pendistribusian Biaya

    Pembayaran asuransi menyesuaikan program yang kamu ikuti hal ini agar kamu mendapat manfaat yang lebih adil, semakin besar risiko kerugian yang timbul maka semakin besar pula premi pertanggungannya.

  • Instrumen pengalihan dan Penyebaran Risiko

    Asuransi akan mengurus semua keperluan terkait kerugian kejadian yang muncul. Risiko kerugian yang timbul akan teralihkan kepada pihak jasa asuransi atau penanggung. Jadi kamu bisa tetap tenang.

  • Hidup Lebih Tenang

    Pembayaran rutin pada asuransi membuat kamu sudah bisa merencanakan keuangan. Sehingga ketika memilih untuk menggunakan asuransi Kamu sudah mengurangi kemungkinan beban dari segala risiko yang nantinya terjadi.

  • Sarana Menabung

    Kamu bisa memanfaatkan asuransi untuk menabung untuk merasakan manfaatnya di hari tua. Ada banyak jenis asuransi yang memiliki nilai tunai yang bisa Kamu ambil, seperti asuransi whole life atau endowment.

  • Jaminan Kredit

    Kamu bisa menjadikan polis asuransi sebagai jaminan kredit pada perusahaan perbankan. Hal ini biasanya hanya untuk asuransi jiwa dan cukup selektif pada jenis kredit dan bank tertentu.

Mulailah untuk mencari tahu terkait produk asuransi yang ingin kamu ambil. Buat perencanaan keuangan untuk hal ini sehingga nantinya kamu bisa aman dan tidak mengganggu arus keuangan kamu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,